Game

6 Rekomendasi Game Edukasi Anak Paud Terbaik, Serunya Belajar Sambil Bermain!

×

6 Rekomendasi Game Edukasi Anak Paud Terbaik, Serunya Belajar Sambil Bermain!

Sebarkan artikel ini
Game edukasi anak paud terbaik, serunya bermain sambil belajar

Isekainews.id – Tidak hanya bertujuan untuk menghibur saja, game edukasi anak paud juga dapat mengajari anak untuk belajar. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada berbagai macam game yang dapat dimainkan di perangkat android. Bukan hanya untuk orang dewasa saja, bahkan kini banyak game yang dapat dimainkan untuk anak-anak. Mulai dari usia balita, paud hingga anak usia TK.

Selain berisi permainan yang menghibur, saat ini juga banyak game edukasi anak yang dapat memberikan memberikan edukasi baik kepada anak-anak. Namun, tentunya aktivitas bermain game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Dan salah satu peran orangtua adalah memilih game yang bukan hanya sekedar menghibur anak saja. Melainkan juga bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang anak.

6 Rekomendasi Game Edukasi Anak Paud Terbaik

Game edukasi anak paud

Beberapa game edukasi anak paud memiliki fungsi dan tujuan yang sama seperti game matematika ataupun game asah otak. Tujuan dari semua game tersebut adalah untuk membuat anak merasa senang mempelajari hal baru dan tentunya disesuaikan dengan usia mereka. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi permainan game edukasi anak, berikut ada beberapa game edukasi anak Paud yang bisa Anda unduh dan dimainkan di Android Anda.

1. Khan Academy Kids

Game edukasi anak paud

Rekomendasi game edukasi anak paud yang pertama adalah Khan Academy Kids. Permainan dalam game ini mencakup ribuan kegiatan interaktif untuk balita, anak-anak prasekolah, dan juga untuk usia taman kanak-kanak (TK). Dalam game ini terdapat permainan yang lengkap. Nantinya anak-anak bisa belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional.

Dan juga belajar tentang keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik. Materi pembelajaran dalam game ini juga dikemas sedemikian rupa, agar anak-anak dapat menikmati proses bermain sambil belajar ini dengan menyenangkan.

2. Duolinggo

Game edukasi anak paud

Rekomendasi game edukasi anak paud selanjutnya adalah Duolinggo. Melalui game ini, Anda bisa mengajarkan anak berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan. Game edukasi Duolinggo ini menawarkan berbagai macam bahasa yang dapat dipelajari anak-anak. Bukan hanya bahasa Inggris saja, namun juga ada 30 bahasa asing lainnya yang bisa dipelajari anak-anak.

Antara lain ada bahasa Mandarin, Perancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan lainnya. Tampilan game Duolingo ini juga sangat menarik, sehingga dijamin akan perhatian sikecil dalam mempelajari bahasa asing.

3. Baby Panda World

Game edukasi anak paud

Baby Panda World merupakan salah satu rekomendasi game edukasi anak paud selanjutnya. Game ini sangat cocok dimainkan oleh anak-anak yang berusia 8 tahun ke bawah. Di dalam game Baby Panda World ini anak-anak dapat memainkan peran apa saja seperti yang mereka inginkan.

Seperti menjadi polisi, dokter, koki, pilot, dan masih banyak lagi profesi pekerjaan lainnya. Selain itu, dalam game ini juga terdapat 100 area menyenangkan yang bisa dijelajahi oleh anak-anak. Mereka dapat menikmati berbelanja di supermarket, atau pergi ke taman hiburan yang memiliki banyak fasilitas hiburan.

Bagi anak-anak perempuan yang suka berdandan, mereka bisa menjadi penata gaya dan menciptakan penampilan bergaya. Dan bagi mereka yang suka dengan kehidupan bertani, mereka bisa memelihara hewan ternak, dan menanam buah dan sayuran.

4. Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw

Game edukasi anak paud

Game edukasi anak paud selanjutnya adalah game Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw.
Dan game yang satu ini dikhususkan untuk anak usia 3 tahun ke atas dan sudah disetujui oleh para pengajar. Coloring Games: Coloring Book, Painting, Glow Draw merupakan salah satu jenis game mewarnai yang tentunya sangat disukai anak-anak.

Permainan dalam game ini memungkinkan si kecil untuk belajar mengenal warna, dan menambahkan warna-warnanya pada gambar yang ada. Game ini tersedia dalam tiga mode menggambar yang berbeda di dalamnya. Ada mode mewarnai dengan cat, glow pen, mode menggambar dan ada juga mode mewarnai dengan nomor. Game yang satu ini menyediakan lebih dari 50 objek yang dapat diwarnai.

5. ABC Kids

Game edukasi anak paud

Game edukasi anak paud yang satu ini hadir dan didatangkan oleh developer RV AppStudios. ABC Kids adalah sebuah game yang memiliki konsep dan mengkhususkan diri dalam mengedukasi anak-anak untuk mengenal huruf saja. Game ini juga tidak mengusung konsep lainnya, sehingga membuat game ini menjadi lebih fokus ke dalam satu bahasan saja.

Melalui game ini, anak-anak akan dimudahkan dalam menghafal dan juga mengenal huruf-huruf. Bukan hanya itu saja, interface serta sajian animasi yang menarik juga dirancang agar anak-anak merasa senang dan juga betah untuk mempelajari huruf. Hal ini dipermudah lagi dengan adanya fitur tentang cara pengucapan setiap huruf yang sudah ditunjukkan.

6. Zoo Puzzles

Game edukasi anak paud

Rekomendasi game edukasi anak selanjutnya adalah Zoo Puzzles. Bermain puzzle merupakan salah satu cara agar anak-anak dapat belajar sembari bermain. Hal inilah yang kemudian dijadikan sebagai sebuah konsep untuk membuat game edukasi anak paud. Game ini mengambil konsep sederhana namun cukup diminati anak-anak. Tak sulit dan cenderung sangat mengasyikan untuk anak.

Game ini hanya meminta para anak untuk menyusun potongan-potongan puzzle. Untuk kemudian disusun ke dalam gambar yang kosong. Seperti contohnya ada sebuah gambar jerapah namun hanya kosong. Kemudian, di bagian samping ada beberapa potongan gambar jerapah yang harus disusun. Permainan ini sangat mudah, Anda dapat mengunduh game ini di Android melalui layanan Play Store.

Demikian tadi 6 rekomendasi game edukasi anak paud yang seru dan juga menarik. Dengan bermaian game tersebut, anak-anak dapat bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.