Anime

Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Tonton Anime Tentang Pengembangan Diri Berikut!

×

Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Tonton Anime Tentang Pengembangan Diri Berikut!

Sebarkan artikel ini
Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Baik? Tonton Anime Tentang Pengembangan Diri Berikut!

Isekainews.id – Anime mempunyai berbagai macam genre yang menarik, akan tetapi salah satu yang paling menginspirasi yaitu anime tentang pengembangan diri. Cerita dalam anime-anime tentang pengembangan diri mampu membawa penonton pada perjalanan karakterrnya dalam menghadapi berbagai macam tantangan, mengatasi rintangan, serta tumbuh menjadi versi terbaik dari diri mereka.

Dimulai dari pelatihan fisik yang intens sampai perjuangan emosional yang mendalam, anime tentang pengembangan diri berikut ini menawarkan pelajaran berharga tentang ketekunan, keberanian, dan keuletan. Sampai-sampai, anime-anime berikut tidak hanya menghibur melainkan juga menginspirasi penonton untuk terus berkembang dan mencapai impian.

Ada apa saja ya anime-anime tersebut? Berikut ini merupakan beberapaRekomendasi anime tentang pengembangan diri yang penuh dengan motivasi dan cocok untuk ditonton. Yuk, langsung saja simak penjelasannya.

1. Haikyu!!

Berikutnya, ada anime tentang pengembangan diri dengan judul Haikyu!!. Anime ini berkisah tentang Shouyou Hinata, yang mana ia merupakan seorang pria bertubuh kecil yang bercita-cita ingin menjadi pemain voli. Cita-citanya tersebut tumbuh setelah terinspirasi oleh pemain voli jenius yang mempunyai tubuh kecil dan punya julukan sebagai ‘Little Giant’.

Hinata kemudian membangkitkan klub voli di SMP-nya dan ikut kejuaraan, namun ia kalah telak dari ‘King of the Court’, Tobio Kageyama. Diketahui, ia bertekad untuk mengalahkan Kageyama, Hinata masuk ke SMA Karasuno, dan menemukan Kageyama yang juga bersekolah di sana. Walaupun pada awalnya rival, mereka akhirnya bekerja sama untuk dapat membawa Karasuno menjadi yang terbaik di Jepang.

2. Barakamon

Anime tentang pengembangan diri yang selanjutnya adalah anime dengan berjudul Barakamon. Anime ini berkisah tentang Seishuu Handa, yang mana ia merupakan seorang ahli kaligrafi muda yang berbakat, namun juga cukup narsis. Ia kehilangan ketenangannya ketika karyanya dikritik sebagai tidak orisinal.

Sebagai hukuman, ayahnya kemudian mengirimnya ke Kepulauan Goto untuk merenung. Di lingkungan pedesaan yang penuh ketenangan ini, Seishuu terus terganggu oleh penduduk desa yang cukup unik. Terjebak dalam situasi ini, Seishuu malah belajar lebih banyak tentang arti kehidupan dan dirinya sendiri.

3. March Comes In Like A Lion

Dilengkapi dengan kisah mental health, anime March Comes In Like A Lion diketahui menjadi anime tentang pengembangan diri yang sangat memotivasi. Anime ini diketahui mengikuti perjalanan dari sosok Rei Kiriyama, seorang pemain shogi profesional yang meraih status elit di usia muda.

Untuk dapat menghindari tekanan dan konflik di rumah, Rei kemudian pindah ke Tokyo. Di sana, ia bertemu dengan keluarga Kawamoto yang hangat. Pertemuan ini dapat membantu Rei mengatasi kesepian dan rasa trauma masa lalunya, yang mana memberinya dukungan emosional yang sangat di butuhkan.

4. Violet Evergarden

Anime tentang pengembangan diri yang keempat adalah anime dengan judul Violet Evergarden. Anime ini berkisah tentang sebuah perang besar yang berakhir setelah empat tahun konflik antara dua benua, Telesis. Adapun, salah satu korban perang tersebut yaitu Violet Evergarden, seorang gadis yang terjebak di dalam sebuah pertempuran dan terluka cukup parah.

Setelah ia dirawat di rumah sakit dan sembuh secara fisik dan mental, Violet kemudian memulai hidup baru dengan bekerja di CH Postal Services. Violet pun memutuskan untuk bisa bekerja menjadi sebuah Auto Memory Doll. Dalam peran barunya ini, ia diketahui membawa perubahan pada kehidupan dan menemukan jati dirinya yang hilang setelah perang berlangsung.

5. Blue Period

Rekomendasi anime tentang pengembangan diri yang selanjutnya adalah anime Blue Period. Yatora Yaguchi, merupakan seorang siswa SMA yang merasa hampa meskipun sukses secara akademis. Saat menemukan bakat dalam melukis, ia kemudian memutuskan untuk mendaftar di Universitas Seni Tokyo yang kompetitif.

Namun, ia harus berhadapan dengan tantangan berat, seperti persaingan bersama rekan-rekan yang berbakat, kurangnya pemahaman seni, serta penolakan orang tua. Dalam perjalanan ini, Yatora harus membuktikan bahwa ia dapat melampaui ketidakpastian dan mencapai mimpinya.

6. Food Wars

Anime Food Wars diketahui juga menjadi anime tentang pengembangan diri yang cocok untuk Anda tonton dalam menggapai cita-cita. Anime ini mengisahkan tentang Souma Yukihira, seorang sous chef di restoran milik ayahnya. Dirinya diketahui bermimpi melampaui keterampilan sang ayah.

Pada saat ayahnya menutup restoran untuk pergi ke New York, Souma mendaftar di Akademi Kuliner Tootsuki, yang hanya menerima 10 persen siswa lulus. Di sana, ia dihadapkan dengan kompetisi sengit. Dirinya harus bisa belajar di lingkungan yang penuh dengan tantangan untuk mencapai mimpinya.

 7. Nodame Cantabile

Anime ini diketahui memiliki latar belakang musik, anime tentang pengembangan diri dengan berjudul Nodame Cantabile ini sayang untuk untuk Anda lewatkan. Adapun, kisah dalam anime ini adalah tentang Shinichi Chiaki, musisi berbakat yang bermimpi menjadi pemain musik yang bermain di Eropa. Namun, keterikatannya pada Jepang membuatnya terjebak di sana.

Di universitas musik, ia kemudian bertemu dengan Megumi Noda, atau Nodame, yang bertolak belakang dengan penampilannya yang sangat tidak terawat, tetapi mempunyai bakat piano menakjubkan. Meskipun pada awalnya kagum dengan bakat musik Nodame, Chiaki kemudian jatuh cinta secara perlahan kepadanya.

8. Hajime No Ippo

Lanjut, anime tentang pengembangan diri selanjutnya ada anime berjudul Hajime No Ippo. Anime ini berkisah tentang Ippo Makunouchi, yang merupakan seorang remaja yang bekerja keras di bisnis keluarganya, secara tidak terduga masuk ke dalam dunia tinju setelah diselamatkan oleh petinju Mamoru Takamura.

Dibimbing oleh Takamura, Ippo kemudian menemukan bakat alaminya saat bertarung melawan Ichirou Miyata, yang mana merupakan rivalnya. Dengan adanya dukungan dari pelatihnya, Genji Kamogawa, Ippo terus maju ke dalam karir tinjunya, menghadapi lawan-lawan yang sangat tangguh.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait beberapa anime tentang pengembangan diri yang bisa Anda tonton. Anime tentang pengembangan diri di atas mengajarkan kepada penonton anime betapa pentingnya ketekunan dan keberanian, menginspirasi penonton untuk dapat terus berjuang mencapai impian.