Anime

Nostalgia Pedesaan! Ini Rekomendasi Anime Terbaik untuk Penggemar Stardew Valley

×

Nostalgia Pedesaan! Ini Rekomendasi Anime Terbaik untuk Penggemar Stardew Valley

Sebarkan artikel ini
Nostalgia Pedesaan! Ini Rekomendasi Anime Terbaik untuk Penggemar Stardew Valley

Isekainews.id – Stardew Valley merupakan sebuah game simulasi pertanian yang dirilis sekitar tahun 2016. Game ini sering disebut dengan salah satu game kasual terbaik sepanjang masa. Raja game santai ini menyajikan pengalaman bermain yang menenangkan. Sampai saat ini, game ini masih menjadi standar emas untuk game kasual berkat adanya atmosfer yang nyaman dan unik.

Hal yang lebih menarik, suasana tenang dan damai yang disajikan dalam Stardew Valley juga dapat ditemukan di dalam anime. Anime mempunyai genre tersendiri yakni iyashikei, yang khusus menyajikan serial anime bertujuan memberikan efek relaksasi dan healing buat bagi para penonton. Namun, tidak hanya genre iyashikei saja, anime mempunyai banyak pilihan serial lain yang menyajikan pengalaman menyenangkan bagi para penggemar.

Mulai dari cerita kehidupan sehari-hari (slice-of-life) dengan berlatar pedesaan sampai komedi ringan yang berfokus pada keindahan keseharian. Anime seperti halnya Stardew Valley ini menyajikan pengalaman yang damai dan menenangkan. Lalu ada anime apa saja? Yuk, simak pembahasannya!

1. Non Non Biyori (2013)

Genre Cute Girls Doing Cute Things sering menyajikan kisah yang ringan dan menghangatkan hati. Bagi para penggemar suasana pedesaan yang damai sam halnya dengan Stardew Valley, anime Non Non Biyori wajib masuk ke dalam daftar tontonan. Anime ini bagaikan surat cinta untuk hal sederhana dalam hidup.

Non Non Biyori berkisah tentang keseharian sekelompok siswi ceria yang tinggal di suatu desa terpencil yakni bernama Asahigaoka. Kehidupan di desa ini dapat dikatakan sederhana. Asahigaoka minim hiburan, bahkan jumlah siswanya hanya ada lima orang, salah satunya yaitu Hotaru yang merupakan gadis baru yang pindah dari hiruk pikuk kota Tokyo. Meskipun begitu, desa Asahigaoka mempunyai pesona tersendiri yang sulit untuk ditemukan di kota besar.

Setiap hari berlalu para siswi di Non Non Biyori memang jauh dari kata menegangkan. Mereka tidak berpetualang ke tempat berbahaya atau menghadapi musuh yang kuat. Namun, cara mereka bersenang-senang dengan hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari justru membuat penonton ikut merasakan damai dan terhibur.

2. Natsume’s Book of Friends (2008)

Nostalgia Pedesaan! Ini Rekomendasi Anime Terbaik untuk Penggemar Stardew Valley

Bagi para penggemar anime santai atau stardew valley, Natsume’s Book of Friends merupakan pilihan yang tepat. Sama halnya dengan Stardew Valley, anime Natsume’s Book of Friends ini berlatar di suatu pedesaan. Tokoh utamanya yaitu Takashi Natsume, mempunyai kemampuan spesial: Ia bahkan bisa melihat yokai, sebutan makhluk halus dalam cerita rakyat Jepang. Kemampuan ini diketahui diwarisi dari neneknya, beserta sebuah buku yang bernama “Yuujinchou” (Buku Teman).

Yang lebih unik, para yokai dalam Natsume’s Book of Friends tidak digambarkan menyeramkan. Namun sebaliknya, mereka justru ingin dibebaskan dari ikatan yang ada dalam buku tersebut dengan bantuan dari kekuatan Natsume. Seiring semakin dalam ia terlibat dalam dunia spiritual, Natsume semakin menghargai peran uniknya yakni sebagai penengah antara yokai dan manusia. Penonton nantinya akan ikut terhanyut dalam petualangan Natsume yang damai, baik dalam kegiatan kesehariannya sebagai remaja atau pada saat berinteraksi dengan para yokai.

3. Barakamon (2014)

Apakah pernah terbayang meninggalkan hiruk pikuk kota kemudian menyatu kembali dengan alam? Pengalaman inilah yang disajikan dalam anime Barakamon. Adapun, anime ini mengusung genre komedi slice-of-life. Seishuu Handa yang merupakan tokoh utama. Pada awalnya Seshuu Handa dikirim ke Kepulauan Goto yang asri sebagai hukuman dari sikapnya yang sombong.

Akan tetapi, seiring waktu, Seishuu mengatasi sikap angkuh dan rasa frustrasi pada awalnya. Ketika ia mulai mengenal para penduduk desa yang bersahabat, lingkungan tersebut secara perlahan mampu membantunya menjadi pribadi yang lebih dewasa. Tidak hanya itu, pengalamannya ini memengaruhi Seishuu dalam bidang yang ia tekuni, yakni bidang seni kaligrafi.

Ada banyak sekali persamaan antara Kepulauan Goto dan Stardew Valley. Keduanya sama-sama mempunyai masyarakat yang erat dan ramah, yang mana mampu membuat para pendatang merasa diterima dengan hangat. Hal inilah yang membuat kedua tempat ini terasa damai dan menyenangkan. Bahkan cocok untuk mereka yang ingin melepas penat dari kehidupan melelahkan..

4. Tales from Moominvalley (1990)

Nostalgia Pedesaan! Ini Rekomendasi Anime Terbaik untuk Penggemar Stardew Valley

Tales from Moominvalley merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari seri novel Finlandia populer karya dari Tove Jansson. Anime ini tergolong unik karena meskipun mempunyai pengaruh budaya yang besar di seluruh dunia, popularitasnya di Barat tidak sangat tinggi. Namun, bagi banyak orang, Tales from Moominvalley merupakan anime klasik yang dapat membangkitkan kenangan masa kecil. Tidak sama dengan anime pada umumnya, Tales from Moominvalley masuk ke dalam genre slice-of-life fantasi yang nyaman dan menenangkan.

Anime ini berkisah tentang keseharian Moomin, sekeluarga troll yang sangat menggemaskan. Mereka tinggal di desa yang damai dan sering terlibat dalam petualangan ringan dan menjalin persahabatan yang hangat. Walaupun Tales from Moominvalley adalah anime anak-anak, pesona ceritanya dapat memikat penonton segala usia. Anime ini bagaikan pelarian yang sangat sempurna untuk mereka. Khususnya mereka yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan bersantai dalam dunia fiksi yang penuh dengan penerimaan dan kasih sayang.

Kesimpulan

Bagi Anda para penggemar Stardew Valley yang ingin menyelami dunia anime dengan nuansa yang sama, anime-anime di atas merupakan rekomendasi paling cocok. Setiap anime menyajikan cerita unik dan menghibur dengan sentuhan kehidupan pedesaan yang mampu menenangkan pikiran dan penuh makna. Temukan kisah favorit Anda dan rasakan pengalaman bermain Stardew Valley yang tidak terlupakan dalam format anime.

Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disajikan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda para penggemar Stardew Falley!