Anime

10 Genre Anime yang Wajib Kamu Tahu!

×

10 Genre Anime yang Wajib Kamu Tahu!

Sebarkan artikel ini
genre anime

Film anime pada dasarnya juga akan sama saja dengan berbagai film yang lainnya. Bahkan mulai dari penyuka, penonton dan penikmat film ini juga dari berbagai usia. Seperti halnya dengan film yang lain pada umumnya, anime juga mempunyai beberapa genre atau kategori. Dan kali ini kita akan bahas mengenai genre anime yang wajib kamu tahu.

Genre anime pada pengalaman dari berbagai anime yang ada, juga ada banyak. Mulai dari aksi, petualangan, komedi, romantis, sejarah dan masih banyak juga yang lain. Yang dari setiap genre ini juga akan mempunyai penikmat dan penontonnya masing-masing.

10 Genre Anime yang Wajib Kamu Tahu!

Berikut ini ada beberapa genre anime yang perlu kamu ketahui, agar kamu juga lebih mudah dalam mencari genre anime kesukaanmu saat ini.

1. Aksi

genre anime

Salah satu genre anime yang juga mempunyai banyak penikmatnya. Bahkan dari awal kemunculan berbagai film anime dengan genre ini, seperti halnya pada beberapa film anime Naruto, Bleach, dan Rurounin Kenshin. Beberapa film ini akan menampilkan adegan alur yang didalamnya akan penuh dengan karakter dan tema petualangan.

Aksi yang akan dihadirkan meliputi sebuah pengungkapan misteri, pertarungan, perhimpunan kekuatan atau pemecahan berbagai magis dan berbagai hal yang memang tidak ada di dunia nyata. Ada juga beberapa film yang memang juga menarik, misalnya saja mengenai anime Akame Ga Kill, Fullmetal Alchemist, dan Darker than Black. Namun jika kamu ingin menonton film dengan anime genre ini, sebaiknya kalau bersama anak-anak periksa saja dulu bagian usia dan batasan usia, agar bisa memperoleh bimbingan orang tua yang baik.

Karena memang di dalamnya akan ada adegan yang setidaknya juga tidak boleh dilihat dan di tonton oleh anak-anak.

2. Komedi

genre anime

Salah satu genre anime yang juga mempunyai banyak penonton, bahkan sampai sekarang ini juga mempunyai tema yang unik. Dari awal munculnya film anime, genre anime yang satu ini juga langsung trend. Ada banyak contoh film anime untuk genre komedi. Misalnya saja film anime tentang Gintama, Asobi Asobase, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, The Devil Is A Part Timer, Daily lives of High School Boys, dan Nichijou.

Kamu tentunya akan banyak tertawa dengan berbagai kelucuan yang ada dalam genre anime lucu. Apalagi dengan tingkah berbagai karakter yang ada. Tidak ada batasan usia menurut kami kalau pada anime model genre komedi ini. Namun sebaiknya tetap awasi juga anak-anak kamu saat menonton jenis-jenis anime yang mereka sukai. Misalnya saja kami juga akan merekomendasikan anime terlucu dari kami untuk kamu tonton di rekomendasi anime komedi terbaik.

3. Romantis

genre anime

Ada banyak kisah percintaan yang akan menjadi unsur utama dalam genre anime yang satu ini. Apalagi kisah antara dua remaja yang terlibat cinta segi tiga, cinta dengan orang yang lebih tua, dan berbagai ikatan percintaan yang tidak masuk akal yang lainnya. Atau bahkan diadopsi dengan kisah nyata dan di alami oleh sejarah beberapa orang di sebuah daerah. Biasanya memang akan demikian. Terlebih lagi selain kisah dramatis yang ada, kisah romantis menjadi lajur utama dalam film genre anime romantis. Kadang berlatar jaman dulu, berlatar jaman sekarang dan di sekolahan menengah maupun atas, atau di adopsi dengan lingkungan modern teknologi masa kini.

4. Drama

genre anime

Ini mirip dengan komedi, dan di dalamnya akan ada banyak skandal yang sangat kompleks juga. Mulai dari lucu, horor, misteri dan berbagai hal lainnya. Dan kamu bisa menonton film anime genre ini di Nana, Chuunibyou demo Koi ga Shitai!, Kanon, Air, dan Clannad.

5. Horor

genre anime

Jika kamu penakut jangan sesekali menonton genre anime yang horor. Akan bercerita mengenai hantu dan setan, atau bahkan psikopat yang brutal. Bahkan ada jeritan, tangisan, malam, gelap, kekuatan, sihir, dan tragis. Istilah ini akan menjadi satu sebagai gambaran dari genre anime jenis ini. Dan contohnya ada pada anime  Junji Ito Collection, Parasyte -the maxim, Another, School-Live!, atau Hell Girl.

6. Kehidupan

genre anime

Salah satu serial yang masuk ke dalam film genre anime yang satu ini adalah tentang film anime Barakamon, Non Non Biyori, Koufuku Graffiti, Lucky Star, dan Wagnaria!! . Beberapa film ini memang akan mencerminkan hal demikian. Di dalamnya akan ada banyak kehidupan nyata dan cerita mengenai kehidupan di keseharian, tanpa adanya berbagai hal yang mustahil dan penuh fantasi.

Sehingga cerita yang dihasilkan akan lebih nyata dan indah. Sesuai dengan kehidupan manusia dalam kesehariannya.

7. Fantasi

genre anime

Dunia yang penuh dengan khayalan bisa kamu dapatkan dalam genre anime yang satu ini. Bahkan dengan anime fantasi, kamu bisa lebih berkhayal untuk masuk dalam dunia sihir, dunia aneh, luar angkasa dan masih banyak lagi yang lain.

Biasanya dalam genre anime yang satu ini memang akan penuh dengan cerita dan alur yang kurang ada di dunia nyata dan bahkan tidak akan ada di dunia nyata. Seperti dimensi ruang dan waktu, penuh khayalan dan memang ini sangat disukai oleh anak-anak. Dan untuk genre anime yang sangat terkenal ini kamu bisa menonton contoh film animenya pada serial No Game no Life, Nanatsu no taizai, inuyasha, Escaflowne, dan Slayer..

8. Magic

genre anime

Dunia yang penuh dengan sihir, dan di dalamnya akan ada banyak hal yang berhubungan dengan dunia fantasi dan dunia yang tidak akan pernah kamu temui sebelumnya. Bahkan akan ada banyak mantra dan kemudian bisa menjadi sebuah kekuatan masa lampau. Biasanya latar cerita bisa terjadi di masa lampau. Dan untuk contohnya bisa kamu tonton di  Isekai wa Smartphone Tomo Ni atau Death March Kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku.

Atau bisa juga kamu tonton mengenai beberapa anime Puella Magi Madoka Magica, Magical Doremi, Magi: Labyrinth of Magic, little Witch Academia, atau Maria the Virgin Witch. Di dalamnya juga ada berbagai bumbu romantis dan bumbu lucunya.

9. Sci-fi

genre anime

Ini merupakan dunia yang penuh dengan masa depan dan masa yang akan datang. Biasanya akan menceritakan banyak robot masa depan dan akan ada banyak serial maupun mesin waktu. Alur dari cerita ini bisa berputar. Misalnya dari masa depan ke masa lampau, masa lampau ke masa depan. Dan akan ada perbedaan alur dalam cerita yang sangat signifikan dan tidak akan mungkin terjadi.

Untuk contoh filmnya kamu bisa tonton Evangelion, Space Dandy, Cowboy Bebop, Knight of Sidonia, dan Outlaw Star.

10. Supranatural

Supernatural

Dalam hal supranatural dan kekuatan yang penuh dengan magis, kamu bisa menggunakan beberapa film yang ada berikut ini Mushishi, Blue Exorcist, Durarara!!, Bakemonogatari, dan Noragami. Tentu akan lebih mudah menggunakan beberapa hal yang penuh dengan ketidakmungkinan dari masing-masing cerita dengan hal yang ada di dunia nyata.