Game

6 Tips dan Cara Bermain League of Legends untuk Pemula

×

6 Tips dan Cara Bermain League of Legends untuk Pemula

Sebarkan artikel ini
6 Tips dan Cara Bermain Game League of Legends (LoL) untuk Pemula

Isekainews.id – League of Legends merupakan salah satu game MOBA yang sangat terkenal di dunia. Dan pada tahun 2023 lalu, Riot Games memutuskan untuk mengambil alih distribusi game buatan mereka tersebut dari tangan Garena untuk wilayah Asia Tenggara. Game yang pertama kali dirilis pada tahun 2009 lalu, saat ini semakin terus berkembang dengan pembaruan konten reguler.

Bahkan, game ini memiliki komunitas yang besar di seluruh dunia dan menjadi salah satu game yang paling populer. Melihat gameplay dari permaianan ini, bagi para pemula MOBA mungkin dapat terintimidasi. Namun, sama seperti game kompetitif lainnya, dengan cukup belajar dan latihan yang cukup. Anda tentu bisa bermain game ini dengan baik.

6 Tips dan Cara Bermain League of Legends untuk Pemula

Tips dan Cara Bermain Game League of Legends untuk Pemula

Bagi Anda yang belum tahu, League of Legends adalah merupakan salah satu tipe game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan oleh Riot Games. Tipe game ini berisi tentang perlawanan dua tim untuk menghancurkan basis lawan. Di dalam permainan ini, setiap pemain akan memerankan karakter yang disebut “champion” dengan tujuan menghancurkan Nexus lawan.

League of Legends adalah game yang memiliki keunikan tersendiri, dengan peran tertentu dalam pertandingan. Ada berbagai tipe champion karakter dalam game ini, seperti Tank, Mage, Assassin, dan Marksman, yang masing-masing memiliki keahlian dan peran yang berbeda dalam tim. Berikut ini adalah beberapa tips dan panduan bermain League of Legends untuk pemula.

1. Memulai Permainan

Untuk bisa memainkan game LOL (League of Legends) ini, tentunya adalah dengan mengunduh atau menginstall game ini terlebih dahulu. Bagi pengguna Android, saat ini sudah dapat mengunduh game ini melalui Play Store. Dan bagi Anda yang ingin memainkan game ini di PC, Anda dapat mengunjungi situs resmi LoL atau platform distribusi game seperti Steam untuk mendapatkan file instalasi.

Pastikan juga bahwa spesifikasi komputer Anda memenuhi persyaratan minimum yang diperlukan, agar dapat menjalankan game ini dengan lancar. Sebelum memulai permainan, sebagai pemula sebaiknya Anda mencoba beberapa champion berbeda. Hal ini untuk menemukan gaya bermain yang sesuai dengan preferensi mereka. Ada beberapa champion yang direkomendasikan untuk pemula, antara lain adalah Garen (Tank), Ashe (Marksman), dan Annie (Mage).

2. Pahami dan Pelajari Dasar-dasar Kontrol

Sebagai pemula, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memainkan game ini adalah memahami dasar-dasar kontrol dalam permainan ini. Antara lain seperti gerakan, serangan biasa, dan kemampuan khusus champion. Jika bermain di PC atau komputer, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard dan mouse untuk mengontrol champion.

3. Pahami Map (Peta) dan Objektifnya

Tips bermain LoL selanjutnya adalah memahami map atau peta Summoner’s Rift. Karena map ini yang bakal menemani Anda ketika bermain LoL ini. Map atau peta ini dibagi menjadi dua sisi dan tiga jalur yang bisa dilalui. Untuk sisi pertama untuk tim Biru (kiri bawah) dan untuk sisi lainnya untuk tim Merah (kanan atas). Dan untuk tiga jalur yang bisa dilalui adalah atas (Top Lane), tengah (Mid Lane), dan bawah (Bottom Lane).

Saat memulai permainan, Anda akan ditempatkan di Fountain, area yang berada di dalam base tim. Dan saat mati atau menggunakan Recall, Fountain adalah tempat yang bakal Anda tuju. Selain dapat menyembuhkan diri di sini, Anda juga dapat membeli item yang berguna untuk memperkuat Champions.

4. Fokus pada Last-Hitting Minion

Setelah memahami peta dan objektifnya, mempelajari seni last-hitting minion adalah keterampilan penting dalam game League of Legends. Sama seperti game MOBA kebanyakan, cara untuk memenangkan sebuah permainan di gami ini adalah dengan menghancurkan base dari lawan yang dinamakan Nexus. Sebelum mencapai Nexus musuh, tentunya Anda akan dihadapkan dengan sejumlah penghadang.

Pertama ada barisan Minions yang akan muncul secara berkala di setiap jalur. Minions dalam game LoL ini adalah salah satu sumber penghasilan (Gold) Anda. Dan ini juga diperlukan untuk menaikkan level dari Champions Anda. Kedua ada Turret, sebuah bangunan yang perlu Anda hancurkan untuk bisa masuk lebih dalam ke base lawan. Ada 11

Turret untuk masing-masing tim, yang akan memberikan damage cukup besar ke sebuah target ketika masuk ke area penyerangannya. Dan untuk bangunan lain yang perlu Anda hancurkan sebelum meruntuhkan Nexus lawan adalah Inhibitor. Jika berhasil menghancurkannya, maka Anda bisa memanggil Minions yang lebih kuat yang dinamakan Super Minions. Namun, perlu diingat bahwa Inhibitor dapat kembali utuh setelah lima menit berlalu.

5. Pelajari Item, Kerja Sama dan Komunikasi dalam Tim

Tips bermain LoL untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari item dan build yang sesuai dengan champion adalah sangat penting. Maka, pilih item yang mendukung gaya bermain Anda dan sesuaikan juga dengan kebutuhan pertandingan.

Selain itu, karena League of Legends adalah merupakan sebuah permainan dengan tim. Maka, kerja sama dan komunikasi dengan tim sangat penting. LoL adalah permainan tim, maka berkomunikasilah dengan tim Anda dengan baik. Gunakan juga sistem ping atau chat untuk memberi tahu rencana, memberikan peringatan, atau meminta bantuan. Kerjasama tim adalah kunci keberhasilan dalam permainan ini.

6. Evaluasi dan Pelajari dari Setiap Pertandingan

Untuk tips terakhir adalah lakukan evaluasi dan senantiasa pelajari dari setiap pertandingan. Setiap pertandingan yang Anda mainkan adalah merupakan sebuah kesempatan untuk belajar. Maka, evaluasi kinerja Anda selama permaian. Perhatikan setiap kesalahan, dan cari cara untuk memperbaikinya. Tonton rekaman setiap pertandingan yang Anda mainkan untuk mendapatkan wawasan tambahan.

Demikian tadi 6 tips bermain game League of Legends (LoL) untuk pemula. Lakukan tips di atas dengan benar agar Anda mudah memenangkan setiap pertandingan.