Game

5 Cara Bermain Game Minecraft untuk Pemula di Survival Mode dan Creative Mode

×

5 Cara Bermain Game Minecraft untuk Pemula di Survival Mode dan Creative Mode

Sebarkan artikel ini
Cara Bermain Game Minecraft untuk Pemula

Isekainews.id – Cara bermain game Minecraft untuk pemula sebenarnya tidaklah rumit. Minecraft adalah sebuah game yang berisi permainan game sandbox tiga dimensi dan game ini bisa dimainkan oleh satu pemain maupun banyak pemain. Dengan game ini, para pemain dapat membuat konstruksi dari kubus-kubus 3D untuk membentuk suatu bangunan.

Minecraft merupakan jenis permainan yang dapat mengasah otak dan sudah dirilis sejak November tahun 2011 lalu. Pada awlnya, game yang dirancang oleh Markus Notch Persson ini adalah bernam Cave Game yang berisi pulau berlapis Dirt Blocks dan Cobblestone. Hingga kemudian pada tahun 2012, game ini berganti nama menjadi Minecraft.

5 Cara Bermain Game Minecraft Survival Mode dan Creative Mode

Cara bermain game Minecraft

Cara bermain game Minecraft untuk setiap mode,  sebenarnya tidak jauh berbeda. Perlu Anda ketahui, jika Minecraft ini memiliki dua jenis mode permainan, yaitu Survival dan Creative. Untuk Survival mode, mengharuskan para pemain untuk bertahan hidup sambil melakukan pembangunan dengan sumber daya yang ada. Sedangkan untuk mode permainan yang kedua adalah Creative mode.

Pada mode permainan ini, para pemain tidak memiliki batasan, seperti sumber daya yang tidak terbatas bahkan pemain juga bisa terbang. Di mode ini, pemain diberi kebebasan untuk membangun atau melakukan sesuatu sekreatif mungkin. Tanpa perlu merasa khawatir untuk bertahan hidup. Lalu, bagaimana cara bermain Minecraft untuk pemula pada Survival atau Creative mode? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Tentukan Pilihan Mode Bermain

Cara bermain game Minecraft pada tahap pertama adalah memilih mode permainan yang tepat. Sebenarnya ada lima mode yang tersedia, yaitu Survival, Creative, Spectator, Hardcore, dan Adventure Mode. Dan masing-masing mode ini sudah tentu memiliki aturan dan pengalaman bermain yang berbeda. Maka, bagi pemula sangat penting memahami perbedaan antara mode-mode tersebut, agar pemain dapat menikmati game Minecraft dengan optimal.

Meskipun tersedia dalam lima mode, namun hanya dua mode yang paling umum dimainkan, yaitu Survival Mode dan Creative Mode. Untuk Survival Mode menantang pemain agar dapat bertahan hidup di lingkungan yang berbahaya. Di mode permainan ini, para pemain harus menjaga kesehatan, menghindari kelaparan, dan melawan musuh. Sedangkan pada Creative Mode memungkinkan pemain untuk mengekspresikan kreativitas tanpa batas.

Tanpa perlu merasa khawatir akan bahaya atau tantangan. Dan cara bermain game Minecraft yang cocok untuk pemula. Namun, bagi beberapa orang, tantangan dari Survival Mode lebih menarik karena memadukan kebebasan kreativitas dengan tantangan bertahan hidup. Hal inilah yang membuat permainan menjadi lebih seru dan menantang. Dalam Survival Mode, ada beberapa dasar yang perlu diketahui pemain agar dapat bertahan hidup dengan lebih baik.

Dengan memahami dasar-dasar ini, pemain dapat menjelajahi dunia Minecraft dengan lebih baik. Serta dapat menikmati petualangan yang lebih seru. Memilih mode permainan merupakan sebuah keharusan bagi pemain saat ingin membuat “dunia baru” di Minecraft. Di Minecraft tidak ada batasan tentang berapa banyak dunia yang bisa dibuat pemain. Sehingga, pemain akan sangat mudah menciptakan dunia dengan Survival Mode atau Creative Mode.

2. Buat Rumah sebagai Tempat Berlindung

Cara bermain game Minecraft

Dalam Survival Mode, ada beberapa dasar yang perlu diketahui pemain agar dapat bertahan hidup dengan lebih baik. Jika pemain memilih Survival Mode, maka cara bermain game Minecraft yang terpenting adalah membangun rumah. Mulailah permainan ini dengan membuat tempat tinggal yang aman.Pasalnya, musuh atau mob yang muncul di malam hari bisa menjadi ancaman serius bagi pemain.

Maka, cara bermain game Minecraft adalah bangun rumah yang kokoh dan aman dengan desain rumah sesuai dengan selera, imajinasi, dan kebutuhan pemain. Pemain harus melakukan berbagai aktivitas seperti menebang pohon, menggali, dan lain-lain. Selanjutnya, keterampilan crafting sangat penting untuk mewujudkan rumah impian. Jangan khawatir jika rumah yang dibangun pada awal permainan terlihat sederhana.

Yang penting tempat tinggal yang cukup aman untuk melindungi diri dari serangan mob. Nantinya, seiring waktu dapat mengumpulkan lebih banyak peralatan, pemain dapat memperluas dan mengubah rumah sesuai dengan keinginan.

3. Memahami Cara Crafting Alat di Minecraft

Cara bermain game Minecraft selanjutnya adalah memahami cara crafting alat di Minecraft.
Langkah pertama untuk memulai crafting adalah dengan menyiapkan crafting table. Dengan crafting table ini, nantinya para pemain dapat menggabungkan dua atau lebih item menjadi sesuatu yang baru dan lebih bermanfaat.
Jika sudah, pemain perlu menemukan resep crafting untuk membuat item baru melalui buku resep.

Buku tersebut disusun rapi dalam beberapa tab, untuk memudahkan pemain menemukan berbagai jenis resep. Namun, pemain juga dapat mencari resep tertentu secara acak.  Namun, pemain juga bisa mencari resep tertentu secara acak.
Setelah pemain memilih sebuah item dari buku resep, maka bahan-bahan yang diperlukan akan otomatis muncul di kotak crafting. Jika bahan tidak tersedia, akan ditandai dengan warna merah.

Melalui proses crafting ini, pemain dapat menjelajahi dunia Minecraft untuk mendapatkan berbagai persediaan. elain itu, pemain juga bisa menghasilkan berbagai macam barang yang akan memperkaya pengalaman bermain.
Jika pemain memilih Creative Mode, maka tidak akan kekurangan alat

4. Cari Makanan dan Buat Lahan

Cara bermain game Minecraft dalam Survival mode, pemain harus aktif mencari bahan makanan dan buat lahan pertanian. Pasalnya makanan merupakan sumber utama pemain untuk dapat bertahan hidup. Ada berbagai cara mencari makanan, dapat dengan beternak sapi, ayam atau pun dengan berburu. Selain beternak dan berburu, pemain juga dapat bertani. Pemain dapat menanam gandum yang nantinya dapat diolah menjadi roti untuk makanan/

Demikian tadi 4 cara bermain game Minecraft di Survival Mode dan Creative Mode. Selamat bermain.