Anime

Ingin Jadi Penulis? Ini 6 Anime Berlatar Dunia Penerbitan yang Bisa Dijadikan Motivasi

×

Ingin Jadi Penulis? Ini 6 Anime Berlatar Dunia Penerbitan yang Bisa Dijadikan Motivasi

Sebarkan artikel ini
Ingin Jadi Penulis? Ini 6 Anime Berlatar Dunia Penerbitan yang Bisa Dijadikan Motivasi

Isekainews.id – Perlu diketahui, anime berlatar dunia penerbitan termasuk ke dalam dapur produksi yang berada di belakang layar. Meskipun jarang disorot, sebenarnya tersedia banyak kisah menarik yang terjadi di dalamnya. Beberaparekomendasi anime pada daftar dibawah ini akan menggambarkan beberapa cerita dengan berlatar dunia penerbitan yang sayang untuk dilewatkan.

Dari produksi buku, kamus, sampai manga, setiap divisi mempunyai tantangan tersendiri. Anda juga akan bertemu dengan banyak karakter khas dunia literasi seperti diantaranya ada, ilustator, mangaka, editor, dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, Anda bisa baca ulasan dibawah ini sampai selesai!

1. Mangirl, 2013

Mangirl adalah sebuah anime berlatar dunia penerbitan dengan durasi super pendek di tiap episodenya (sekitar 3 menitan). Berkisah tentang sekelompok gadis yang mendirikan majalahnya sendiri karena kecintaan mereka kepada manga. Meski tidak menyajikan penjelasan teknik mendalam layaknya Bakuman, anime ini masih sangat menarik denan memperlihatkan sisi penerbitan dengan masalah-masalah yang tak terduga.

2. Sekaiichi Hatsukoi, 2014—2020

Ingin Jadi Penulis Ini 6 Anime Berlatar Dunia Penerbitan yang Bisa Dijadikan Motivasi

Anime berlatar dunia penerbitan ini berjudul Junjou Romantica (Shungiku Nakamura) sehingga vibe keduanya sedikit sama. Kali ini tokoh utamanya adalah bernama Ritsu Onodera. Ia seorang editor sastra yang baru pindah perusahaan penerbitan serta ditempatkan di divisi shoujo manga.

Bagi Onodera hal ini adalah sebuah kesalahan. Ia sendiri tidak pernah suka dengan manga dan hanya ingin menjadi editor sastra yang mana dianggapnya lebih bermartabat. Tidak hanya merasa kesulitan beradaptasi, Onodera juga kurang suka dengan kepala divisinya yang jutek.

Namun kata-kata pedas dari sang atasan yang cukup menohok justru membuat Onodera ingin membuktikan nilai pada dirinya. Ia kemudian mulai serius dalam mendalami dunia manga dan bekerja lebih keras untuk dapat mengejar ketertinggalan. Dalam prosesnya Onodera juga mengetahui jika sang atasan adalah mantan kakak kelas yang pernah disukainya dan mereka pun pada akhirnya menyelesaikan kesalahpahaman di masa lalu.

Dibandingkan dengan Junjou Romantica, pembahasan terkait dunia kerja di anime Sekaiichi Hatsukoi jauh lebih banyak meskipun masih diselipi dengan elemen romansa. Anime berlatar dunia penerbitan ini juga yang paling menyoroti peran dari seorang editor. Mulai dari cara kerja, kesalahan yang kadang dilakukan, sampai dengan pembahasan mengenai prinsip seorang editor akan jadi daya tarik materi ceritanya.

3. Bakuman, 2010—2013

Series Bakuman diketahui berkisah tentang duo mangaka Ashirogi, nama pena dari Moritaka Mashiro dan Akito Takagi. Perjuangan yang sangat mendebarkan anak SMP yang mengejar impiannya untuk menjadi penulis manga yang bisa diadaptasi menjadi sebuah anime. Banyak kisah manis pahit yang menyertai keduanya tepatnya selama 3 season cerita padat yang sempurna.

Keunggulan dari anime berlatar dunia penerbitan berjudul Bakuman dari cerita sejenis karena proses kreatif pembuatan manganya dibahas dengan detail mulai dari proses pencarian ide, perkembangan gaya menggambar, pembacaan selera pasar, sampai dengan persaingan dan persahabatan antar pengarang. Sistem, alur proses, dan pertimbangan yang biasa dilakukan oleh pihak penerbitan juga dijelaskan dengan menyeluruh.

Dengan melalui anime berlatar dunia penerbitan ini penonton akan merasa benar-benar terlibat aktif dalam semua proses panjang dari seorang amatir sampai menjadi mangaka profesional. Tidak hanya soal penulisan dan penerbitan manga, anime ini juga diketahui menyajikan part-part terkait proses adaptasi. Banyak juga kata-kata motivasi terkait mimpi dan amanat kehidupan yang bertebaran sepanjang seriesnya. Penggemar wajib tonton!

4. Fune wo Amu (The Great Passage), 2016

 Ingin Jadi Penulis Ini 6 Anime Berlatar Dunia Penerbitan yang Bisa Dijadikan Motivasi (2)

Cerita pada anime anime berlatar dunia penerbitan ini menyajikan mengenai proses pembuatan kamus. Divisi kamus adalah divisi yang paling sedikit menyumbang pendapatan untuk perusahaan sehingga sering disepelekan oleh divisi lain. Meski demikian Kouhei Araki sang editor senior menganggap jika keberadaan kamus adalah sesuatu yang penting sehingga perlu diperjuangkan.

Cerita anime Fune wo Amu ini tergolong slow pace, jadi mungkin sedikit membosankan untuk beberapa orang. Namun jika Anda suka dengan dunia kata-kata, anime berlatar dunia penerbitan ini terbilang cukup memikat. Penonton nantinya akan diperlihatkan bagaimana penyusun kamus memilih definisi tertentu untuk

5. Junjou Romantica, 2008—2015

Misaki Takahashi adalah seorang anak SMA dengan nilai pelajaran yang paling buruk dikelasnya. Karena keinginan dia masuk universitas dan membuat bangga kakaknya, ia pun kemudian harus terlibat dengan Akihiko Usami (Usagi). Yang merupakan penulis novel ternama yang ternyata memiliki pekerjaan lain sebagai penulis manga boys love yang sangat populer.

Usagi sendiri adalah teman dari kakak Misaki. Ia adalah lulusan terbaik jurusan hukum Universitas Teito sehingga sangat dipercaya menjadi tutor untuk Misaki. Kesan pertama mereka untuk satu sama lain dinilai kurang baik, namun membaik seiring dengan berjalannya waktu.

Season 1—2 sebenarnya masih ada pada seputaran Misaki yang sesekali membantu Usagi untuk mengerjakan manganya baik untuk riset ataupun membantu sang editor untuk mengingatkan Usagi tentang tenggat waktu. Hanya saja pada season 3 penonton dapat belajar lebih lagi terkait dunia editorial karena Misaki pada akhirnya bekerja sebagai editor manga.

Meski sorotan anime berlatar dunia penerbitan ini ini tetap pada kisah asmara Misaki dan Usagi, unsur dunia penerbitannya diolah dengan sangat baik. Mulai dari perjuangan Misaki untuk menjadi editor yang tidak mudah hingga proses adaptasi. Dari anime ini penonton nantinya akan diperlihatkan perbedaan dalam membaca naskah sebagai pembaca dan sebagai editor. Lumayan meski bukan anime dengan berlatar dunia penerbitan yang terbaik.

Kesimpulan

Untuk para pecinta buku, menonton anime berlatar dunia penerbitan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk dapat mempelajari industri ini. Tidak hanya jalan ceritanya yang menarik, penonton juga akan disuduhkan berbagai macam cerita dalam cerita sembari berandai-andai perbaikan apa saja yang dapat dilakukan untuk membuat hasil akhirnya jadi lebih baik. Demikian pembahasannya, semoga daftar rekomendasi di atas bisa sesuai ekspektasi Anda, selamat menjelajah dunia penerbitan melalui anime yapp!