Anime

Kesamaan Antara Anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan, Ini Pembahasannya!

×

Kesamaan Antara Anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan, Ini Pembahasannya!

Sebarkan artikel ini
Kesamaan Antara Anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan

Isekainews.id – Pembahasan dibawah ini merupakan pembahasan lengkap terkait kesamaan yang signifikan antara anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan. Perlu diketahui, Kaiju No 8 merupakan sebuh anime spring yang paling ditunggu pada tahun 2024 ini. Anime yang diadaptasi dari novel dengan serupa ini resmi memulai debutnya pada tanggal 13 April kemarin.

Banyak para penggemar anime yang mengira bahwa terdapat sederet kesamaan diantara kedua anime ini. Disutradarai oleh orang yang berbeda, Shigeyuki Miya (Kaiju No.8) dan Teruyuki Omine (Attack On Titan), kedua anime ini berkisah tentang dunia yang dipenuhi dengan monster besar.

Meskipun mempunyai banyak perbedaan, tidak bisa dipungkiri bahwa Kaiju No 8 memang mempunyai beberapa kesamaan yang signifikan dengan Attack On Titan. Lalu apa saja kesamaan tersebut?

Nah sebelum mengetahui kesamaan yang signifikan antara anime Kaiju No.8 dan Attack On Titan. Sebaiknya Anda ketahui lebih dahulu sinopsis kedua anime ini.

Sinopsis anime Kaiju No.8

Kaiju No. 8 merupakan sebuah anime yang disutradarai oleh Shigeyuki Miya, berkisah tentang Kafka Hibino. Yang mana merupakn seorang pemuda yang hidupnya jauh dari impian masa kecilnya untuk menjadi anggota Pasukan Pertahanan Kaiju.

Bekerja sebagai pembersih monster raksasa (kaiju) mati, Kafka terjebak di dalam situasi yang tak terduga. Ketika monster kecil masuk ke dalam tubuhnya, ia berubah menjadi Kaiju No. 8, monster humanoid dengan dibekali kekuatan luar biasa.

Kejadian ini mampu membuka jalan baru untuk Kafka. Dia bergabung bersama Pasukan Pertahanan Kaiju dan berlatih mengendalikan kekuatan barunya.

Didorong oleh tekadnya untuk bisa melindungi orang lain dan mewujudkan mimpinya, Kafka diketahui memulai perjalanannya sebagai pahlawan Kaiju. Yang mana bertarung melawan monster raksasa dan melindungi umat manusia.

Sinopsis Anime Attack On Titan

Anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan

Sebelum memahami sebenarnya latar belakang dari anime Attack on Titan, sebaiknya Anda melihat lebih dulu seperti apa ringkasan cerita dari anime yang satu ini. Apalagi ternyata anime ini sangat laris manis dan mempunyai banyak penggemar yang setia mengikutinya.

Attack on Titan adalah anime dengan genre aksi yang menyajikan berbagai cerita menarik penuh aksi yang seru dan menegangkan. Namun di sela-sela seluruh cerita yang seru tersebut, terselip kisah haru dari para tokoh yang mana mendukung anime ini di setiap episodenya.

Attack on Titan berkisah tentang ambisi Eren Yeager yang mempunyai tujuan untuk menghabisi para Titan. Titan merupakan sekumpulan raksasa yang mengancam keberlangsungan umat manusia. Bahkan, salah satu Titan diketahui telah membunuh ibu kandung Eren sebagai tokoh utama dalam anime ini.

Persamaan Anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan

Berikut ini persamaan antara anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan yang perlu Anda ketahui.

1. Karakter Utama Pria yang Dapat Berubah Menjadi Monster

Kaiju No 8 dan Attack On Titan keduanya berlatar dunia yang mana masing-masing diteror oleh monster, Titan dan Kaiju. Ketika Eren Yeager (AOT) mengalami transformasi monster yakni dengan cara disuntik serum dan mengonsumsi mantan Founding Titan. Sedangkan Kafka Hibino (Kaiju No 8) melihat Kaiju kecil seperti nyamuk yang memaksa masuk ke dalam tubuhnya dan mengalami transformasi yang cukup drastis.

Kedua anime ini melihat protagonis mereka yang mana berubah menjadi musuh untuk bisa membela umat manusia. Walaupun Kafka dan Eren dianggap tidak berguna dalam wujud manusianya, tidak bisa disangkal bahwa keduanya menjadi kuat dalam tubuh monster mereka.

2. Pemeran Utama Wanita Mempunyai Kepribadian yang Mirip

Sementara Eren Yeager tumbuh bersama dengan Mikasa Ackerman (AOT), Kafka Hibino tumbuh dengan Mina Ashiro (Kaiju No 8) di sisinya. Sama seperti Mikasa, Mina juga merupakan individu bersemangat yang mengabdikan seluruh hidupnya. Hanya dengan berlatih dan menjadi cukup kuat untuk mengalahkan Kaiju yang mana menyerang tanah airnya. Kedua pemeran utama wanita dalam anime ini dianggap yang terbaik dalam departemennya di dunia masing-masing.

Mikasa dan Mina merupakan seorang petarung yang sangat terampil dan dapat menyulitkan lawannya. Terlepas dari kemampuan fisik mereka, kecerdasan mereka mampu membuat mereka cukup kuat untuk mengambil posisi terdepan di divisi mereka . Terakhir, kepedulian serta rasa cinta yang ada pada diri mereka terhadap teman masa kecilnya, Eren dan Kafka, yang membuat mereka mirip.

3. Plot Twist Tak Terduga

Ketika AOT pertama kali mengungkapkan kemampuan pada diri Eren yang bisa berubah bentuk. Semua orang terkejut dan bertanya-tanya apa yang baru saja terjadi. Sampai manga atau anime mengungkap asal usul para raksasa ini. Atau dari mana manusia mendapatkan kemampuan berubah bentuk, para penggemar tidak bisa berhenti memikirkannya bahkan menyusun teori yang berbeda.

Begitu juga dengan Kaiju No 8 yang mana menunjukkan Kafka mendapatkan kemampuan untuk bisa berubah menjadi Kaiju. Tidak hanya itu, seiring berjalannya cerita, penonton akan diperkenalkan dengan Kaiju No. 8 antagonis utama dalam serial ini. Sama halnya dengan AOT, penonton bisa mengharapkan beberapa fakta mengejutkan terkait Kaiju yang akan terungkap saat chapter baru dirilis.

Dalam anime AOT lebih tertarik untuk mempelajari tentang Titan, sedangkan dalam anime Kaiju No 8, lebih memikirkan terkait asal usul Kaiju. Jika ditangani dengan baik, lika-liku anime Kaiju No 8 sama mengejutkan dan memuaskannya dengan AOT.

4. Sama-sama Populer

Tingkat kepopuleran anime ATTACK ON TITAN memang tidak perlu diragukan lagi. Karena faktanya, setelah animenya dirilis, banyak penonton yang berbondong-bondong membaca versi manganya dan langsung menjadi penggemar.
KAIJU NO 8 versi manganya telah sukses menjadi manga Shonen dengan penjualan tercepat menjelang debut resmi adaptasi animenya. KAIJU NO.8 mempunyai banyak kesamaan dengan ATTACK ON TITAN. Namun, tentu akan ada banyak hal yang mungkin mengecewakan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan lengkap terkait kesamaan yang signifikan antara anime Kaiju No 8 dan Attack On Titan. Semoga pembahasan yang disampaikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda.