Anime

Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

×

Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

Sebarkan artikel ini
Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

Isekainews.id – Menonton film anime yang bikin nangis adalah salah satu cara untuk menghibur diri dan merasakan berbagai macam emosi. Di balik kisahnya yang seru dan penuh dengan aksi, ada juga film anime yang mampu menyentuh hati dan mampu membuat penontonnya banjir air mata. Berikut ini adalah deretan film anime yang bikin nangis dengan kisahnya yang sedih dan menyentuh.

1. Weathering With You (2019)

Film karya Makoto Shinkai ini berkisah tentang Hodaka Morishima yang merupakan seorang remaja laki-laki yang kabur ke negara Tokyo dan bertemu dengan Hina Amano. Adapun, Hina Amano merupakan seorang gadis yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan cuaca.

Kisah cinta mereka diketahui diwarnai dengan berbagai macam rintangan dan pengorbanan yang mampu membuat film ini menjadi tontonan yang emosional.

2. Clannad: After Story (2008)

Film ini adalah sekuel dari anime Clannad dan berkisah tentang kehidupan Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa. Keduanya setelah menikah dan mempunyai seorang anak. Film anime yang bikin nangis ini dipenuhi dengan momen bahagia dan mengharukan, akan tetapi juga menunjukkan tragedi dan kesedihan yang harus mereka jalani.

3. Your Name (2016)

Kisah cinta unik dan penuh dengan fantasi antara Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana dikemas menjadi animasi yang indah dan soundtrack yang menyentuh hati. Akan tetapi, di balik romansa mereka, ada kenyataan pahit yang perlu dihadapi, membuat film ini mampu menjadi perpaduan antara kebahagiaan dan kesedihan.

4. A Silent Voice (2016)

Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

Film ini berkisah tentang Shoya Ishida yang merupakan seorang anak laki-laki yang pernah merundung seorang gadis tunarungu yang bernama Shoko Nishimiya. Saat mereka bertemu kembali pada masa SMA, Shoya dihantui dengan rasa penyesalan dan berusaha untuk menebus kesalahannya. Film ini diketahui mengangkat tema bullying dan penebusan dosa dengan cara yang sangat haru dan menyentuh hati.

5. Anohana: The Flower We Saw That Day (2011)

Anime yang bikin nangis ini berkisah tentang sekelompok teman masa kecil yang dihantui karena kematian salah satu teman mereka, yakni Menma. Jinta Yadomi, sang protagonis, berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah yang tertinggal. Dan membantu Menma mencapai alam baka. Film ini dilengkapi dengan momen nostalgia dan emosional yang sangat menyentuh hati.

6. Grave of the Fireflies (1988)

Film klasik karya dari Studio Ghibli ini memiliki kisah tragis dua anak yatim piatu yaitu Seita dan Setsuko. Mereka berdua berusaha untuk bertahan hidup di tengah kekacauan Perang Dunia II. Kematian, kelaparan, kesepian menjadi tema utama di dalam film ini. Kisahnya dijamin membuat Anda menangis pilu.

7. I Want To Eat Your Pancreas

Anime ini masuk ke dalam list anime yang bikin nangis, hal ini karena jalan ceritanya yang sangat menyayat hati. I Want To Eat Your Pancreas berkisah tentang seorang pemilik buku harian bernama Yamauchi Sakura. Dimana ia sedang menderita penyakit pankreas.

Tokoh utama di dalam anime ini, Haruki, tidak sengaja membaca buku harian Sakura dan kaget setelah tahu penyakit pankreas yang dideritanya. Haruki juga sangat terkejut bahwa ia adalah satu-satunya orang yang tahu penyakit Sakura. Lalu, Haruki berjanji akan menemani Sakura kemudian mewujudkan keinginannya sebelum meninggal dunia.

8. Plastic Memories

Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

Rekomendasi anime yang bikin sedih yang pertama yaitu ada Plastic Memories. Anime ini berkisah tentang sebuah kota di masa depan, dimana manusia hidup berdampingan dengan menggunakan android atau semacam robot. Yang mana wujudnya mirip dengan manusia dan mempunyai ingatan serta emosi layaknya seperti manusia.

Sayangnya, robot tersebut hanya mempunyai umur maksimal sampai sembilan tahun. Dalam anime ini, tokoh protagonis namanya Tsukasa Mizugaki jatuh cinta dengan android. Akan tetapi, kisahnya berakhir sedih karena usia android yang sangatlah terbatas.

9. Chrono Crusade

Rekomendasi anime yang bikin nangis mengharukan selanjutnya adalah Chrono Crusade. Anime ini mengambil latar belakang kota New York pasca Perang Dunia I, yang mana ketika saat itu terjadi pergolakan cukup besar dengan munculnya makhluk halus di seluruh Amerika Serikat.

Untuk mengusir hal tersebut, dibentuklah organisasi khusus yang namanya Ordo Magdalena. Namun usahanya untuk bisa mengalahkan para iblis tidak mudah. Bahkan tokoh utama di dalam anime ini, Rosette dan Chrono, harus melawan rasa trauma yang terjadi di masa lalu.

10. Elfen Lied

Elfen Lied adalah salah satu anime yang bikin nangis para penonton. Anime ini berkisah tentang Elfen Lied yang mengikuti seorang perempuan muda yang bernama Lucy. Lucy sendiri adalah seorang Diclonius, manusia dengan kekuatan yang sangat menakutkan.

Lucy dinilai menadi korban eksperimen dan membuat dirinya merasa tersiksa. Yang pada akhirnya Lucy berhasil lolos dengan cara membunuh semua orang di sekitarnya. Akan tetapi, ia mengalami cedera dan mampu membuat kondisinya seperti anak kecil.

11. Violet Evergarden

Sama dengan judulnya, anime yang bikin nangis ini berkisah tentang sosok remaja perempuan yang bernama Violet Evergarden yang mana telah pulang dari perang. Saat di medan perang, ia dimanfaatkan sebagai ‘senjata’ untuk melawan musuh.

Saat berusaha menjalani hidup dengan normal, Violet masih mempunyai trauma mendalam pasca perang. Untuk bisa menyembuhkan trauma tersebut, ia kemudian bekerja sebagai Auto Memory Doll. Dimana tugasnya adalah membantu untuk menerjemahkan pikiran orang menjadi sebuah kata di atas kertas.

12. True Tears

Siapkan Tisu! Ini 12 Deretan Film Anime yang Bikin Nangis

True Tears adalah sebuah serial anime yang bikin nangis dan romantis. True Tears berkisah tentang sosok anak laki-laki bernama Shinichiro Nakagami yang mana tinggal di bawah atap bersama dengan sosok perempuan yang ia sukai.

Akan tetapi, Nakagami mulai sadar ada hal yang berbeda saar gadis tersebut sedang berada di rumah dan di tempat lain. Pada akhirnya, Nakagami berusaha untuk membantunya sebisa mungkin dalam menghadapi masa yang sulit.

Kesimpulan

Nah, itulah diatas merupakan deretan 12 anime yang bikin nangis yang wajib untuk ditonton. Jadi, apakah Anda sudah berencana untuk menonton serial anime diatas? Jika iya maka Anda bisa menontonnya di dalam platform nonton anime legal seperti netflix, Bstation dan lainnya.