Anime

Deretan Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime, Yuk Simak Penjelasannya!

×

Deretan Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime, Yuk Simak Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini
Deretan Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime, Yuk Simak Penjelasannya!
Deretan Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime, Yuk Simak Penjelasannya!

Isekainews.id – Tokoh Protagonis mempunyai peran yang sangat penting dalam menggerakkan jalan cerita dan mampu memengaruhi bagaimana cerita tersebut berkembang.

Adapun, salah satu cara protagonis dalam memengaruhi jalan cerita yaitu dengan melalui tindakan dan keputusan mereka. Tindakan mereka sering menjadi pemicu peristiwa yang terjadi selanjutnya dalam cerita. Misalnya saja, keputusan protagonis untuk bertarung melawan musuh menjadi pendorong utama untuk mengembangkan konflik yang lebih besar. Atau untuk memperkenalkan karakter baru yang penting dalam cerita.

Dapat dikatakan sangat sulit untuk mendefinisikan secara akurat apa yang membuat seorang protagonis anime yang baik. Hal ini karena konsep yang sangat berlapis-lapis dan rumit. Dibawah ini adalah deretan tokoh protagonis terbaik dalam anime, yuk simak penjelasan lengkapnya!

1. Shinji Ikari dari anime Neon Genesis: Evangelion

Shinji Ikari yang berasal dari anime Neon Genesis: Evangelion merupakan putra dari Gendo Ikari, komandan NERV. Setelah ditinggalkan oleh sang ayah hampir sepanjang hidupnya, ia dipanggil untuk menjadi pilot robot. Yang mana biasanya disebut dengan Evangelion Unit-01 ketika adanya Angel, yakni ancaman supernatural seperti kaiju.

Ia pun kemudian didoktrin untuk menjadi pilot permanen Evangelion Unit-01, yang mana hal ini bertentangan dengan keinginannya sendiri.

Sementara itu, banyak protagonis anime yang cenderung bersandar pada fantasi yang dapat mendorong semangat para penonton. Dan karakter-karakter mereka mempunyai tekad yang kuat, Shinji Ikari merupakan kebalikannya.

Yang mana, protagonis seperti Goku mempunyai kekuatan dan tekad untuk menang. Shinji diketahui mempunyai kecemasan, trauma, dan kebencian terhadap diri sendiri. Akan tetapi, di balik itu semua Shinji mempunyai rasa tanggung jawab yang kuat dan kepedulian yang mendalam.

Shinji merupakan seorang pemuda yang terluka oleh masa lalunya, dan daripada menjadi fantasi kekuatan bagi sebagian besar penonton. Ia bagaikan cermin karena Shinji merupakan tokoh protagonis yang hebat. Hal ini karena betapa nyatanya dia dengan realitas kehidupan, yang mana membuatnya semakin mudah dipahami bagi para penonton.

2. Guts dari anime Berserk

Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime
Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime

Setelah menjadi tentara bayaran hampir disepanjang hidupnya, Guts mulai menemukan tujuan baru dalam hidupnya. Khususnya setelah ia bergabung dengan Band of the Falcon.

Setelah ia menghabiskan begitu banyak waktu dengan mereka, Guts kemudian memutuskan untuk keluar dari Band of the Falcon. Dan ia mengejar mimpinya sendiri, yang mana membuatnya berada di jalur untuk berhadapan dengan God Hand.

Guts tak hanya menjadi anti-hero yang keren dengan berbakat baju zirahnya yang mengagumkan dan keahliannya dalam bertarung yang luar biasa. Melainkan, di atas semua itu ia merupakan karakter yang sangat menarik.

Di atas segalanya, Guts merupakan simbol perjuangan terus-menerus untuk melawan trauma yang dihadapi oleh banyak orang. Ia merupakan inspirasi bagi banyak orang yang telah mengalami penderitaan yang sangat luar biasa. Bahkan, ia tidak pernah mundur bahkan saat beban penderitaannya menjadi terlalu berat untuk ditanggung.

Setelah ia mengalami banyak patah hati dan penderitaan yang mengerikan, entah bagaimana ia kemudian menemukan cara untuk keluar dari trauma tersebut. Lalu, ia menemukan kekuatan untuk tidak pernah menyerah.

3. Lelouch vi Britannia dari anime Code Geass

Lelouch memulai hidupnya menjadi pangeran ke-11 Britania yang sangat dihormati, sampai pada suatu hari ia diasingkan ke Jepang sebagai sandera politik.

Kemudian, ia mendapatkan kekuatan Geass dari seorang wanita yang bernama C.C. dan kemuidan menggunakan kemampuan tersebut untuk mengendalikan orang lain supaya mencari pembunuh ibunya.

Lelouch kemudian menemukan cinta di antara para penggemar anime karena dedikasinya yang tinggi terhadap tujuannya sendiri. Walaupun terkadang ia dapat bertindak menakutkan dan cukup arogan. Lelouch sebenarnya mempunyai niat baik dibalik tindakannya yang terkadang mampu membuat orang lain terbunuh.

Ia membayangkan masa depan yang jauh lebih baik untuk dirinya sendiri, saudara perempuannya, serta seluruh dunia. Bahkan, dia tidak pernah peduli apakah dia hidup atau mati untuk bisa mendapatkannya.

Sifat karakter ini mampu membuatnya menjadi karakter yang aktif. Yang mana secara konsisten mampu mendorong plot cerita anime ini tetap hidup. Bahkan membuat serial ini sangat menarik setiap episodenya.

4. Usagi Tsukino dari anime Sailor Moon

Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime
Tokoh Protagonis Terbaik dalam Anime

Usagi bersama dengan teman-temannya akan kembali ke dalam seri game Sailor Moon yang akan diproduksi oleh Bandai Namco. Pada saat Usagi Tsukino diberitahu bahwa ia ditakdirkan untuk melindungi bumi dari kekuatan jahat. Ia diberi kekuatan super untuk menjadi pahlawan yang bernama Sailor Moon.

Setelah ia menemukan Sailor Guardians lainnya, ia kemudian memulai petualangan untuk memenuhi takdirnya dan menyelamatkan Bumi. Sailor Moon dapat dikatakan sebagai salah satu pahlawan super wanita terhebat sepanjang masa.

Ditayangkan di era dimana wanita tidak banyak mendapatkan representasi, Sailor Moon adalah panutan positif bagi anak-anak yang di seluruh dunia pada akhir tahun 90-an. Walaupun Usagi digambarkan sebagai stereotip remaja “gadis feminin”. Ia mampu melampaui stereotip tersebut dan menunjukkan bahwa feminitas tak hanya menunjukkan kelemahan. Ia tetap menjadi seorang pahlawan wanita yang kuat dan sukses.

Di bagian awal serial ini, Usagi terlihat tidak percaya diri. Akan tetapi, seiring berjalannya serial ini, ia menemukan bahwa lebih banyak kekuatan, dan ia mulai untuk menghilangkan perasaan negatifnya tersebut. Ia merupakan representasi yang bagus dari “cintailah diri sendiri” yang mampu memberikan pesan pentingnya untuk mulai mencintai diri sendiri.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan singkat terkait deretan deretan tokoh protagonis terbaik dalam anime yang perlu diketahui. Semoga informasi terkait deretan tokoh protagonis terbaik dalam anime yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.