Anime

Daftar Anime yang Trinspirasi Oleh Dragon Ball, Ada Anime The God Of High School!

×

Daftar Anime yang Trinspirasi Oleh Dragon Ball, Ada Anime The God Of High School!

Sebarkan artikel ini
Daftar Anime yang Trinspirasi Oleh Dragon Ball, Ada Anime The God Of High School!

Isekainews.id – Dragon Ball adalah sebuah series anime karya Akira Toriyama yang sangat populer di dunia. Dimana banyak anime yang terinspirasi oleh series ini. Rilis di era 1980an, Dragon Ball adalah salah satu mahakarya yang sangat luar biasa dari Akira Toriyama. Popularitas pada seriesnya sendiri masih bertahan sampai sekarang.

Kabar duka muncul pada tanggal 8 Maret 2024 kemarin di mana Akira Toriyama dikabarkan meninggal dunia. Di sepanjang karirnya sebagai seorang mangaka, series  Dragon Ball banyak mempengaruhi series anime lain. Dibawah ini merupakan daftar anime yang terinspirasi oleh Dragon Ball.

1. Yu Yu Hakusho

Bersama dengan Naruto dan Dragon Ball Z, series animasi Yu Yu Hakusho diketahui menjadi salah satu series yang sangat populer di dunia. Cerita yang menarik dan karakter yang unik mampu membuat banyak orang tertarik pada series ini, termasuk para villainnya. Ceritanya yang berfokus pada Yusuke Urameshi dipaksa untuk menghadapi berbagai macam monster baik di dunia nyata atau di dunia iblis.

Yusuke sendiri adalah seorang murid SMA yang suka berkelahi. Kehidupannya sebagai berandalan akhirnya berubah saat ia tewas akibat menyelamatkan seorang anak kecil. Yusuke kemudian dihadapkan pada dua pilihan, yakni langsung pergi ke alam baka atau kembali untuk bereinkarnasi dengan misi untuk menjadi sosok Detektif Roh. Dan pada akhirnya, Yusuke pun memilih untuk kembali hidup.

Salah satu alasan kenapa karakter Yu Yu Hakusho menjadi anime yang terinspirasi dari Dragon Ball yaitu struktur narasi yang dihadirkan sangat mirip. Apalagi, saat seriesnya mulai memasuki arc yang sangat populer yakni Dark Tournament. Contohnya yaitu bagaimana hubungan antara mentor dan muridnya di dalam sebuah turnamen bela diri. Yoshihiro Togashi sendiri telah mengakui bahwa series yang di produksi terinspirasi dari mahakarya Akira Toriyama tersebut.

2. The God Of High School

Daftar Anime yang Trinspirasi Oleh Dragon Ball, Ada Anime The God Of High School!

Anime yang terinspirasi dari Dragon Ball yang kedua yaitu ada The God of High School. Perlu diketahui, Anime ini menjadi salah satu bukti bagaimana pengaruh dan popularitas Dragon Ball yang berhasil merambah ke seluruh dunia. God of High School sendiri adalah manhwa yang menggabungkan seni bela diri, kekuatan supernatural, serta kompetisi intens. Ceritanya yang berfokus pada sosok Mori Jin yang seorang murid yang ahli dalam bela diri Tae Kwon Do.

Iia kemudian ikut serta untuk berpartisipasi dalam sebuah turnamen agar bisa menemukan lawan terkuat. Dengan pertarungan yang dinamis serta adanya plot yang penuh kejutan, manhwa ini kemudian menyediakan hiburan untuk para pembacanya. Animenya sendiri diketahui diadaptasi oleh Mappa pada tahun 2020 kemarin. Salah satu hal yang mampu membuat seriesnya menjadi penerus dari anime Dragon Ball yaitu adanya kesamaan antara dua protagonis utama.

Mori Jin dan juga Goku sama-sama terinspirasi dari karakter Sun Wukong dalam cerita Journey to the West. Hal ini dapat dilihat dari semangat bertarung dari sang karakter, gaya bertarung yang cukup agresif, serta sikap dan tingkah lakunya. Fokus ceritanya ada pada turnamen pertarungan antar remaja. Yang mana menjadi salah satu poin kesamaan lainnya dari kedua karakter ini. Sayangnya, masih banyak penonton yang kurang menyadari terkait hal ini.

3. Gintama

Banyak penonton yang mungkin tidak menduga jika anime komedi yang sangat kocak ini terinspirasi dari series Dragon Ball. Gintama adalah sebuah anime komedi yang sangat dikenal banyak orang. Yakni sebagai series yang sering menghadirkan referensi ataupun menghadirkan parodi dari series anime lainnya. Gintama berfokus pada cerita dimana bumi harus mengalami invasi alien.

Gintoki Sakata bersama dengan teman-temannya berusaha untuk menghancurkan dan membebaskan bumi dari alien tersebut. Sering kali Gintama menghadirkan referensi pada series lain yang mana biasanya berupa karakter. Misalnya ketika Gintoki muncul dengan penampilan yang mirip dengan Luffy atau bahkan Goku. Mereka tidak pernah merasa ragu untuk menghadirkan komedi-komedi tersebut. Yang ana tidak jarang membuat para fans tertawa dengan terbahak-bahak.

Elemen pada anime Gintama yang terinspirasi dari Dragon Ball merupakan bagaimana seriesnya menyajikan arc yang banyak menghadirkan komedi epik. Chemistry yang terbangun diantara para penonton dan karakternya membuat alur cerita serius. Yang mana mereka hadir dengan jauh lebih bermakna dan membekas. Dalam hal ini, penonton nantinya akan ikut terbawa dalam cerita dimana struktur cerita ini disajikan terlebih dahulu oleh Dragon Ball.

4. Bleach

Daftar Anime yang Trinspirasi Oleh Dragon Ball, Ada Anime The God Of High School!

Sebagian besar penonyon tentunya sudah mengenal series anime Bleach. Anime ini merupakan salah satu dari tiga series besar yang ada di Shonen Jump, selain Naruto dan One Piece. Wajar jika anime ini pun sangat populer. Dimana diketahui seri animenya berjalan selama 366 episode yang berlangsung mulai dari tahun 2004 sampai dengan 2012. Seriesnya berfokus kepada sosok Ichigo Kurosaki.

Ichigo Kurosaki merupakan seorang murid SMA yang sekaligus merupakan sosok penting yang bergabung dengan Soul Reaper. Yang merupakan kelompok yang bertugas untuk melindungi manusia dari arwah jahat. Sebenarnya, pada awalnya series Bleach ini berjalan dengan cukup baik dan luar biasa. Sampai kemudian ratingnya pun mulai perlahan turun, yang membuat series ini dibatalkan sebelum arc terakhirnya dimulai, yakni Thousand Year Blood War. Arc ini diketahui memperlihatkan para Quincy yang kembali bertarung untuk menghadapi para Shinigami.

Kesimpulan

Kepergian dari tokoh Akira Toriyama memberikan kesedihan yang sangat mendalam bagi banyak orang. Bukan hanya para penggermar, namun juga banyak mangaka yang karyanya memang terinspirasi dari sosok Akira Toriyama. Dengan popularitasnya yang sangat luar biasa, serta berbagai hal revolusioner yang Toriyama Sensei hadirkan. Wajar saja jika kemudian banyak series anime yang terinspirasi dari anime Dragon Ball.

Itulah diatas pembahasan mengenai daftar anime yang terinspirasi dari Dragon Ball, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.