Anime

Review Anime Spriggan: Kisah Mengungkapkan Artefak Peradaban Kuno

×

Review Anime Spriggan: Kisah Mengungkapkan Artefak Peradaban Kuno

Sebarkan artikel ini
Review Anime Spriggan: Kisah Mengungkapkan Artefak Peradaban Kuno

Isekainews.id – Anime Spriggan (2022) merupakan salah satu serial original net animation (ONA) yang diadaptasi dari manga. Anime ini merupakan karya dari Hiroshi Takashige dan Ryouji Minagawa. Anime Spriggan diketahui diproduksi oleh David Production dan dirilis pada tanggal 18 Juni 2022 di Netflix.

Anime Spriggan mengusung alur cerita setelah beberapa tahun terjadinya Perang Dingin. Selanjutnya, ditemukan artefak kuno misterius yang disebut sebagai OOPArt (out of place artifacts) yang tersebar di seluruh dunia.

Pemerintahan nasional dan pasukan militer diketahui berlomba-lomba untuk mengungkapkan peninggalan peradaban kuno yang pernah menguasai bumi ini. Teknologi canggih dalam artefak tersebut menjadi sebuah senjata mengerikan jika jatuh di tangan yang salah.

Akan tetapi, ada ARCAM dan Spriggan yang merupakan sebuah organisasi yang menangani orang jahat yang akan mencuri artefak-artefak tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk menonton anime ini, sebaiknya Anda perlu membaca sinopsis dan review dibawah ini.

Alur Cerita Anime Spriggan

Bertahun-tahun yang lalu ada sebuah peradaban kuno yang memiliki teknologi canggih dan dikenal pernah menguasai bumi. Namun, pada akhirnya teknologi ini dihancurkan karena terjadinya penyalahgunaan. Kemudian, orang jaman dahulu meninggalkan pesan untuk generasi selanjutnya di dalam sebuah plakat yang dilengkapi dengan tulisan Ibrani kuno.

Tulisan di dalam plakat tersebut memberikan peringatan untuk generasi penerusnya. Dikatakan bahwa, teknologi canggih kuno wajib dilindungi dan tidak boleh jatuh ke tangan orang yang salah. Jika jatuh kepada orang yang salah, maka teknologi ini harus dihancurkan.

Suatu saat, ditemukan suatu reruntuhan kuno di kaki Gunung Fuji. Organisasi ARCAM kemudian mengundang seorang profesor jenius yang dapat memahami bahasa Ibrani Kuno. Dengan tujuan untuk memecahkan tulisan yang ada di dalam plakat yang ditemukan. Yamabashi Rie, kemudian datang dari Amerika untuk menguak tulisan kuno ini.

Akan tetapi, sejak kedatangan Rie ke Jepang, nyawanya selalu dalam bahaya. Ada beberapa organisasi asing yang mengincar reruntuhan kuno ‘Naga Api’ yang berusaha menculik Rie demi kekuatan besar yang ada di dalam reruntuhan itu.

Namun, Ominae Yu yang merupakan salah satu Spriggan yang terkenal dengan kekuatan supernya datang. Yakni dengan tujuan untuk menolong dan mengalahkan penjahat yang telah menculik Rie. Di hari yang berbeda, Yu kemudian mendapatkan misi baru untuk bisa mengungkap misteri kapal Noah kuno.

Namun, Angkatan Darat dari Amerika menyerang Yu tanpa berhenti, bahkan ada banyak rekannya yang menjadi korban secara tragis. Saat Yu hampir terpojok, Jackmond Jean yang merupakan seorang Spriggan kemudian datang membantu Yu.

Tidak jauh dari tempat Yu berada, McDouggall yang mempunyai kekuatan iblis mengamati Yu bersama dengan rekan-rekannya. Ia kemudian bergegas untuk mendatangi tempat kapal Noah berada dan segera mengaktifkan kapal Noah yakni dengan menggunakan kunci yang dimilikinya.

Setelah bersusah payah, Yu dan Jean pada akhirnya berhasil menyusul McDouggall dan kemudian menyerangnya. Setelah penyerangan tersebut, Yu kemudian kembali diperintahkan untuk bisa menjalankan misi baru.

Saat ini ia diperintahkan untuk pergi ke dalam ‘Hutan Terkutuk. Dimana, para anggota pasukan ARCAM yang sebelumnya juga pernah datang ke sana. Akan tetapi tidak ada yang kembali. Begitu juga dengan beberapa tentara yang mencoba untuk pergi ke sana untuk bisa mencari artefak kuno.

Tidak disangka, di dalam hutan itu Yu kemudian bertemu dengan Somei Yoshino, yang dikenal sebagai seorang gadis pencari benda-benda antik yang dapat dijual. Namun, di kedalaman hutan terkutuk tersebut, mereka kemudian bertemu dengan ghoul yang berusaha untuk menyerang mereka.

Tak hanya itu, Yu dan Yoshino kemudian berpapasan dengan seorang tentara Trident, Akatsuki Iwao, yang terjebak di dalam hutan. Mereka kemudian memutuskan untuk bekerja sama agar menguak misteri yang ada di dalam hutan terkutuk itu.

Selain itu, di hari-hari berikutnya, Yu kemudian kembali mendapatkan misi baru, padahal sebenarnya ia hanya ingin menikmati masa-masa kehidupan yang normal yakni sebagai anak SMA. Apakah Yu akan berhasil melindungi artefak kuno lainnya yang menjadi incaran bagi para penjahat?

Anime Spriggan Terbagi Menjadi 6 Episode

Review Anime Spriggan: Kisah Mengungkapkan Artefak Peradaban Kuno

Dari total enam episode yakni dengan durasi 46 menit di setiap episodenya, anime ini mempunyai enam cerita berbeda yang ikut serta perjalanan Ominae Yu.

Diceritakan jika Ominae Yu adalah seorang ‘Spriggan’. Ia kemudian menjalankan sebuah misi rahasia dari organisasi ARCAM. Yakni dengan tujuan untuk melindungi atau menghancurkan artefak kuno, tergantung degan situasi di tempat kejadiannya seperti apa.

Total artefak yang diperlihatkan di dalam anime ini adalah berjumlah enam buah, yang mana tersebar di beberapa negara di dunia. Jika dilihat secara garis besar, keenam artefak kuno yang diperlihatkan dalam anime ini mempunyai kekuatan besar.

Karena artefak atau benda kuno tersebut memiliki kekuatan yang sangat hebat, mereka selalu menjadi incaran orang-orang militer untuk bisa dijadikan sebagai senjata pamungkas. Dan kemudian menariknya, walaupun disebut dengan artefak kuno, akan tetapi dengan kecanggihan artefak tersebut berhasil mengalahkan senjata modern.

Akhir Cerita Anime Spriggan Menggantung?

Visual di dalam anime spriggan ini menggunakan gabungan dengan CGI. Yakni beberapa visual CGI yang paling terlihat didalam anime ini merupakan saat memperlihatkan monster maupun artefak- kuno. Namun, sisanya terlihat sama seperti anime dengan kualitas gambar pada umumnya.

Dalam beberapa scene aksi di dalam anime ini, menampilkan adegan berdarah dan bahkan cukup gore. Jadi, tidak Anime ini tidak disarankan untuk ditonton bagi yang tidak suka dengan adegan kekerasan apalagi adegan dengan penuh darah.

Bagi Anda yang tidak membaca manga-nya, sebenarnya cerita dalam anime ini membingungkan, kecuali saat adegan aksinya yang dikatakan lumayan. Selain alur ceritanya yang biasa saja, anime ini diketahui berakhir dengan cliffhanger ending. Yang mana menyisakan berbagai spekulasi apakah akan ada lanjutan ceritanya ataupun tidak.

Kesimpulan

Jadi, dengan riview anime Spriggan diatas apakah Anda akan menonton anime ini? Hal ini tergantung dengan penilaian Anda. Jika Anda ingin menontonnya, maka Ana bisa menemukan Anime Spriggan ini di platform legal dan resmi yaitu Netflix.