Game

Cara Bermain Game Sudoku yang Tepat dan Cepat untuk Pemula! Simak Triknya Berikut Ini!

×

Cara Bermain Game Sudoku yang Tepat dan Cepat untuk Pemula! Simak Triknya Berikut Ini!

Sebarkan artikel ini
Cara Bermain Game Sudoku yang Cepat dan Tepat untuk Pemula

Isekainews.id – Bagaimana cara bermain game Sudoku yang cepat dan tepat untuk pemula?Sudoku adalah salah satu jenis game permainan atau puzzle angka yang cukup banyak digemari. Baik orang tua maupun anak muda banyak yang memainkan game ini. Entah itu sekadar hanya untuk mengisi waktu luang atau dengan tujuan untuk mengasah otak secara ringan.

Meskipun termasuk jenis game atau permainan jadul, nyatanya hingga kini peminat sudoku masih terus bermunculan, bahkan semakin bertambah. Banyak orang yang seringkali menganggap game sudoku ini sebagai permainan yang rumit. Padahal faktanya, jika sudah mengetahui cara bermain sudoku Anda akan merasakan keseruannya. Sudoku merupakan sebuah game permainan teka-teki yang berbasis logika.

Permainan yang satu ini mempunyai desain yang cukup sederhana serta memiliki aturan yang mudah. Hingga tak heran jika Sudoku menjadi ini menjadi salah satu game puzzle terpopuler. Cara bermain game sudoku sendiri bukan hanya bisa dipraktikkan untuk orang dewasa saja. Namun juga bisa bahkan bagus untuk permainan anak-anak. Dan game sudoku ini dapat menjadi salah satu permainan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama si kecil di rumah.

5 Cara Bermain Game Sudoku yang Cepat dan Tepat untuk Pemula

Cara bermain game Sudoku

Lalu, bagaimana cara bermain game Sudoku di Hp yang cepat dan tepat? Tentunya, Anda harus mengunduh terlebih dahulu game Sudoku ini di Hp Anda. Game Sudoku terdiri atas Sudoku klasik dan Sudoku modern. Tentunya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu game Sudoku ini di Hp Anda. Game Sudoku terdiri atas Sudoku klasik dan Sudoku modern.

Dalam game sudoku klasik, cara bermainnya adalah dengan mengisi kisi yang berukuran 9×9 dengan angka. Sehingga nantinya setiap kolom, setiap baris, dan masing-masing dari sembilan subkisi 3×3 yang menyusun kisi dengan angka 1 hingga angka 9. Dalam permainan ini juga sudah tersedia beberapa kisi yang telah diisi sebagian.

Hal ini adalah sebagai petunjuk untuk menyelesaikan pengisiannya, hingga semua kisi penuh dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Berikut ini adalah cara bermain game Sudoku yang cepat dan tepat untuk pemula.

1. Cari yang Paling Mudah Terlebih Dahulu

Cara bermain game Sudoku untuk pemula adalah dengan mencari yang lebih mudah terlebih dahulu. Pada tahap awal lebih baik dimulai dengan yang paling mudah, yaitu menambahkan angka. Pilih kotak yang sudah tersedia angka cukup banyak atau deretan yang hampir sudah terisi. Lalu, bisa memilih kisi yang mempunyai banyak kotak kosong. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan angka yang diisi.

Pada tahap ini, proses pengisian angka memiliki pilihan angka yang lebih banyak. Selanjutnya, Anda dapat mengeliminasi angka-angka yang harus dihilangkan. Contohnya, jika ada persegi yang telah mempunyai angka 1 hingga 7. Maka, hanya perlu mencari tahu dimana Anda harus meletakkan angka 8 dan angka 9. Saat mengisi angka, lihat baris yang ada di baris ataupun persegi.

Hal itu bertujuan untuk dapat menentukan angka manakah yang dapat menghilangkan satu nomor atau lainnya, dan agar bisa dengan cepat mengisi kekosongan.

2. Cari Nomor Mana yang Hilang

Cara bermain game Sudoku selanjutnya adalah mencari nomor mana yang hilang. selain menambahkan angka yang belum ada, juga menempatkan angka yang tepat yang belum ada di dalam baris, diagonal, ataupun kolom. Jika sebuah angka sudah ada di dalam satu baris, maka angka tersebut tidak bisa ditempati lagi. Tantangannya adalah memikirkan dan juga mencari serta melihat peluang angka yang dapat ditambahkan yang belum ada.

3. Jangan Menebak

Cara bermain game Sudoku selanjutnya adalah jangan menebak. Dalam permainan ini, semua kotak akan berpengaruh pada yang lain dan saling berkaitan. Sehingga jangan menebak-nebak. Namun, isilah dengan melakukan perhitungan dan juga melihat secara menyeluruh dari semua papan sudoku. Angka-angka yang ada, dan juga yang belum terisi dari baris, kolom, dan juga diagonalnya.

4. Terus Bergerak

Cara bermain Sudoku yang cepat dan tepat

Cara bermain Sudoku yang cepat dan tepat adalah dengan terus bergerak dan jangan berhenti atau stuck hanya pada angka tertentu. Saat bermain Sudoku terkadang mungkin Anda akan stuck pada satu kotak ataupun satu angka yang sulit untuk ditempatkan. Oleh karena itu, Anda jangan terlalu fokus pada angka atau kotak tempat Anda berhenti tersebut. Akan lebih baik jika Anda beralih ke kotak yang lain untuk mengisi angka yang kosong.

Hal ini bertujuan untuk membantu Anda melihat peluang angka yang mungkin saja bisa ditempatkan pada kisi yang lain. Yang kemungkinan masih berkaitan dengan kisi yang tadi Anda stuck. Maka, saat stuck Anda perlu terus bergerak untuk mencari peluang di kisi yang lain.

5. Review Semua Kotak dan Kisi

Cara bermain game Sudoku selanjutnya adalah review semua kotak dan Kisi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika game sudoku adalah sebuah permainan yang memerlukan daya ingat yang kuat. Maka, Anda harus bisa mengingat semua angka yang sudah ditempatkan. Dan juga kotak-kotak mana yang berubah. Hal ini untuk membantu proses eliminasi angka-angkanya dengan mudah dan cepat.

Setiap kali Anda menempatkan angka di sebuah kotak, maka angka tersebut akan memberi kesempatan untuk angka yang lain. Serta menutup kemungkinan untuk angka yang lainnya ditempatkan di kotak terdekat.

Bermain Sudoku ini memberikan banyak manfaat, antara lain dapat meningkatkan konsentrasi, membantu tubuh rileks. Dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam memcahkan masalah. Melatih persaingan yang sehat serta dapat meningkatkan memori dan daya ingat. Sehingga, permainan ini sangat cocok untuk orang dewasa dan anak-anak.

Demikian tadi 5 cara bermain Sudoku yang cepat dan tepat untuk pemula. Dengan menggunakan cara bermain game Sudoku di atas, maka setiap orang dapat memainkannya dengan mudah. Anda hanya tinggal meniru tahap demi tahap untuk bisa meningkatkan level permainan. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk semakin melatih kemampuan, logika, strategi, dan juga strategi.