Anime

Anime Festival Asia Indonesia 2024: Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket

×

Anime Festival Asia Indonesia 2024: Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket

Sebarkan artikel ini
Anime Festival Asia Indonesia 2024: Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket

Isekainews.id – Anime Festival Asia Indonesia 2024 diketahui akan kembali digelar di Indonesia pada tahun ini setelah absen selama kurang lebih selama lima tahun. AFA ID dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 3 sampai dengan 5 Mei 2024 di Jakarta Convention Center (JCC Senayan).

Promotor hiburan dari Jepang terkemuka di Asia Tenggara dan pemilik Anime Festival Asia – SOZO, berkolaborasi bersama dengan dengan PK Entertainment. Bahkan, ada promotor dan agensi kreatif di Indonesia juga bekrlolaborasi untuk menghadirkan  Anime Festival Indonesia 2024.

Dengan luas arena pameran yang mencapai lebih dari 11.000 meter persegi, para pengunjung bisa menantikan berbagai macam kegiatan di Day Stage. Yakni termasuk pameran anime, sesi talkshow, dan masih banyak yang lainnya lagi. Yang mana akan memberikan pengalaman yang jauh lebih mendalam ke dunia budaya pop Jepang.

Maskot Anime Festival Asia

Festival ini diketahui telah meluncurkan visual utama acara yakni dalam sebuah kreasi menawan dari ilustrator Jepang yang sangat terkenal. Salah satunya ada LAM yang merupakan seorang desainer karakter untuk anggota Hololive Indonesia, Kureiji Ollie, dan lain sebagainya. Visual utamanya yang menampilkan maskot asli Anime Festival Asia, yakni ada Seika, yang dikelilingi oleh elemen-elemen ikonik Indonesia.

Hal ini termasuk motif batik pada syal dan ikat pinggangnya; Rafflesia Arnoldii pada topinya, dan ada siluet Monas – Monumen Nasional Indonesia di latar belakangnya. Koper Seika dihiasi dengan stiker logo ikonik AFA dan ada tag yang menampilkan simbol budaya Indonesia. Yang mana menyatu dengan pose Seika yang siap untuk bepergian ketika ia bersiap untuk berkeliling Indonesia ditemani dengan burung nasional Elang Jawa.

Rangkaian Acara dalam Anime Festival Asia 2024

Anime Festival Asia Indonesia 2024: Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket

Anime Festival Asia 2024 nantinya juga akan menjadi tuan rumah bagi ratusan peserta pameran. Yang mana akan menampilkan perpaduan antara pemain properti intelektual (IP) utama, kreator, cosplayer, dan masih banyak yang lainnya lagi. Bahkan menawarkan kesempatan unik bagi penggemar untuk bisa menjelajahi tren, merchandise, serta karya seni terbaru dengan lebih dekat.

Akiba Stage nantinya akan menampilkan artis internasional, lokal, dan regional, di samping berbagai macam pameran brand lainnya. Segmen ini akan menjanjikan perpaduan musik dan hiburan yang dinamis, yang mana akan mempengaruhi selera beragam komunitas anime dan lainnya.

Cosplayer internasional ternama HAKKEN juga akan mengadakan Fan Meet World Tour pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 di AFA Indonesia, tiket nantinya akan dijual secara terpisah. Cosplayer ini nantinya menghadirkan tamu cosplay populer misalnya seperti Clarissa Punipun, Thames Malerose, dan Byoru yang akan memukau para penggemarnya.

Para penggemar bisa menantikan pengisi acara yang menggemparkan saat mengumumkan fase pertama artis JPOP serta artis Anisong yang tampil di dalam Concert Stage. Pada Sabtu, I LOVE ANISONG nantinya akan kembali dengan penuh kemenangan bersama dengan Liyuu, NANO, Ayaka Ohashi, dan masih banyak yang lainnya lagi.

Pada Ahad, 5 Mei 2024, SACRA MUSIC FES hadir untuk pertama kalinya di Indonesia. Yang mana disponsori oleh Crunchyroll, para penggemar nantinya dapat menyaksikan Sangatsu no Phantasia, Shuka Saito, ASCA, ClariS, dan Who-ya Extended.

Selain cosplay, di dalam Anime Festival Asia Indonesia juga akan diadakan konser. Konser ini pun diketahui akan menghadirkan beberapa musisi asal Jepang. Tidak hanya itu, musisi-musisi yang diundang juga merupakan musisi yang berkaitan dengan dunia anime.

Tidak menutup kemungkinan ada beberapa artis dan musisi Indonesia, yang berkaitan erat bersama dengan anime dan game Jepang akan diundang ke dalam rangkaian festival ini. Informasi tentang musisi yang diundang untuk hadir saat ini masih belum diketahui. Informasinya nantinya akan tercantum pada media sosial penyelenggara festival ini.

Tiket Anime Festival Asia 2024

Tiket nantinya akan dirilis secara bertahap yang mana akan dimulai dengan Paket VIP Early Bird 2 Hari. Berdasarkan dari informasi yang diambil dari website resmi animefestival.asia, pembelian tiket awal direncanakan dimulai pada tanggal 16 Maret 2024 sampai 24 Maret 2024 pada pukul 23.59 WIB. Adapun tiket yang dijual yaitu tiket 2-Day Early Bird Concert VIP Packages.

Tiket Anime Festival Asia Indonesia ini sudah bisa dibeli oleh calon pengunjung dengan membayar biaya sebesar Rp2.500.000. Pemegang tiket ini nantinya akan mendapat keuntungan yang berupa:

  • 2-day concert VIP,
  • 2-day exhibition + stage concert access,
  • Fast lane (antrean prioritas),
  • Special VIP (lanyard + pass)

Harga tiket Konser VIP, GA Konser, Pameran + Stage dan Khusus Pameran nantinya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Mengenal Anime Festival Asia

Anime Festival Asia Indonesia 2024: Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket

Anime Festival Asia adalah sebuah ajang pertemuan Budaya Pop Jepang pada saat ini. AFA diketahui telah menyelenggarakan lebih dari 30 acara yang menampilkan lebih dari 520 penampil, lebih dari 2.300 peserta, bahkan telah mendatangkan lebih dari 2,3 juta pengunjung di dalam 6 kota dari Singapura sampai Tokyo. Acara unggulan AFA Singapore ini telah menerima penghargaan Outstanding Leisure Event Award di Singapore Tourism Awards pada tanggal 2023 dan 2029.

Pertama kali diselenggarakan yakni pada tahun 2012, AFA Indonesia telah memikat hati para penggemar Anime di Indonesia. Bahkan telah menciptakan peluang bisnis bagi industri ini di pasar lokal. Secara keseluruhan, AFA Indonesia telah berhasil menarik lebih dari 370.000 pengunjung setelah menyelenggarakan 7 acara yang berlokasi di Jakarta.

Kesimpulan

Itulah diatas pembahasan lengkap mengenai persiapan penyelenggaraan Anime Festival Asia Indonesia 2024. Bagi para pengunjung yang akan datang, maka bisa mempersiapkan diri untuk hadir dan membeli tiket penyelenggaraan festival ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi diatas mengenai Anime Festival Asia Indonesia 2024 bisa bermanfaat bagi Anda.