Anime

Review Anime Gangsta: Berkisah Mafia Tunarungu!

×

Review Anime Gangsta: Berkisah Mafia Tunarungu!

Sebarkan artikel ini
Review Anime Gangsta

Isekainews.id – Anime gangsta merupakan sebuah anime yang dirilis di tahun 2015 lalu. Adapun, anime ini dirilis secara resmi oleh Studio Manglobbe, yang saat ini telah bangkrut karena masalah pada bidang finansialnya. Adapun, studio tersebut diketahui memproduksi beberapa anime klasik. Diantaranya seperti Ergo Proxy dan Samurai Champloo.

Hanya saja, mereka diketahui memproduksi anime yang terlihat menjanjikan di awal saja. Akan tetapi, diakhir cerita terkesan mengecewakan. Hal ini karena kurangnya dana pada proses pembuatannya. Salah satunya yaitu anime Gangsta. Anime ini berakhir tanpa ada kelanjutan season 2.

Tapi bukan berarti anime Gangsta merupakan anime gagal. Perlu diketahui, anime ini mempunyai potensi sebagai anime yang keren. Hal ini karena, anime Gangsta mempunyai representasi mengenai tunarungu yang bertahhan dalam kehidupan kejam dan berbahaya.

Sinopsis Anime Gangsta

Gangsta merupakan salah satu seri komik buatan dari mangaka bernama Kosuke. Anime ini berkisah tentang dua orang yang lihai hidup dalam lingkup yang dikendalikan oleh para Mafia. Salah satu dari orang lihai ini yakni Nicolas Brown, dalam anime ini ia termasuk kedalam ras langka yang disebut dengan “Twilights”.

Twilights merupakan salah satu ras yang mempunyai kekuatan melebihi manusia biasa. Yang mana mereka meminum obat “Celeber”, berkat obat tersebut mereka menjadi lebih kuat dan cepat saat bertarung.

Jika dilihat dari sisi lain, hal yang didapatkan oleh Twilights merupakan kekuatan abnomar yang faktanya Twhilights mempunyai tingkat disabilitas yang tinggi sejak lahir. Nicolas merupakan salah satu contoh Twilughts yang terlahir sebagai tunarungu.

Tunarungu atau tuli bukan merupakan hal yang aneh di kalangan media terkenal dan juga dalam anime. Dalam anie gangsta, akan diperlihatkan dengan representasi tunarungu yang dapat bertahan dan berjuang untuk kehidupannya sendiri.

Sama halnya dengan anime Koe no Katachi, orang disabilitas kebanyak direndahkan dan tidak dihargai. Begitu juga dengan Nicolas. Waktu kecil, ia sering mendapatkan kekerasan dari ayah kandungnya sendiri yang merupakan anggota tentara. Hal ini menyebabkan Nicolah tumbuh menjadi pria yang tidak berperasaan.

Saat Nicolas mempunyai tugas untuk menjadi rekan Worick Arcangelo. Worick tahu bahwa Nicolas tak bisa mendengar. Faktanya, Worick juga mempunyai nasib yang sama seperti Nicolas. Mereka diketahui sama-sama diperlakukan kasar oleh ayahnya sendiri. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa ia bida paham dengan apa yang dirasakan oleh Nicolas.

Worick kemudian mengajarkan kepada Nicolas mengenai bahasa tubuh, dan membuat Nicolas merasakan kembali rasa kemanusiaannya. Tidak hanya dari segi representatif tunarungu, Gangsta juga bercerita begitu brutal dan berbahaya dunia mafia.

Anime Gangsta memiliki akhir cerita yang sangat menggantung, sehingga mampu membuat penonton sangat penasaran dengan kisah selanjutnya. Akan tetapi, karena kurangnya dana dan animasi yang dikerjakan dengan terburu-buru, memuat anime ini jatuh dalam rating yang buruk.

Jika ada kesempatan lain, Anime Gangsta bisa lebih layak diberikan kepada studio Shuka. Yang mana mereka sudah lebih berpengalaman dalam menganimasikan 91 Days. Yang mana anime ini sama-sama berfokus dalam dunia mafia atau bisa juga dikerjakan oleh MadHouse.

Duet Maut Handymen dalam Anime Gangsta

Review Anime Gangsta:

Berawal dari kota Ergastulum yang dikenal sebagai rawan kriminalnya, ada dua lelaki berandalan yang tinggal dipinggir kota. Laki-laki tersebut melakukan banyak cara untuk memukul hingga membunuh mata pencaharian mereka. Adapun, mereka berdua ini adalah Nicholas Brown dan Worrick Angelo. Bahkan, meeka disebut dengan Handymen atau Tukang serba bisa.

Akan tetapi, makan rukang disini adalah dalam konotasi negatif. Karena, tukang yang dimaksud adalah sebuah sebutan bagi tentara bayaran. Tentara tersebut bersikap tangguh dalam menjalankan misi yang diambil juga mustahil dilakukan oleh kriminal biasa.

Tugas dari Handymen adalah yang memicu adu domba diantara sekumpulan geng melawan mafia besar yang ada didalam kota Ergastulum. Bagaimana tidak, tindakan kriminal ini memicu seorang polisi keras yang bernama Chad Adkins. Ia bertindak sebagai perantara dua kubu ini. Tidak segan, Handymen memiliki tugas untuk membunuh satu geng kecil sampai geng kecil lainnya agar kedua mafia ini tidak mempunyai saingan yang kuat.

Sampai pada suatu hari, Worrick dan Nicholas malah menyelamatkan seorang wanita yang bekerja sebagai PSK dari tangan mafia besar. Adapun, wanita ini bernama Alex Bernadetto. misi dalam menyelamatkan satu PSK ini membuat mereka berdua akhirnya memutuskan untuk melindungi wanita terseut. Khususnya, dari incaran geng kecil sampai mafia besar yang pernah mempunyai Alex sebagai langganan nya.

Ada yang lebih mengejutkan lagi adalah tugas dari Handymen ini justru dikendalikan oleh nenek pemilik toko kecil dan menjual beragam poko. Ia adalah Joel Raveau, atau yang biasanya disebut dengan Nenek Joel. Adapun, nenek Joel merupakan nenek dibalik aksi nekat Handymen ini memiliki motif tersendiri. Hal ini agar si nenek tidak merasa terancam hidupnya oleh para gangster sampai dengan mafia.

Wilayah Kekusaan Mafia Besar di Dalam Anime Gangsta

Di dalam dunia Anime Gangsta Kota Ergastulum mempunyai mafia besar. Ada sebanyak 4 mafia besar yang sangat ditakuti dan juga berpengaruh. Mereka terdiri dari Paulklee Guild, Moroe Family, Crsica Family, dan juga Cristiano Family.

Paulklee Guild yang mempunyai pasukan setia yakni terdiri dari para Twilights. Kemudian ada juga Cristiano Family yang pada awalnya merupakan sebuah mafia besar di era 1970an. Lalu, pada akhirnya ia berhasil dikuasai wilayahnya oleh Monroe Family. Corsica Family juga diketahui merajai bisnis gelap seperti diantaranya perdagangan senjata sampai engan industri seks di kota tersebut.

Rincian wilayah kekuasaan mereka yaitu sebagai berikut:

  1. Cristiano Family : 02 Street, terletak di kawasan Selatan Ergastulum
  2. Corsica Family : Rahasia atau Tidak Diketahui
  3. Monroe Family : Mansion di kota Ergastulum yang dulunya bekas Arcangelo Family
  4. Paulklee Guild : 0 Street, terletak di kawasan Selatan Ergastulum. Persis dekat dengan Gerbang Selatan

Kesimpulan

Itulah diatas penjelasan lengkap mengenai review anime Gangsta. Walaupun tidak ada season 2, anime Gangsta ini tetap bisa dijadikan tontonan yang menarik. Apalagi jika Anda merupakan pecinta genre action dalam anime. Sekian pembahasan kali ini, semoga pembahasan review anime gangsta diatas bisa bermanfaat.