Anime

5 Macam Genre Anime Beserta Pengertiannya, Mana yang Kamu Suka?

×

5 Macam Genre Anime Beserta Pengertiannya, Mana yang Kamu Suka?

Sebarkan artikel ini
5 Macam Genre Anime Beserta Pengertiannya, Mana yang Kamu Suka?

Isekainews.id – Pembahasan kali ini akan membahas 5 macam genre anime yang berbeda, yakni mulai dari yang paling umum sampai yang lebih spesifik. Di dalam dunia anime, tersedia berbagai genre yang mencerminkan beragam tema dan cerita.

Dengan paham akan berbagai macam genre, Anda dapat melakukan identifikasi genre yang disukai dan menemukan anime yang sesuai dengan preferensi Anda. Sehingga dapat membantu Anda memperdalam pemahaman terkait genre anime yang beragam. Dengan begitu, Anda nantinya akan lebih siap untuk menjelajahi dunia anime dengan jauh lebih baik dan bisa mendapatkan pengalaman menonton yang jauh lebih memuaskan.

Macam-macam Genre Anime

Dibawah ini akan dijelaskan terkait 5 macam genre anime yang bisa Anda tonton, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Shounen

Shounen merupakan sebuah genre dalam anime yang menyajikan cerita yang ditujukan untuk remaja laki-laki. Fokus utama pada anime Shounen yaitu ada pada aksi, petualangan, dan ikatan persahabatan diantara karakter-karakternya. Anime Shounen diketahui menjadi anime yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan mampu menarik minat banyak orang dari berbagai kalangan usia.

Cerita yang ada dalam anime Shounen dipenuhi dengan aksi, yang mana mampu memberikan inspirasi bagi penontonnya. Bahkan bisa mendorong mereka untuk mengejar impian mereka sendiri. Attack on Titan adalah salah satu contoh anime Shounen yang menceritakan pertarungan melawan Titan yang suka memakan manusia.

2. Seinen

Seinen merupakan salah satu genre anime yang ditujukan untuk penonton dewasa, biasanya untuk pria berusia 18 tahun ke atas di sebut dengan Seinen. Genre ini menyajikan tema yang lebih matang dibandingkan dengan anime shounen yang pada umumnya ditujukan untuk remaja.

Genre ini berfokus pada pengembangan karakter dan cerita yang kompleks. Anime seinen tidak selalu mempunyai akhir yang bahagia, dan sering meninggalkan pertanyaan untuk dipikirkan oleh para enonton. Berserk, Vinland Saga, dan Monster adalah beberapa contoh anime Seinen.

3. Ecchi

Genre anime yang berfokus pada humor dan fan service bersifat sugestif secara seksual disebut dengan anime Ecchi. Genre ini sering menyajikan karakter wanita dengan kostum yang minim dan banyak adegan yang menggoda. Akan tetapi tidak sampai menunjukkan eksplisit secara langsung.

Anime Ecchi tidak ditujukan untuk semua orang, dan beberapa orang mungkin saja merasa tidak nyaman dengan kontennya. Akan tetapi, bagi mereka yang mencari anime dengan humor dan fan service yang ringan, anime Ecchi dapat menjadi pilihan yang tepat. Salah satu anime ecchi yang dapat Anda tonton yaitu Prison School.

4. Slice Of Life

Anime dengan genre Slice of Life berkisah tentang kehidupan sehari-hari. Genre ini cenderung tidak mempunyai alur cerita yang rumit ataupun aksi yang dramatis. Melainkan lebih fokus terhadap pengembangan karakter, humor, serta pesan moral.

Di dalam anime ini, para karakter utama sering melakukan aktivitas yang umum dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti pergi ke sekolah, bekerja, ataupun berkumpul bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Genre Slice of Life menyajikan pengalaman yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Bahkan dilengkapi dengan cerita yang mudah untuk dipahami, karakter yang menarik, dan pesan moral yang positif.

5. Isekai

Anime isekai menyajikan tentang karakter yang dipindahkan dari dunia nyata ke dalam dunia lain. Dunia ini bisa saja berupa dunia fantasi abad pertengahan, dunia game, bahkan dunia yang sama sekali lebih berbeda dengan dunia nyata.

Cerita isekai biasanya ikut serta dalam perjalanan karakter utama untuk beradaptasi dengan dunia baru dan menyelesaikan misi tertentu. Mereka sering mendapatkan kekuatan ataupun kemampuan khusus yang dapat membantu mereka di kehidupan barunya tersebut.

Ada beberapa anime isekai yang dapat Anda tonton diantaranya Isekai Nonbiri Nouka, That Time I Got Reincarnated as a Slime, dan anime Re:Zero.

Dengan banyaknya genre anime yang beragam, setiap penggemar anime pasti mempunyai kesempatan untuk bisa menemukan anime yang sesuai dengan selera. Dunia anime mampu menyajikan beragam pilihan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Tidak heran bahwa anime terus menjadi sumber inspirasi dan hiburan yang tidak terkalahkan bagi banyak orang di seluruh dunia.

Anime yang Paling Ditunggu di Pertengahan 2024

5 Macam Genre Anime Beserta Pengertiannya, Mana yang Kamu Suka?

1. My Hero Academia Season 7

Pastinya, selama bertahun-tahun, serial anime shonen My Hero Academia menjadi salah satu anime superhero papan atas. Yang mana mampu mendefinisikan era anime modern bersama dengan Attack on Titan dan Jujutsu Kaisen.

Ceritanya berlatar di dalam dunia yang hampir semua orang punya kekuatan super yang mana disebut dengan Quirks. Plotnya berpusat pada seorang anak laki-laki yang bernama Izuku Midoriya alias Deku, yang lahir tanpa Quirk.

2. Demon Slayer Season 4

Pada season sebelumnya, penonton sama-sama lihat plot yang semakin intens dengan terbunuhnya iblis kelas atas. Dan Nezuko yang faktanya merupakan iblis kebal dengan sinar matahari.

Season ke-4nya akan mengacu pada kisah Tanjiro dan kawan-kawan yang sedang berlatih bersama dengan para Hashira. Melalui poster terbarunya, ada 7 hashira yang akan berperan penting pada season anyar ini.

3. That Time I Got Reincarnated as a Slime

Tensei Shitara Slime Datta Ken atau yang disingkat dengan Tensura di season anyarnya akan hadir dalam 2 cour nih. Tensura dimulai dengan seorang pegawai yang mana tewas dan terlahir kembali ke dalam dunia fantasi sebagai slime biru. Tepatnya slime dengan kemampuan bak predator. Baru setelah mengalahkan Demon Lord Clayman, nantinya plot akan berfokus pada pertarungan Rimuru dan Hinata Sakaguchi. Yang mana merupakan salah satu lawan terkuat.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan terkait 5 macam genre anime lengkap dengan daftar anime yang paling di tunggu di pertengahan tahun 2024. Semoga informasi yang disajikan di atas bisa bermanfaat dan membantu para penggemar anime!