Anime

Anime Summer Ghost Menceritakan Tentang Apa? Ini Kisah dan Fakta Menariknya

×

Anime Summer Ghost Menceritakan Tentang Apa? Ini Kisah dan Fakta Menariknya

Sebarkan artikel ini
Anime Summer Ghost Menceritakan Tentang Apa? Ini Kisah dan Fakta Menariknya

Isekainews.id – Anime Summer ghost merupakan sebuah anime movie paling banyak disukai penggemar yang tayang pada tahun 2021 lalu. Anime dengan genre supranatural ini berkisah tentang tiga remaja yaitu bernama Tomoya, Aoi, dan Ryo yang ingin menemukan sosok hantu. Mereka ingin tahu bagaimana sudut pandang hantu tersebut di dalam melihat dunia.

Hantu ini hanya dapat ditemukan dalam waktu musim panas yakni dengan cara menyalakan kembang api. Akan tetapi, hanya orang  yang kehilangan gairah hidup saja yang dapat melihat hantu tersebut. Sedangkan ketiga remaja tersebut bisa melihatnya, kenapa mereka bisa melihatnya? Seperti apa kisah mereka bertiga ini? Simak pembahasannya di bawah ini.

Sinopsis Summer Ghost

Hantu dengan nama Ayane yang diilustrasikan sebagai sosok wanita bergaun hitam yakni usia sekitar 20-an. Tidak sama dengan hantu lain yang penampilannya menyeramkan, Ayane tampil dengan sosok yang cantik, baik, dan juga ramah. Rumor menjelaskan bahwa hantu ini mati bunuh diri, padahal tidak.

Aoi, Tomoya, dan Ryo merupakan remaja yang mempunyai kesulitan hidup masing-masing. Kesulitan ini mampu membuat mereka tidak lagi bersemangat dalam menjalani hidup. Ryo diketahui terkena penyakit mematikan yang umurnya sudah tidak akan lama lagi. Tomoya sangat dikekang oleh ibunya untuk bisa terus belajar dan berprestasi supaya bisa cepat masuk kuliah. Sedangkan Aoi sering di-bully di sekolah dan hal ini mampu membuatnya menjadi frustasi.

Sederhananya, mereka bertiga mempunyai misi untuk mencari jasad dari Ayane supaya ia bisa meninggalkan dunia dengan tenang. Namun faktanya, Summer Ghost ini tidak mati karena bunuh diri, melainkan ia dibunuh. Petualangan dalam menemukan jasad ini kemudian berbuah manis karena jasadnya berhasil ditemukan dalam sebuah koper yang telah terkubur.

Fakta Anime Summer Ghost

Anime Summer Ghost Menceritakan Tentang Apa? Ini Kisah dan Fakta Menariknya

1. Anime Summer Ghost Berkisah yang Relate dengan Kehidupan

Anime ini mempunyai alur yang sangat relate dengan kehidupan pada masa kini. Para remaja yang sering dihadapkan dengan masalah yang tidak diketahui oleh para orang tuanya. Mereka kebanyakan memendam masalahnya sendiri, namun terkadang ada juga beberapa teman yang dapat dijadikan sebagai tempat bercerita.

Adapun, kasus bullying di Jepang ini masih sering terjadi sama halnya di negara Korea Selatan. Aoi merupakan salah satu gambaran dari bullying yang tidak dilakukan secara verbal, namun secara fisik. Bullying termasuk dengan salah satu penyebab mengapa banyak orang Jepang yang melakukan bunuh diri.

Sedangkan para orang tua yang posesif kepada anaknya supaya terus berprestasi dan mendapatkan nilai tinggi juga masih banyak terjadi di masa kini. Tidak hanya di negara Jepang saja, tetapi beberapa negara lainnya juga masih terjadi kasus serupa. Ada banyak orang tua yang terobsesi supaya anaknya bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

Bahkan, jika nilai pada suatu pelajaran turun satu angka, maka anak tersebut bisa diceramahi sampai habis-habisan. Padahal faktanya, tidak semua anak senang untuk belajar dan berjuang di bidang akademik. Tomoya merupakan contohnya. Ia pintar, berprestasi, dan nilainya baik. Akan tetapi, sebenarnya ia suka dengan hal lain yaitu melukis.

Sayangnya, karena menghabiskan banyak waktu untuk belajar, ia kemudian tidak sempat untuk menekuni hobinya tersebut.

2. Nilai Moral dalam Anime Summer Ghost

Kurang lengkap rasanya jika menonton Anime tanpa tahu nilai moralnya. Tentu, Anime Summer Ghost ini mengandung nilai moral pembelajaran yang penting untuk bisa dipahami oleh para penontonnya.

Adapun, nilai moral yang ada di dalam anime ini yaitu:

  • Orang tua harusnya memberi ruang kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan juga bakatnya. Bukan hanya fokus terhadap nilai akademisnya saja.
  • Anak juga perlu mempunyai keberanian untuk jujur dan terus terang dalam mengungkapkan isi hati dan perasaannya kepada orang tua sendiri. Khususnya tentang hal yang mengganggunya, atau tentang apa saja yang diinginkannya.
  • Apapun masalahnya, bisa untuk menghadapinya dan jangan sampai berpikir untuk mengakhiri hidup.
  • Nikmati hidup yang sedang dijalani dengan penuh suka cita karena tidak ada yang tahu kapan kematian akan datang.
  • Saat dibully, harus mencoba untuk berbicara kepada mereka yang membully. Anda bisa ajak mereka untuk berdialog. Hal ini dilakukan karena saat mereka membully Anda, mereka pasti menganggapnya sebagai objek dan bukan subjek. Akan tetapi, ketika Anda berani berbicara, mereka akan menganggap Anda sebagai subjek

3. Desain Grafis yang Ciamik

Anime Summer Ghost ini diproduksi oleh Flat Studio. Sedangkan sutradaranya adalah Loundraw. Flat Studio dikenal sebagai studio animasi yang mana mungkin masih belum familiar di telinga para penggemar anime.

Akan tetapi, tidak dengan Loundraw yang namanya ini sangat populer di kalangan banyak orang. Loundraw merupakan penulis muda yang menghasilkan karya yang fenomenal. Diantaranya You Shine in the Moonlight, I Want to Eat Your Pankreas, dan Vivi Prototype.

Pada umumnya, banyak orang yang tidak terlalu paham dengan dunia desain. Namun, kebanyakan penggemar, suka dengan grafis yang ditampilkan pada anime Summer Ghost ini. Karena, tampilan dari karakternya cukup menarik dan mampu memanjakan mata. Grafisnya tidak jauh berbeda dengan anime Kimi no Nawa, yang mana tampilan animasi dari Summer Ghost ini sangat memuaskan.

Kesimpulan

Jika dilihat secara garis besar, anime ini sangat berkesan dan mempunyai nilai moral yang sangat relate dengan kehidupan di masa kini. Banyak penonton yang menantikan anime lain dengan alur cerita menarik dan penuh pesan moral sama seperti Anime Summer Ghost.

Demikian pembahasan tentang kisah yang diceritakan dalam Anime Summer Ghost. Semoga pembahasan singkat diatas bisa bermanfaat bagi para penggemar Anime!