Anime

Mengenal Arti Shounen dalam Anime dan Manga Jepang, Ini Informasinya!

×

Mengenal Arti Shounen dalam Anime dan Manga Jepang, Ini Informasinya!

Sebarkan artikel ini
Arti Shounen dalam Anime dan Manga Jepang
xr:d:DAGBais_hXc:3,j:5454282918298977581,t:24040402

Isekainews.id – Ulasan kali ini akan membahas secara lengkap terkait arti shounen dalam anime dan manga Jepang. Para penggemar anime dan manga mungkin sudah sangat familiar dengan berbagai istilah yang sering disebutkan. Adapun, salah satu istilah yang sering disebutkan adalah shounen. Jika Anda baru mulai mengonsumsi media hiburan yang berasal dari Jepang ini, istilah shounen mungkin saja terkesan asing.

Jangan merasa khawatir, yuk cari tahu pengertian dari shounen dalam anime dan manga Jepang dalam pembahasan berikut ini. Jangan lupa cari tahu juga ciri-ciri anime dan manga yang masuk ke dalam kategori shounen. Dan contoh anime dan manga dengan genre shounen yang bisa menjadi bahan tontonan atau bacaan Anda selanjutnya!

Arti Shounen

Secara harfiah, shounen mempunyai arti sebagai anak laki-laki. Perlu diketahui, istilah shounen pada umumnya berfokus pada anak laki-laki di bawah umur 15 tahun. Jadi, anime dan manga yang disebut sebagai shounen ini ditujukan untuk penonton di usia tersebut.

Jadi, alih-alih genre (action, romance, fantasy, dan lainnya), shounen lebih cocok disebut dengan target demografi pada suatu karya anime atau manga.

Ciri-ciri Shounen

Mengenal Arti Shounen dalam Anime dan Manga Jepang, Ini Informasinya!
xr:d:DAGBais_hXc:5,j:8111406698632983615,t:24040402

Anime dan manga shounen pada umumnya mempunyai ciri-ciri khas sebagai berikut.

1. Mengandung Unsur Komedi

Meskipun sering melibatkan adegan pertarungan yang sangat menegangkan, anime dan manga shounen ini tidak lepas dari unsur komedi. Komedi merupakan salah satu unsur storytelling yang sering digunakan dalam anime dan manga shounen.

2. Protagonis Populer

Perlu diketahui, protagonis anime dan manga shounen pada umumnya merupakan pria muda dengan mindset positif. Mereka pada umumnya mempunyai hati yang baik, pemberani, dan penuh dengan tekad. Oleh karena itu, sangat mudah bagi penonton untuk bersimpati dan mendukung protagonis anime dan manga shounen, sehingga mereka nantinya bisa menjadi sangat digemari.

Mengingat anime dan manga shounen ini ditujukan untuk penonton muda, protagonist shounen diketahui menjadi contoh positif bagi mereka.

3. Visual yang Cerah

Salah satu ciri khas anime yaitu animasinya yang berwarna-warni dengan tampilan yang cerah. Dibandingkan dengan target demografis lainnya, shounen sering mempunyai desain karakter yang lebih heboh. Jika sering menonton ataupun membaca anime dan manga shounen, Anda akan sering melihat warna rambut yang terang. Yakni dengan model yang tidak realistis atau pakaian yang meriah.

4. Melibatkan Adegan Pertarungan

Kebanyakan anime dan manga shounen ini berhubungan dengan genre action. Sehingga tidak heran apabila anime dan manga shounen ini identik dengan adegan pertarungan yang menegangkan dengan dibekali animasi yang luwes.

5. Mengandung Pesan Positif

Anime dan manga shounen juga mengusung berbagai pesan positif, misalnya seperti semangat pantang menyerah, keadilan, sifat memaafkan, serta persahabatan. Nilai positif ini mempunyai peran penting dalam perkembangan karakter yang ada di dalam anime dan manga shounen.

Contoh Anime dan Manga Shounen

Mengenal Arti Shounen dalam Anime dan Manga Jepang, Ini Informasinya!

Apakah Anda merasa tertarik dengan anime dan manga shounen? Dibawah ini merupakan beberapa contoh anime dan manga shounen yang terkenal.

1. One Piece

One Piece merupakan salah satu anime dan manga shounen paling populer yang telah berlangsung sejak di akhir tahun 1990-an. Seri manganya ditulis dan diilustrasikan secara resmi oleh Eiichiro Oda, sementara animenya ini dirilis oleh studio Toei Animation.

One Piece diketahui mengikuti kisah Monkey D. Luffy dan kru bajak lautnya, Bajak Laut Topi Jerami. Mereka diketahui berlayar menjelajahi Grand Line dengan tujuan untuk mencari harta karun legendaris yang disebut sebagai One Piece.

2. Bleach

Bleach merupakan serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tite Kubo. Serial anime ini dirilis oleh studio Pierrot.

Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang remaja yang mendapatkan kekuatan seorang shinigami atau malaikat kematian. Bersama dengan teman-temannya, Ichigo membasmi roh jahat Hollow demi untuk membantu roh orang mati untuk menuju akhirat.

Bersama dengan One Piece dan Naruto, ketiga serial ini mendapat predikat The Big Three, sebab mereka adalah 3 serial shounen paling sukses di majalah Shounen Jump pada awal tahun 2000-an. Shounen Jump adalah majalah yang menerbitkan berbagai judul manga shounen.

3. Naruto

Manga Naruto ini diketahui ditulis dan diilustrasikan oleh Masashi Kishimoto. Sedangkan, animenya dirilis oleh studio Pierrot. Serial ini mengikuti perjalanan ninja muda yang bernama Naruto Uzumaki yang bermimpi menjadi hokage yaitu seorang pemimpin di desanya.

Adapun, serial animenya terbagi menjadi dua, diantaranya ada Naruto (2002-2007) yang bercerita tentang karakter Naruto yang masih anak-anak, dan ada Naruto Shippuuden (2007-2017) yang bercerita tentang Naruto remaja.

Kisah Naruto memang pada saat ini sudah tamat, akan tetapi Anda masih bisa menikmati kelanjutannya di dalam serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations. Yang mana menceritakan kisah anak-anak Naruto bersama dengan teman-temannya.

4. Haikyuu

Tidak semua anime dan manga shounen harus mempunyai unsur fantasi. Ada juga yang mempunyai setting dunia nyata. Misalnya seperti Haikyuu yang mengusung genre sports. Manganya ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate sedangkan animenya dirilis oleh studio Production I.G.

Haikyuu ini bercerita tentang Shoyo Hinata yang merupakan seorang anak SMA yang berjuang menjadi atlet bola voli hebat meskipun tubuhnya pendek.

5. Dr. Stone

Manga Dr. Stone ini ditulis oleh Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Boichi. Sementara untuk animenya dirilis oleh studio TMS Entertainment.

Serial yang satu ini tidak mempunyai banyak adegan aksi pertarungan layaknya seperti anime dan manga shounen lainnya. Dr. Stone ini diawali dengan cahaya hijau misterius yang merubah semua manusia di bumi menjadi batu. Beribu-ribu tahun kemudian, seorang anak SMA jenius yang bernama Senku Ishigami terbangun. Dan ia menemukan bumi yang tidak berpenghuni. Dengan kekuatan ilmu pengetahuan, ia bertekad untuk membangunkan semua manusia lain dan mengembalikan peradaban.

Kesimpulan

Itulah di atas penjelasan tentang pengertian shounen dalam anime dan manga Jepang lengkap dengan ciri-ciri dan contoh serial shounen. Kira-kira Anda tertarik dengan serial shounen yang mana? Demikian pembahasan kali ini, semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat ya!