Anime

4 Anime Tema Sejarah yang Mirip dengan The Apothecary Diaries

×

4 Anime Tema Sejarah yang Mirip dengan The Apothecary Diaries

Sebarkan artikel ini
Anime tema sejarah

Isekainews.id – Bagi Anda para penggemar anime tema sejarah, anime The Apothecary Diaries diketahui menyajikan kombinasi genre yang menarik. Anime ini diketahui diadaptasi dari novel karya Natsu Hyuga, yang mana berkisah tentang Maomao merupakan seorang apoteker dari distrik lampu merah yang direkrut untuk bisa melayani kaisar.

Pada awalnya, Maomao berniat untuk tidak mencampuri urusan istana. Akan tetapi, setelah mengetahui anak-anak kaisar menderita sakit parah, ia diam-diam memeriksa mereka dan kemudian menemukan penyebab penyakitnya.

Jinshi, merupakan seorang kasim yang sangat berpengaruh, yang mana sering melibatkannya dirinya dalam berbagai kasus yang membutuhkan keahlian Maomao. Diantaranya dalam bidang pengobatan, botani, dan kimia. Setelah diadaptasi menjadi light novel dan manga, The Apothecary Diaries pada akhirnya hadir dalam format anime.

Pada musim pertamanya telah selesai tayang. Para penggemar yang tidak sabar menunggu musim kedua, bisa menikmati rekomendasi anime tema sejarah yang mirip dengan The Apothecary Diaries. Yuk, simak langsung daftarnya!

1. Snow White With The Red Hair (2015)

Anime tema sejarah The Ancient Magus’ Bride mengusung genre fantasi, tetapi negara fiksi Ri yang ada di dalamnya mempunyai kemiripan yang kuat dengan Tiongkok kuno. Sementara untuk Snow White with the Red Hair menyajikan seting Eropa pada abad pertengahan yang lebih lumrah. Yang kedua, anime ini mempunyai benang merah yang menarik. Keduanya berkisah tentang perempuan berpendirian teguh yang terseret di dalam pusaran drama kerajaan.

Shirayuki, merupakan gadis dari Kerajaan Tanbarun yang berprofesi sebagai penjual herbal. Walaupun Pangeran Raj jatuh hati kepadanya, Shirayuki lebih memilih untuk melarikan diri daripada menjadi selir dari sang pangeran. Ia lalu menetap di sebuah Kerajaan Clarines, negara tetangga, kemudian menyelamatkan Pangeran Zen yang terkena racun.

Shirayuki lalu diangkat menjadi herbalis istana. Di sana, ia membantu orang lain dengan keahlian medisnya dan pada akhirnya menemukan cinta sejati.

2. Moriarty The Patriot (2020)

anime tema sejarah

Bagi Anda para pecinta kisah detektif Sherlock Holmes, anime tema sejarah Moriarty the Patriot menyajikan perspektif yang segar. Serial ini menampilkan cerita detektif klasik dari sudut pandang Moriarty, yaitu musuh bebuyutan Sherlock Holmes.

Berlangsung pada pengujung abad ke-19, kisah ini berfokus pada Albert Moriarty yang mengangkat dua anak yatim piatu menjadi adiknya. Ketiga saudara tersebut lalu bersatu untuk menjatuhkan para bangsawan Inggris yang korup. Adik tengah, William, merupakan karakter yang paling ambisius. Ia sering merancang kejahatan sempurna dengan skema yang sangat rumit.

Satu-satunya halangan bagi William, yaitu Sherlock Holmes. Ketika Sherlock berhasil mengungkap salah satu rencana William, sang penjahat malah justru menjebaknya dalam kasus pembunuhan. Hal ini dilakukan oleh William semata-mata hanya untuk melihat bagaimana keahlian detektif jenius itu dapat menyelamatkannya dari jeratan hukum.

Sejak pada saat itu, terjalin hubungan yang unik diantara keduanya. William kemudian mencoba untuk memanfaatkan Sherlock dalam rencananya. Hal ini dilakukan untuk mereformasi masyarakat, sementara Sherlock yang lebih memilih untuk tidak terlibat, tetap melihat William sebagai seorang teman. Dalam serial ini, kisah dari detektif legendaris tersebut diceritakan dengan melalui sudut pandang Watson, yang pada akhirnya menjadi novel Sherlock Holmes klasik.

3. Mushishi (2005)

Walaupun diakui sebagai salah satu anime tema sejarah terbaik, Mushishi mempunyai premis paling berbeda dengan The Apothecary Diaries di antara daftar ini. Persamaannya ada pada latar sejarah dan protagonisnya yang cerdas yang berniat untuk membantu orang lain. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar.

Mushishi yang berlatar di Jepang, pada peralihan antara era feodal Edo dan era modernisasi Meiji. Ginko, merupakan tokoh utama, alih-alih menjadi ahli pengobatan ia malah menjadi seorang peneliti mushi.

Mushi merupakan bentuk kehidupan paling primitif, akan tetapi berpotensi menimbulkan berbagai macam fenomena akibat kemampuan mereka dalam meniru hal-hal lain di alam. Hanya ada sedikit orang yang bisa merasakan keberadaan mushi, dan Ginko termasuk di antara segelintir orang tersebut.

Dia berkelana untuk melintasi negeri, memanfaatkan pengetahuannya sebagai seorang Mushi Master atau Mushi-Shi untuk bisa menolong orang-orang yang terkena dampak para mushi. Namun, jalinan cerita Mushishi ini lebih kompleks dibandingkan dengan sekadar pahlawan membasmi monster. Serial ini menyajikan misteri yang menggali pergulatan moral, konsep kemanusiaan, dan hakikat pada para mushi itu sendiri.

4. Gosick (2011)

anime tema sejarah

Jika dibandingkan dengan anime tema sejarah di daftar ini, Gosick atau dalam pelafalan Jepang dari kata gothic mempunyai seting yang mendekati era modern. Dengan berlatar pada tahun 1924, Kazuya Kujo merupakan pelajar yang berasal dari Jepang dikirim ke negara fiksi Alpen, Sauville, untuk menimba ilmu di St. Marguerite Academy.

Kedatangannya memunculkan banyak kecurigaan. Selain karena sentimen ras, sekolah ini menyimpan takhayul yakni pelancong yang datang pada musim semi membawa petaka.

Teman pertama yang didapat dari Kazuya hanyalah Victorique de Blois. Seorang gadis cantik anggun dengan kecerdasan luar biasa akan tetapi ber kepribadian dingin. Tanpa disengaja, Kazuya berperan sebagai seorang asisten detektif layaknya Watson untuk Victorique,  Sherlock Holmes.

Mereka kemudian memecahkan kasus bersama, di mana Kazuya sering menjadi sasaran cemoohan Victorique yang tajam. Meskipun begitu, hubungan keduanya berangsur membaik seiring dengan berjalannya waktu. Terutama pada saat masa lalu Victorique kembali menghantui hidupnya.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait anime tema sejarah yang mirip dengan The Apothecary Diaries. Demikian pembahasan terkait anime tema sejarah yang mirip dengan The Apothecary Diaries, semoga informasi yang disajikan di atas bisa bermanfaat.