Anime

Sinopsis dan Fakta Unik Anime Suzume no Tojimari Karya Makoto Shinkai

×

Sinopsis dan Fakta Unik Anime Suzume no Tojimari Karya Makoto Shinkai

Sebarkan artikel ini
Sinopsis dan Fakta Unik Anime Suzume no Tojimari

Isekainews.id – Film anime Suzume no Tojimari telah tayang di bioskop Indonesia pada bulan Maret 2023 lalu. Anime ini merupakan hasil karya direktur terkenal, Makoto Shinkai menjadi salah satu film anime terlaris sepanjang masa di Jepang.
Tentu saja, karena anime ini kala itu sangat dinanti-nantikan oleh para penggemar anime dan jejepangan.

Suzume no Tojimari adalah film animasi yang diproduksi oleh CoMix Wave Films dan didistribusikan oleh Toho pada tahun 2022. Dan merupakan film terbaru yang ditulis dan juga disutradarai oleh Makoto Shinkai setelah kesuksesannya dengan film Kimi No Nawa (2016) dan Tenki no Ko (2019). Beberapa hal yang menarik perhatian para pecinta anime, adalah karena animasi dan kualitasnya yang luar biasa.

Suzume no Tojimari ini adalah film anime yang mengisahkan mengenai seorang gadis SMA Kyushu, Jepang bernama Suzume. Dia bertemu dengan seorang pemuda misterius yang sedang mencari pintu. Hingga selanjutnya, pertemuan ini membawa keduanya berpetualang menutup pintu lintas dimensi untuk mencegah bencana yang akan terjadi.

Sinopsis dan Fakta Unik Anime Suzume no Tojimari

Sinopsis dan Fakta Unik Anime Suzume no Tojimari

Anime Suzume no Tojimari merupakan salah satu film animasi Jepang yang sangat populer dan sangat dinanti-nantikan para penggemar anime ini waktu itu. Film animasi Jepang karya Makoto Shinkai (your name., Weathering With You) menyutradarai film Suzume no Tojimari dan menulis skenarionya. Bahkan, dia juga dikreditkan sebagai pengarang cerita aslinya.

Sedangkan Masayoshi Tanaka (your name., Weathering With You) merancang karakternya, dan Kenichi Tsuchiya (your name., Garden of Words) menjadi animation director-nya. Bagi Anda yang belum pernah menonton film anime ini, maka berikut ini kami jelaskan tentang sinopsis dan berbagai fakta unik dan menarik seputar anime Suzume no Tojimari.

1. Sinopsis Suzume no Tojimari

Film anime Suzume no Tojimari ini menceritakan tentang Suzume yang duduk di kelas 2 sekolah menengah atas. Dan gadis itu memiliki mimpi aneh, di mana dia dapat melihat pemandangan dari masa kecilnya. Dalam mimpinya, sepertinya dia berada di daerah yang dipenuhi salju tanpa ada orang lain di sekitarnya. Dan dia melihat dirinya sebagai anak kecil yang sedang memeluk kursi sendirian.

Lalu, dia pun terbangun dari tidurnya, kemudian bersepeda ke sekolah di mana dia melewati seorang pria muda berusia di awal dua puluhan tahun. Hingga Suzume pun menatapnya, dia menganggapnya tampan dan dia merasa seperti pernah melihat pria tersebut sebelumnya.

Saat mereka berpapasan, pria itu menghentikannya dan bertanya apakah Suzume melihat pintu di dekat tempat itu. Hal ini membuat Suzume bingung karena tidak tahu apa yang dia bicarakan. Kemudian, dia pun bertanya, “Apakah ada bangunan atau area terbengkalai di dekatnya?” dan dia pun menjawab jika ada area terbengkalai di sekitar onsen tua di dekatnya. Pria itu berterima kasih pada Suzume dan berjalan pergi.

Suzume pun kembali bersepeda ke sekolah, namun berhenti dan pergi kembali mencari pria tadi. Lalu, Suzume pergi ke area onsen tua yang dia arahkan, namun dia tidak menemukan pria itu di sana. Di sebuah reruntuhan onsen, Suzume memasuki sebuah onsen tua. Dia melihat ada genangan air di tanah dan Suzume melihat pintu dan kusen pintu di tengah reruntuhan onsen.

Dia melihat pintu itu benar-benar tidak berada pada tempatnya, jadi Suzume berjalan ke arahnya dan membuka pintu. Disisi lain, dia melihat langit malam yang dipenuhi oleh bintang dan bukit berumput. Dia berjalan melewatinya, namun dia berhenti di sisi lain kusen pintu di onsen itu. Dan sepertinya Suzume dapat melihat sisi lain dari pintu tersebut, tapi dia tidak bisa masuk ke dunia itu. Hingga kemudian, dibukanya pintu itu dan ini merupakan inti dari cerita Suzume no Tojimari.

2. Diangkat dari Kisah Mitologi Jepang

Setelah mengetahui sinopsis Anime Suzume no Tojimari. Maka selanjutnya adalah mengetahui berbagai fakta unik dan menarik seputar anime Anime Suzume no Tojimari. Fakta yang pertama adalah anime ini ternyata diangkat dari kisah mitologi Jepang. Negara Jepang memang sangat terkenal karena mitos yang dipercaya dan menjadi budaya ikonik.

Hingga tidak heran jika ada banyak anime yang mengangkat mitos-mitos populer ke dalam kisah fiksinya. Sama halnya seperti anime Suzume no Tojimari yang juga diangkat dari kisah mitologi populer mengenai gempa bumi dan kucing. Jepang merupakan salah satu negara rawan gempa bumi karena daerahnya memiliki banyak sekali gunung berapi.

Dan banyak masyarakat Jepang yang percaya jika gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh naga atau belut raksasa yang disebut namasu bergerak di bawah tanah dan menyebabkan gempa. Selain itu, ada juga mitos mengenai kucing yang dipercaya mampu membawa manusia masuk ke dunia lain. Inilah yang membuat ada Daijin si Kucing di film satu ini.

3. Desain yang Menakjubkan dan Lagu Ost yang Ikonik

Fakta unik tentang anime Suzume no Tojimari selanjutnya adalah kualitas animasi dan desain karakternya yang menakjubkan. Anda dapat melihat tempat-tempat yang digambar sangat detail dan hidup di setiap filmnya. Bukan hanya memiliki desain dan animasi yang luar biasasaja. Anime Suzume no Tojimari ini juga berhasil menyentuh emosi para penonton melalui BGM dan OST-nya.

Hal ini karena band rock asal Jepang RADWIMPS mengisi background music dalam film anime Suzume no Tojimari. Salah satunya adalah Ost lagu tematiknya yang berjudul Katana Haluka. Selain itu, ada juga lagu berjudul Suzume karya kolaborasi RADWIPMS dengan Toaka. Yang merupakan sebuah lagu masterpiece yang memiliki kesan misterius dan megah.

Demikian tadi sinopsis dan beberapa fakta unik dan menarik anime Suzume no Tojimari. Simak keseruan anime ini di situs anime langganan Anda.