Game

Tips Cara Main Roblox Bagi Pemula 2024, Catat Baik-baik Ya!

×

Tips Cara Main Roblox Bagi Pemula 2024, Catat Baik-baik Ya!

Sebarkan artikel ini
Tips Cara Main Roblox Bagi Pemula 2024

Isekainews.id – Tips cara main Roblox bagi pemula merupakan hal penting yang wajib diketahui. Hal ini dilakukan agar para pemula bisa mencoba berbagai permainan kreatif dan bahkan bisa membuat game sendiri.

Platform kreatif ini diketahui cukup memusingkan bagi pemula. Terutama saat tujuan Anda adalah membuat permainan untuk pertama kali. Namun, Anda bisa secara perlahan menyesuaikan diri sambil mengikuti tutorial untuk pemula.

Cara Daftar Akun Roblox

Setelah Anda mengunduh aplikasi Roblox dengan gratis dari Play Store, Anda harus mendaftar (sign up) agar bisa menjadi pemain. Pendaftaran Roblox nantinya akan menerima berbagai rentang usia. Hal ini karena Roblox adalah platform kreatif bagi pemula dan anak-anak. Akan tetapi, para pendaftar yang berusia di bawah 13 tahun tidak dapat mendaftar sendiri. Dan pastinya memerlukan bantuan orang tua atau wali. Berikut ini adalah langkah pendaftaran sebelum mengetahui tips cara main Roblox bagi pemula.

1. Silahkan Tanggal Lahir

Meskipun Roblox tidak membatasi usia, mencantumkan tanggal lahir secara lengkap. Hal ini tetap dibutuhkan untuk menyesuaikan langkah keamanan dengan usia pengguna. Roblox diketahui menerapkan berbagai pembatasan untuk pemain di bawah 13 tahun.

2. Isi Data Diri dan Password

Silahkan Anda isi nama pengguna (username) dan kata kunci. Anda bisa pastikan nama pengguna tidak sama dengan nama asli demi keamanan. Filter Roblox otomatis akan mengeblok kata kasar maupun kata-kata umum yang hanya terdiri dari satu kata saja. Jadi perlu dipastikan nama yang Anda pilih sudah direncanakan dengan baik. Isilah kata kunci sebanyak dua kali yakni sebagai sarana konfirmasi.

3. Verifikasi Akun

Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran, maka Anda akan diarahkan ke dalam halaman depan. Pilih Setting untuk bisa mendapatkan instruksi verifikasi email.

Cara bermain Roblox setelah mendaftar yakni dengan mengunduh Roblox Studio. Perangkat gratis ini akan memungkinkan Anda menciptakan permainan untuk PC dan Mac.

Tips Cara Main Roblox bagi Pemula

Apa Anda sudah tahu bagaimana tips cara main Roblox bagi pemula yakni dengan menggunakan tipe game termudah di menu. Tetapi, ada tips yang bisa Anda terapkan untuk menikmati setiap fitur Roblox. Yakni dengan lebih baik sekaligus untuk mengembangkan kemampuan koding Anda sendiri.

Salah satu saran populer untuk pengembang pemula yakni denggan memberi kesempatan pemain lain untuk bisa melakukan playtesting. Selama proses pembuatan, maka Anda bisa meminta beberapa teman tepercaya untuk memainkan game yang sedang Anda kerjakan. Buat daftar yang berisikan tentang beberapa poin berikut:

  • Nama pengguna di dalam Roblox dan usia mereka
  • Hal yang mereka sukai dari permainan Anda dan alasannya
  • Hal yang tidak mereka sukai dari permainan Anda dan alasannya
  • Bagian yang mampu membuat permainan jadi terlalu gampang atau sulit
  • Bagian yang tidak terduga ataupun berbeda dari permainan Anda, terutama jika dibandingkan dengan permainan serupa
  • Saran secara umum agar permainan Anda lebih menyenangkan untuk dimainkan

Cara Membuat Game Baru

Tips Cara Main Roblox Bagi Pemula 2024

PC adalah sebuah perangkat ideal untuk bermain Roblox. Hal ini karena Anda bisa menggunakan program pembuatan game. Pertanyaannya, gimana cara bermain Roblox di PC jika Anda masih pemula?

Anda bisa memulai dengan mudah asalkan Anda sudah punya Roblox Studio. Begitu Anda membukanya, maka Anda akan melihat halaman antarmuka. Yang mana terdiri dari ikon dengan berbagai macam pilihan tipe permainan. Misalnya saja Castle, Line Runner, Suburban, Pirate Island, Combat, dan lain sebagainya. Pemula dapat mencoba pilihan mudah yakni seperti Obby, permainan melewati rintangan pada arena 3D.

Apa Anda sudah memilih Obby? Berikut ini adalah cara bermain Roblox sebagai pembuat game:

1. Rubah Waktu Siang dan Malam

Silahkan Anda buat game dengan lebih mirip dari dunia nyata dengan memasang waktu siang dan malam. Hal ini nantinya akan mengubah tampilan langit. Anda bisa memilih Properties di bagian menu sebelah kanan, dan pilih Lighting. Pasang waktu siang dan malam sesuai daftar angka jam yang tersedia.

2. Rubah Warna Kotak Anak Tangga

Dalam Obby, Anda harus melewati rintangan dalam jalur yang mirip dengan deretan anak tangga. Anda bisa mengubah warna anak-anak tangga dengan cara memilih salah satu, kemudian menggunakan fungsi Color di bagian menu Edit. Anda juga bisa mengubah anak tangga menjadi balok merah yang mana menandakan rintangan.

3. Tambah Rintangan

Di dalam menu Obby, Anda akan menemukan berbagai macam rintangan. Yakni seperti pohon, prajurit, robot, dan lain sebagainya. Karena telah tersedia, maka Anda tinggal menambahkan rintangan tersebut di bagian titik-titik yang Anda inginkan.

Setelah Anda menyelesaikan permainan, pergilah ke bagian File dan pilih Publish to Roblox. Pergi ke Basic Settings dan silahkan Anda isi bagian judul dan deskripsi permainan. Buat dengan semenarik dan sejelas mungkin agar pemain yang lainnya tertarik mencobanya. Jangan lupa untuk memilih tipe permainan dan menambahkan ikon (Thumbnail). Setelah yakin, maka Anda bisa tekan tombol Create Place, dan permainan akan terbit di Roblox.

Kesimpulan

Apa Anda memerlukan mata uang Robux untuk membeli beragam item penting? Maka Anda bisa membelinya lewat UniPin. Pilihlah antara paket seperti misalnya Roblox 10 Dolar dan 25 Dolar sesuai dengan anggaran Anda. Kemudian, gunakan untuk membuat permainan Anda makin menarik.

Jika Anda masih baru mengenai tips cara main Roblox bagi pemula, jangan terburu-buru ingin membuat game. Pastikan Anda mencoba beragam permainan. Tandai permainan favorit Anda dan catat hal-hal yang menurut Anda menarik, menantang, dan membuat frustrasi. Cara ini mampu membantu  “modal” pengetahuan untuk membuat permainan sendiri.