Anime

8 Anime Tentang Kesehatan Mental, Mengandung Banyak Pelajaran Hidup!

×

8 Anime Tentang Kesehatan Mental, Mengandung Banyak Pelajaran Hidup!

Sebarkan artikel ini
Anime Tentang Kesehatan Mental

Isekainews.id – Anime tentang kesehatan mental diketahui telah menjadi platform yang kuat guna mengeksplorasi berbagai macam topik, termasuk kesehatan mental. Ada beberapa deretan anime tentang kesehatan mental dengan narasi yang mendalam dan karakter yang kompleks. Sampai, menjadi salah satu hiburan yang populer.

Anime tentang kesehatan mental ini mampu menggambarkan pengalaman manusia untuk menghadapi tantangan mental, dari depresi sampai kecemasan. Namun tetap menghadirkan cerita yang menginspirasi. Sampai, menjadi salah satu tema anime yang seru untuk Anda ikuti.

Ada apa saja ya anime-anime tersebut? Yuk, simak deretan anime tentang kesehatan mental, dengan kisah yang berfokus pada isu-isu tersebut dan dampaknya kepada penonton.

1. Wonder Egg Priority (2021)

Untuk anime tentang kesehatan mental paling terbaru yaitu ada anime berjudul Wonder Egg Priority. Anime ini diketahui mengikuti kisah Ai Ooto, yang membeli Telur Ajaib setelah sahabatnya, Koito Nagase, bunuh diri. Dengan memecahkan telur tersebut, Ai kemudian memasuki dunia di mana ia harus menyelamatkan orang-orang dari kesulitan.

Dia yakin hal ini akan membantu menyelamatkan Koito. Namun, ketika dia menjalankan tugasnya, Ai harus menghadapi trauma masa lalu, penyesalan, dan ketakutan. Di dalam dunia yang aneh ini, dirinya belajar tentang hubungan antara iblis yang ada di diri orang lain dan di dirinya sendiri. Sampai-sampai, ia menemukan pergulatan batin yang menyiksa manusia.

2. Sayonara, Zetsubou-Sensei (2007)

Anime tentang kesehatan mental

Rekomendasi anime tentang kesehatan mental yang kedua yaitu ada anime dengan Sayonara, Zetsubou-Sensei. Anime ini diketahui mengikuti Nozomu Itoshiki, yang mana merupakan seorang guru sekolah menengah yang sangat pesimis. Sampai-sampai ia sering merencanakan bunuh diri atas setiap kejadian sial.

Dirinya mempunyai murid Kiri Komori, Abiru Kobushi, dan Kafuuka Fuura. Dengan adanya alur cerita yang mengandung banyak unsur jenaka dan keunikan karakter, anime tentang kesehatan mental yang satu ini mengeksplorasi berbagai macam aspek kehidupan dan budaya Jepang dalam gaya komedi yang khas.

3. Say

Mempunyai unsur romansa, anime tentang kesehatan mental dengan judul SAY “I LOVE YOU” ini wajib untuk Anda tonton. Mengikuti kisah Mei Tachibana, yang mana diketahui ia menjauhi teman-teman karena pengkhianatan atas masa kecilnya. Namun, ketika dia bertemu dengan siswa populer, Yamato Kurosawa, hidupnya kembali berubah.

Walaupun pada awalnya enggan, Mei mulai merasa terhubung dengan Yamato tepatnya setelah dia menyelamatkannya. Hubungan mereka kemudian berkembang menjadi cinta, akan tetapi Mei menghadapi kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya. Sampai, kesalahpahaman dan tantangan datang pada hubungan mereka.

4. Welcome To The N.H.K (2006)

Anime Tentang Kesehatan Mental

Anime tentang kesehatan mental yang pertama yaitu ada anime dengan judul Welcome To The N.H.K. Anime ini diketahui mengikuti Tatsuhiro Satou, yang mana merupakan seorang hikikomori yang percaya pada teori konspirasi NHK. Ia bertekad untuk dapat melarikan diri dari isolasi dan mencari pekerjaan.

Dibantu oleh Misaki Nakahara, yang mana membuat Tatsuhiro harus menghadapi ketakutan akan masyarakat. Anime ini diketahui berfokus pada perjuangan Tatsuhiro untuk dapat mengatasi isolasi dan teori konspirasi. Sembari mencari jalan keluar dari kegelapan yang membelenggunya.

5. Nana

Anime Nana diketahui membawa penonton ke dalam rollercoaster emosional. Yakni dengan memperkenalkan mereka kepada dua wanita muda yang menjadi teman yang tak terduga dan terus-menerus menyiratkan jika persahabatan ini sudah hancur sejak awal.

Namun, ketika penonton mengenal Nana dan Hachi sebagai individu, menjadi sangat jelas jika mereka terus melawan iblis pribadi mereka walaupun terlihat keren dan tenang.

Dari perasaan rendah diri karakter Hachi yang terinternalisasi sebagai seseorang yang patah hati berulang kali sampai-sampai Nana yang mengalami serangan panik memikirkan kehilangan orang-orang yang disayanginya. Ketidakamanan dari pasangan ini pasti akan bergema di hati para penonton.

Penggambaran jujur terkait keraguan diri dan rasa tidak aman yang mendalam merupakan salah satu dari banyak alasan kenapa Nana dianggap sebagai karya klasik yang tak lekang oleh waktu.

6. March Comes In Like A Lion (2016)

Kemudian ada anime dengan berjudul March Comes In Like A Lion. Anime tentang kesehatan mental yang satu ini berkisah tentang Rei Kiriyama. Ia merupakan seorang pemain shogi profesional yang mencapai status elit di usia muda. Bahkan dia pindah ke Tokyo untuk bisa melarikan diri dari tekanan dan konflik di rumah.

Di sana, ia bertemu dengan keluarga Kawamoto yang hangat. Mereka merupakan Akari dan kedua adik perempuannya, Hinata dan Momo. Pada pertemuan ini, mereka membantu Rei untuk melawan kesepian dan trauma masa lalunya, hal ini dapat memberinya dukungan emosional yang dia butuhkan.

7. Death Parade (2015)

Anime Tentang Kesehatan Mental

Anime Death Parade diketahui juga masuk ke dalam daftar anime tentang kesehatan mental. Anime ini mengikuti kisah dari Decim, yang mana bekerja di Quindecim, sebuah bar untuk para jiwa yang baru saja meninggal. Bar ini diketahui mengajak bermain para jiwa dan menentukan apakah jiwa akan bereinkarnasi atau lenyap.

Namun, segalanya berubah saat seorang amnesia muncul, memaksa Decim untuk dapat mempertanyakan praktiknya sendiri. Dengan melalui permainan-permainan yang mempertaruhkan jiwa, sifat manusia terungkap, kemudian membuka jalan bagi pertanyaan yang mendalam terkait moralitas dan tujuan hidup.

8. Orange (2016)

Anime tentang kesehatan mental dengan judul ORANGE ini berkisah tentang Naho Takamiya, yang mana menerima surat dari dirinya 10 tahun di masa depan. Surat tersebut diketahui memperingatkan dirinya tentang penyesalan yang dialami dan menyarankan untuk bisa menjaga Kakeru Naruse, seorang murid pindahan.

Naho, yang sangat ingin mengubah masa depan, berusaha sangat keras untuk mengikuti petunjuk surat itu dan melindungi Kakeru dari kesedihan. Dengan bimbingan surat tersebut, Naho berusaha keras untuk bisa mencegah Kakeru dari kesalahan yang akan mengantarnya pada penyesalan.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap tentang beberapa anime tentang kesehatan mental yang bisa Anda tonton. Dengan melalui representasi yang kuat, anime tentang kesehatan mental yang disebutkan di atas mampu menginspirasi penonton untuk memahami dan menghargai perjuangan manusia.