Anime

Sinopsis Lengkap dan Fakta Menarik Film Anime The Boy and The Heron, Mahakarya Studio Ghibli!

×

Sinopsis Lengkap dan Fakta Menarik Film Anime The Boy and The Heron, Mahakarya Studio Ghibli!

Sebarkan artikel ini
Sinopsis Lengkap dan 3 Fakta Menarik The Boy and The Heron

Isekainews.id – The Boy and The Heron adalah salah satu mahakarya sutradara Studio Ghibli Hayao Miyazaki setelah kurang lebih 1 dekade vakum. Akhirnya penantian para insan pencinta anime keluaran Studio Ghibli terbayarkan dengan hadirnya film ini pada tahun 2023 lalu di Jepang. Dan diketahui anime ini juga tayang di Amerika Serikat pada 8 Desember pada tahun yang sama.

Meskipun sudah satu tahun berlalu, nyatanya anime ini masih hangat diperbincangkan dan masih memiliki banyak penggemar. Bahkan film The Boy and The Heron mendapat rating 97 persen fresh di Rotten Tomatoes dan juga menerima penghargaan “Film Animasi Terbaik” versi BSFC. Bagi yang penasaran berikut ini adalah sinopsis lengkap dan beberapa fakta menarik seputar film anime The Boy and The Heron.

Sinopsis Lengkap The Boy and the Heron

Sinopsis The Boy and The Heron

Bagi yang belum pernah menonton film anime The Boy and The Heron, Anda dapat menyimak simak sinopsis lengkap anime ini. Film The Boy and The Heron memiliki judul asli Kimitachi wa Dou Ikiru Ka yang berarti ‘Bagaimana Kalian Hidup? Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang bocah laki-laki bernama Mahito di masa Perang Dunia II. Alur cerita film ini yang menarik, sudah pasti menampilkan suasana yang khas dari Studio Ghibli.

Bahkan, para penggemar pun mengakui bahwa karya dari Hayao Miyazaki tidak pernah gagal membuat para penonton jatuh cinta. Berikut ini adalah sinopsis lengkap The Boy The Heron mahakarya terbaik Studio Ghibli.

1. Sinopsis Lengkap The Boy and The Heron

Film The Boy and The Heron adalah film anime yang berlatarkan pada perang dunia kedua. Di mana film ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Mahito Maki. Anak ini mengalami kesulitan beradaptasi di kota baru yang ia tempati setelah sang ibu tercinta meninggal. Pada suatu malam, Mahito mendapat kabar bahwa rumah sakit tempat ibunya dirawat terbakar hebat. Namun anehnya, jasad sang ibu ternyata tidak ditemukan.

Setelah ibunya meninggal, ayah Mahito Shoichi, yang merupakan seorang pemilik pabrik, menikah kembali dengan adik ibunya, Natsuko. Dan tanpa sepengetahuan Mahito, ibu angkatnya itu ternyata juga telah mengandung bayi dari ayahnya. Setelah pernikahan itu, Shoichi dan Mahito pun akhirnya tinggal di hunian Natsuko. Mereka tinggal bersama sejumlah lansia yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Kaetika baru tiba di rumah tersebut, Mahito melihat kehadiran seekor burung cangak abu yang terbang melintas pekarangan rumah. Namun, burung cangak tersebut ternyata bukan sebatas burung semata. Bahkan lama kelamaan Mahito “diteror” oleh si Cangak Abu, yang sebenarnya merupakan makhluk dari dunia lain. Burung tersebut mengatakan jika ibu Mahito sebenarnya tidaklah mati, melainkan berpindah ke dunia lain.

Kejadian demi kejadian aneh semakin bermunculan dalam hidup Mahito. Hingga pada suatu saat, Natsuko menghilang ke sebuah menara di dekat rumah mereka. Akhirnya, Mahito memutuskan untuk mendatangi menara itu untuk menyelamatkan Natsuko meskipun harus menanggung banyak risiko. Dengan dipandu si Cangak Abu, ia pun berpindah ke dunia bawah air. Di mana dunia tersebut cukup berbeda dari realitas.

Meskipun sebenarnya Mahito merasa ragu jika mendiang ibunya masih hidup. Namun, ternyata ia menjumpai sosok ibunya dalam wujud yang berbeda. Bahkan bocah tersebut juga berjumpa dengan kakek buyutnya yang telah lama menghilang.

3 Fakta Menarik Film Anime The Boy and The Heron

Fakta Menarik The Boy and The Heron

Setelah mengetahui sinopsis lengkap film anime The Boy and The Heron, maka berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar film ini yang jarang diketahui penggemarnya.

1. Merilis Film Tanpa Promosi

Fakta menarik film The Boy and The Heron yang pertama adalah ternyata film ini dirilis tanpa promosi. Hanya terlihat sedikit melakukan promosi saja. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan film-film dari Studio Ghibli yang lain yang melakukan promosi secara besar-besaran sebelum rilis. Promosi hanya dilakukan sebelum tayang perdana di Jepang, bahkan Studio Ghibli hanya merilis poster yang simpel dan tanggal film tersebut rilis. Bahkan, official teaser dari film tersebut juga baru dirilis setelah beberapa waktu setelahnya.

2. Digambar Manual oleh Hayao Miyazaki

Fakta menarik film The Boy and The Heron ini ternyata hasil karya Miyazaki dengan menggambar secara manual. Memang ini bukanlah hal pertama kali bagi film-film garapan Hayao Miyazaki. Salah satu film yang langsung ia gambar secara manual selain film ini juga terdapat pada film lain yang berjudul Princess Mononoke yang tayang pada tahun 1997. Seperti yang diketahui jika Hayao Miyazaki merupakan salah satu pendiri Studio Ghibli.

Dan tak dipungkiri jika setiap film animasi yang ia garap selalu memiliki kualitas cerita dan visual yang luar biasa. Dalam salah satu interviewnya, Toshio Suzuki yang merupakan CEO Ghibli sekaligus Produser. Mengungkapkan bahwa mereka memproduksi film ini dengan menggambar secara manual, sehingga mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Ia juga menjelaskan jika film ini juga dibantu oleh 60 animator yang mampu menciptakan durasi 1 menit setiap bulannya. hal ini berarti untuk satu tahun pengerjaan, mereka masih mengerjakan durasi 12 menit di film tersebut.

3. Diadaptasi dari Kisah Klasik Jepang

Fakta menarik selanjutnya adalah ternyata film animasi The Boy and The Heron ini terinspirasi oleh salah satu buku favorit masa kecil Miyazaki. Dan buku tersebut adalah novel yang berjudul How Do You Live? karya Genzaburō Yoshino.

Novel ini dirilis pertama kali pada 1937 silam, yang menceritakan tentang kehidupan anak laki-laki yang mencoba bertahan dan menjadi dewasa setelah kepergian sang ayah. Namun meskipun begitu, alur cerita dalam film animasi Studio Ghibli ini tidak terhubung dengan novel tersebut.

Demikian tadi sinopsis lengkap dan 3 fakta menarik tentang film The Boy and The Heron yang viral, bahkan ketika pertama kali film ini tayang. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan film ini yang berhasil meraup 13,2 juta USD di minggu pertama penayangannya.