Anime

6 Fakta Menarik Anime Look Back, Film dari Manga Karya Tatsuki Fujimoto

×

6 Fakta Menarik Anime Look Back, Film dari Manga Karya Tatsuki Fujimoto

Sebarkan artikel ini
6 Fakta Menarik Film Anime Look Back, Karya Tatsuki Fujimoto

Isekainews.id  – Film anime Jepang berjudul Look Back sudah mulai tayang di bioskop Indonesia pada 31 Juli 2024. Film anime tersebut diangkat dari manga karya Tatsuki Fujimoto yang dikenal luas lewat Chainsaw Man. Anime Look Back merupakan sebuah film anime yang diangkat dari one shot manga yang mengharukan karya Tatsuki Fujinimemoto. Ceritanya yang seru dan menarik, membuat anime ini wajib ditonton semua fans anime.

Anime Look Back menceritakan tentang seorang siswa kelas 4 SD yang bernama Ayumu Fujino, dan siswa ini memiliki bakat menggambar manga. Karena bakatnya tersebut, ia pun sering mendapat banyak pujian dan penghargaan dari kelas dan sekolahnya. Hingga suatu hari, ia mendapat pesaing bernama Kyomoto, siswa berbakat namun sering bolos sekolah.

Hal ini membuat Fujino merasa iri dan cemburu dan ia pun bertekad untuk tidak mau kalah dengan siswa yang masuk sekolah saja jarang. Namun, ternyata pertemuan pertama mereka baru terjadi di hari kelulusan, dengan cara yang tak terduga. Selanjutnya, apa yang terjadi ketika Fujino dan Kyomoto pertama kali bertatap muka?

6 Fakta Menarik Anime Look Back, Film dari Manga Karya Tatsuki Fujimoto

Anime Look Back

Anime Look Back mengisahkan tentang seorang siswi kelas 4 SD yang bernama Ayumu Fujino (Yuumi Kawai). Dan dia memiliki bakat menggambar manga hingga karyanya bisa diterbitkan di koran sekolah. Kiprahnya dalam menggambar manga sangat luar biasa, hingga dianggap sebagai mangaka populer di sekolah. P

ada suatu hari, dia mengetahui bahwa ada siswi lain yang juga menerbitkan manga selain dirinya, yang bernama Kyomoto (Mizuki Yoshida). Dan siswi ini jarang keluar rumah. Fujino disuruh gurunya untuk memberikan satu slot manganya di koran sekolah kepada Kyomoto. Hal ini membuat rasa iri ketika manga karya Kyomoto mendapatkan pujian ketika diterbitkan di koran.

Sehingga, Fujino bertekad untuk mengasah terus bakatnya dalam menggambar manga. Namun, persahabatannya dengan Kyomoto selalu menghadapi ujian. Film anime Look Back ini sangat seru dan menghadirkan berbagai fakta menarik, seperti berikut ini.

1. Meraih Banyak Penghargaan dan Keuntungan

Look Back adalah film ini ternyata sudah meraih banyak penghargaan dan keuntungan. Di antaranya penghargaan Kono Manga ga Sugoi! untuk kategori pemabaca laki-laki pada tahun 2022 lalu. Bahkan, Manga ini juga menempati peringkat satu dalam “The Best Manga 2022 Kono Manga wo Yome!” yang diselenggarakan oleh majalah Freestyle. Dan juga meraih peringkat kedua dalam penghargaan Manga Taisho 2022.

Sedangkan, di kancah Internasional, Look Back masuk nominasi “Best U.S. Edition of International Material – Asia” dalam Eisner Awards 2023. Selain penghargaan, penjualan volume tankobon untuk manga ini juga cukup tinggi, di minggu kedua. Manga ini meraih penjualan 80 ribu copy di Jepang.

2. Adaptasi Manga One-Shot Karya Tatsuki Fujimoto

Anime Look Back sendiri adalah merupakan manga one-shot atau manga yang cuma terdiri dari satu chapter dan merupakan karya Tatsuki Fujimoto. Yang juga terkenal dengan karyanya yang lain, seperti Chainsaw Man dan Fire Punch. Dan Chainsaw Man mendapatkan banyak atensi penggemar manga karena ceritanya yang cukup mindblowing.

3. Mengisahkan Dua Mangaka Muda

Secara garis besar, anime Look Back menceritakan seorang gadis bernama Ayumu Fujino yang suka menggambar. Lalu, ada teman sekelasnya bernama Kyomoto juga hobi menggambar bahkan lebih berbakat darinya dan merasa tersaingi. Namun ketika mereka bertemu, Kyomoto mengaku bahwa dia menggemari karya gambar milik Fujino. dan sejak saat itu mereka menjadi teman dan selalu bersama hingga dewasa.

Kemudian mereka berkolaborasi untuk memproduksi manga sendiri. Hingga terjadi sebuah peristiwa yang membuat salah satu dari mereka berimajinasi jika mereka tidak bertemu.

4. Meraih Peringkat 1 Box Office Jepang

Sejak dirilis pada 28 Juni lalu di Jepang, film anime Look Back ini selalu menempati peringkat pertama dalam box office Jepang dalam dua minggu pertama penayangannya. Pada akhir minggu pertamanya, film ini meraih 226 juta yen (23 milyar rupiah). Di akhir minggu kedua, film ini meraih pendapatan 221 juta yen (22,6 milyar rupiah). Jadi totalnya, film anime Look Back ini telah meraih pendapatan 608 juta yen (62,24 milyar rupiah) selama dua pekan penayangan.

5. Tayang di Bioskop Indonesia sejak 30 Juli

CBI Pictures Indonesia, selaku distributor film telah mengumumkan Bahwa film anime Look Back ini tayang di Indonesia pada 31 Juli. Hal ini mereka umumkan melalu laman media sosial mereka pada tanggal 18 Juni lalu. Dan pada tanggal 15 Juli lalu, distributor film ini juga mengumumkan penayangan Fan’s Screening untuk film ini. Yang ternyata sudah digelar pada 20 Juli ini. Fan’s Screening tersebut digelar di CGV Central Park, Jakarta.

Para penonton cukup membayar harga tiket 300 ribu rupiah saja. Maka, penonton sudah mendapatkan bonus menarik seperti one-shot fisik dalam versi bahasa Jepang dan collectible A3 poster.

6. Sempat Diminati MAPPA, tapi Produksi Animenya Dibuat oleh Studio Dorian

Pada Agustus tahun 2022 lalu dalam sebuah wawancara kepada IGN France, CEO studio MAPPA, Manabu Ohtsuka. Sempat mengutarakan bahwa ingin mereka ingin memproduksi anime dari karya-karya Tatsuki Fujimoto. Hal ini terjadi, setelah studio MAPPA resmi menjadi animator untuk karya Fujimoto yang lain, yakni Chainsaw Man.

Dan dia juga ingin memproduksi anime Look Back, Goodbye Eri!, Just Listen the Song, dan Fire Punch yang semuanya karya dari Fujimoto. Namun, pada Februari 2024 lalu, akhirnya Studio Dorian lah yang ternyata membuat adaptasi anime untuk manga Look Back. Belum diketahui alasan yang jelas, mengapa MAPPA ‘tidak jadi’ memproduksi karya dari Tatsuki Fujimoto ini.

Demikian tadi sinopsis lengkap serta 6 fakta menarik tentang film anime Look Back yang tengah viral saat ini. Penasaran? Silakan tonton anime seru yang satu ini melalui streaming atau bioskop di kota Anda.