Game

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

×

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

Sebarkan artikel ini
cara mengatasi lag mobile legends

Isekainews.id – Mobile Legends menjadi game Moba paling terkenal sekarang ini. Apalagi dengan dukungan dari developer yang membuat turnamen dan berbagai ajang bergengsi mulai dari kelas bawah sampai kelas internasional. Tak terlepas dari pengembangan game, Mobile Legends juga kadang dikeluhkan oleh pengguna yang mengalami lag. Dan kali ini kita akan mencoba membedah mengenai cara mengatasi Mobile Legends lag di semua ponsel.

Sebenarnya tak hanya game Mobile Legends saja, namun pada game lain juga mengalami masalah yang sama. Bahkan cenderung lebih parah jika tidak sesuai dengan spesifikasi dan jenis ponsel. Kebanyakan masalah ini emmang banyak dikeluhkan oleh para pengguna ponsel di era keluaran sebelumnya. Dan bahkan pada ponsel kelas papan bawah. Padahal game Mobile Legends ini termasuk jenis game yang online dan sangat mengandalkan ponsel.

Dalam segi kualitas dari genggaman ponselmu, kemudian pada jenis dan kestabilan dari jaringan internet yang kamu gunakan sekarang ini. Keduanya sangat berpengaruh. Bahkan dari segi kualitas ponsel. Mengingat sekarang ini game Mobile Legends terus melakukan patch pembaharuan sehingga bisa menimbulkan banyak pembengkakan dan keperluan ruang data berlebih untuk bisa menaruh data OBB dari game ini.

3 Cara Mengatasi Mobile Legends Lag

cara mengatasi mobile legends lag

Sering mengalami masalah lag tentu saja jangan pernah langsung panik. Kamu bisa menggunakan teknik kestabilan jaringan dan melakukan cek jaringan lebih dulu sebelum kamu main game ini. Jika pingnya bagus, tentu akan ada kemajuan dan laporan terkait kondisi jaringan. Jika ping merah, ini tandanya langsung menggunakan opsi dual jaringan.

Dari segi ini memang sangat melibatkan banyak jenis jaringan dan keadaan dari kondisi ponsel. Berikut beberapa tips agar kamu saat memainkan game Mobile Legends ini tidak langsung lag bahkan keluar aplikasi sendiri.

1. Spesifikasi Ponsel

Untuk bisa cara mengatasi Mobile Legends lag bisa pada ponselnya. Spesifikasi ponsel kamu juga sangat berpengaruh pada kemampuan menjalankan berbagai game dan aplikasi yang kamu butuhkan. Kejadian lag, lemot, lelet atau bahkan blank bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya karena spesifikasi dari ponsel baik mulai sistem Android dan hardware belum mendukung untuk menjalankan game yang kamu mainkan.

Kalau dari segi sistemnya saja, biasanya hanya dibutuhkan untuk melakukan upgrade. Upgrade sistem berada di bagian pengaturan tentang ponsel. Kemudian perbaharui mengenai sistem operasi ponsel. Atau bisa juga dari segi game Mobile Legends yang cenderung update. Perbaharui juga game Mobile Legends ke dalam versi terbarunya.

Cek terus di toko aplikasi mengenai pembaharuan. Game Mobile Legends memang berkembang dan terus dikembangkan oleh Moonton. Dan dari segi fitur maupun UI nya sekarang sudah berubah jauh dari awal game ini muncul. Apalagi dengan adanya berbagai kelas turnamen dari lokal, nasional sampai dengan manca negara.

Mobile Legends ini juga membutuhkan RAM dan ROM yang besar. Oleh karenanya  membutuhkan setidaknya RAM 4GB dan ROM 32 GB untuk menampung data game dari Mobile Legends. Kemudian kalau dari segi layar, lebih bagus dan nyaman di layar 5 Inch ke atas untuk memainkan game ini.

Akan terasa berat untuk masuk ke dalam game jika RAM juga sudah habis. Untuk itu, sesuaikan saja dengan jenis ponsel yang kamu punya. Kamu bisa menghapus game lain, aplikasi yang tidak terpakai, menggunakan game booster atau beberapa cara lain agar spasi pada ruang RAM dan penyimpanan lebih lega ketika ingin memainkan Mobile Legends.

2. Jaringan2f5cdb0800eb2998d4e184473f1b7843

Game Mobile Legends merupakan game Moba 5 vs 5 populer sekarang ini. Ini terkoneksi ke dalam jaringan dan akan masuk ke dalam server yang sama. Dari sekian banyak negara di dunia, karena Mobile Legends sudah mendunia, Mobile Legends juga mempunyai banyak server dari game ini. Dan memang akan lebih bagusnya lagi akan disesuaikan dengan server terdekat.

Jika lag karena jaringan kamu bisa melihatnya di bagian ping jaringan bagian atas. Sebelum melakukan permainan dan masuk ke dalam mode bermain, kamu bisa cek dulu kualitas jaringan yang kamu gunakan lebih dulu. Kemudian baru masuk ke dalam permainan.

Jaringan di dalam pengaturan game ini juga bisa disesuaikan. Bahkan dari segi kualitas grafis juga mempunyai pengaruh pada jaringan. Kemudian pada kebutuhan jaringan juga bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan. Misalnya saja pada dual jaringan. Penggunaan dual jaringan ini akan membaca bagian data jaringan seluler atau Wifi mana yang mempunyai sinyal bagus dan sudah terhubung. Maka dari Mobile Legends akan langsung mengaktifkan dan menggunakannya.

3. Pengaturan Grafis

Cara mengatasi Mobile Legends lag bisa pada grafisnya. Grafis pada game Mobile Legends ini ada beberapa jenisnya. Mulai dari biasa, menengah dan HD. Untuk menggunakan kebutuhan jaringan yang minim, kamu bisa menggunakan jaringan yang klasik dan biasa saja. Untuk kebutuhan jaringan dengan tampilan HD, koneksi jauh lebih lambat jika kualitas sinyal yang kamu gunakan kurang maksimal dalam hal kecepatan.

Demikian beberapa cara mengatasi Mobile Legends lag berdasar pengalaman yang kami alami. Semoga bisa membantu!