Anime

4 Rekomendasi Anime Tema Mitologi, Mengulas Tentang Peradaban Kuno

×

4 Rekomendasi Anime Tema Mitologi, Mengulas Tentang Peradaban Kuno

Sebarkan artikel ini
4 Rekomendasi Anime Tema Mitologi, Mengulas Tentang Peradaban Kuno

Isekainews.id – Pembahasan dibawah ini akan membahas secara tuntas terkait 4 rekomendasi anime tema mitologi yang mengulas tentang peradaban kuno. Ada apa saja ya? Berikut ini penjelasannya.

Serial anime dibawah ini menyajikan kisah-kisah tersebut dengan perspektif baru, menciptakan karakter berdasarkan pada nama dan identitas asli para dewa, dan melibatkan mereka dalam petualangan baru. Tidak hanya itu, anime dengan tema mitologi juga bisa menjadi media pembelajaran yang menarik terkait peradaban kuno dan kepercayaan mereka. Yuk, langsung simak daftar anime yang mengusung cerita tentang mitologi berikut ini!

1. Record of Ragnarok (2021)

Record of Ragnarok (2021) merupakan serial anime dengan genre dark fantasy dan seni bela diri yang ditulis oleh Shinya Umemura dan Takumi Fukui, yang mana diilustrasikan oleh Azychika. Pada setiap milenium, Dewan Dewa berkumpul untuk dapat menentukan nasib umat manusia. Banyak dewa yang beranggapan bahwa manusia tak layak melanjutkan hidup karena sejarah mereka yang cukup kelam dan penuh dosa. Namun, Brunhilde, seorang Valkyrie, mengusulkan untuk dapat memberi manusia satu kesempatan terakhir dengan melalui sebuah turnamen akbar. Jika manusia dapat mengalahkan para dewa, eksistensi mereka akan dipertahankan.

Record of Ragnarok menyajikan berbagai macam tokoh penting dari mitologi dan literatur lintas peradaban. Dewa-dewa Yunani yang kuat diantaranya seperti Zeus dan Poseidon, serta dewa-dewa yang kurang dikenal seperti Susanoo-no-Mikoto, Dewa Laut dan Badai dari mitologi Shinto, turut ikut serta dalam turnamen ini. Para dewa menunjukkan seberapa besar kekuatan dan keunggulan mereka, sekaligus mengungkapkan pandangan mereka terkait manusia. Pertarungan sengit antara manusia dan dewa dalam anime Record of Ragnarok mampu memberikan perspektif baru terkait pertanyaan abadi.

2. Fate/Grand Order: Absolute Demonic Front – Babylonia (2019)

4 Rekomendasi Anime Tema Mitologi, Mengulas Tentang Peradaban Kuno

Fate/Grand Order: Absolute Demonic Front – Babylonia (2019-2020) adalah sebuah anime yang diadaptasi dari game mobile populer Jepang yaitu berjudul Fate/Grand Order, bagian dari franchise Fate. Kisah dalam anime ini berpusat pada Chaldea, yang merupakan sebuah organisasi penyihir rahasia yang mempunyai tuga untuk menjaga kelangsungan umat manusia dengan cara memperbaiki Singularitas dalam sejarah. Dalam perjalanannya, master terakhir Chaldea, Ritsuka Fujimaru, serta demi-servant-nya, Mash Kyrielight, melakukan perjalanan ke Zaman Para Dewa, Mesopotamia sekitar pada tahun 2655 SM.

Di sana, mereka diketahui menghadapi berbagai ancaman mengerikan dari makhluk-makhluk iblis yang meneror penduduk Mesopotamia. Ritsuka dan Mash lalu bekerja sama dengan Raja Gilgamesh untuk dapat menghentikan makhluk-makhluk tersebut dan Aliansi Tiga Dewi yang mana berusaha untuk menguasai Uruk, kota benteng yang menjadi pertahanan terakhir dari umat manusia. Fate/Grand Order menyajikan kisah baru terkait Gilgamesh, Raja Uruk, seorang pahlawan legendaris pada mitologi Mesopotamia.

Gilgamesh dikenal dengan sosok yang pernah melawan berbagai macam makhluk buas yang dikirim oleh para dewa serta menjalin persahabatan erat dengan Enkidu, seorang manusia setengah dewa. Walaupun anime ini tidak sepenuhnya akurat dalam menggambarkan sosok Gilgamesh, berhasil untuk memperkenalkan karakter-karakter mitologis ini kepada para penonton yang mungkin masih belum mengenal Epic of Gilgamesh.

3 Kamigami no Asobi (2014)

Kamigami no Asobi merupakan serial anime dengan tema mitologi harem terbaik yang dirilis pada tahun 2014. Diketahui, anime ini diadaptasi dari novel visual Jepang karya dari Nippon Ichi Software dan Broccoli. Cerita bermula saat Yui Kusanagi, putri seorang pendeta kuil Shinto yang menemukan sebuah pedang misterius yang mampu membawanya ke dunia lain. Di sana, ia bertemu dengan Zeus, yang merupakan sang dewa muda, yang mana mengundangnya untuk bisa bersekolah di sebuah akademi khusus para dewa. Sekolah ini mempunyai tujuan untuk dapat membantu para dewa dalam memahami manusia, dan Yui menjadi satu-satunya perwakilan manusia yang ada di sana.

Dalam anime ini, para dewa diketahui digambarkan sebagai karakter bishonen yang tampan dan memesona. Mereka mempunyai penampilan yang menarik dan kepribadian karismatik yang dapat memikat hati kaum hawa. Akan tetapi, di balik penampilan mereka yang sempurna, anime ini menyoroti sisi lain dari para dewa, yakni perjuangan mereka dalam menghadapi masalah pribadi. Hal ini telah menunjukkan bahwa para dewa pun mempunyai sisi kerentanan seperti manusia biasa.

4. Ah! My Goddess! (2005)

4 Rekomendasi Anime Tema Mitologi, Mengulas Tentang Peradaban Kuno

Oh My Goddess!, dikenal juga dengan judul Ah! My Goddess! (2005) yang mana merupakan anime komedi romantis fantasi karya Kosuke Fujishima. Anime ini diketahui menceritakan kisah Keiichi Morisato, yang merupakan seorang mahasiswa yang tidak sengaja menghubungi Goddess Help Line yang kemudian bertemu dengan Belldandy. Ia merupakan seorang dewi. Keiichi secara bercanda meminta supaya Belldandy tetap bersamanya selamanya, namun Belldandy serius mengabulkan permintaan tersebut.

Karena tinggal di dalam asrama khusus pria, Keiichi dan Belldandy pada akhirnya pindah ke sebuah kuil Buddha. Kehidupan mereka semakin menyenangkan ketika Urd dan Skuld, kakak-beradik Belldandy, juga tinggal bersama mereka. Anime ini diketahui mengikuti kisah keseharian dari karakter Keiichi dan Belldandy sembari mengembangkan hubungan mereka dan menghadapi berbagai macam masalah dengan makhluk-makhluk gaib.

Oh My Goddess! Diketahui terinspirasi secara longgar dari mitologi Celtic dan Norse. Sebagai contoh, surga disebut dengan Valhalla dan neraka sebagai Niflheim. Anime ini menyajikan interpretasi unik dari Yggdrasil, pohon suci pada kosmologi Norse, yang digambarkan sebagai sistem superkomputer kompleks yang mampu menopang realitas. Oh My Goddess! menyajikan pendekatan yang menghibur pada mitologi Celtic dan Norse, dan mengangkat tema tabu tentang kemungkinan cinta antara manusia dan dewi ataupun makhluk supernatural lainnya.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait rekomendasi anime tentang mitologi yang mengulas peradaban kuno. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda para penggemar anime.