Anime

5 Rekomendasi Anime Isekai tentang Sihir Paling Unik!

×

5 Rekomendasi Anime Isekai tentang Sihir Paling Unik!

Sebarkan artikel ini
5 Rekomendasi Anime Isekai tentang Sihir Paling Unik!

Isekainews.id – Anime isekai yang tanpa ada unsur sihir bisa dikatakan langka. Inti dari isekai yaitu membawa protagonis keluar dari dunia biasa untuk dapat menuju dunia fantasi, memperkenalkan mereka ke dalam petualangan, kekuatan, dan yang terpenting, kehidupan yang dipenuhi dengan sihir. Tidak heran genre ini berhasil memikat hati banyak penggemar anime, yang kebanyakan terpesona oleh kisah petualangan para protagonisnya.

Setiap dunia anime isekai mempunyai sistem yang mengatur penggunaan sihir di dalamnya, dan sistem ini diketahui menjadi elemen krusial dalam perjalanan protagonis dan plot anime secara keseluruhan. Berikut ini merupakan rekomendasi anime isekai dengan sistem sihir paling unik yang wajib Anda tonton, ada apa saja ya? Yuk, langsung simak daftarnya!

1. KonoSuba: God’s Blessings On This Wonderful World! (2016)

Saat diberikan peluang untuk bereinkarnasi di dalam dunia paralel, Kazuma, merupakan seorang gamer yang sangat antusias, langsung menerimanya. Ia ingin merasakan langsung berbagai macam elemen menarik yang biasa ditemukan dalam video game, seperti diantaranya naik level, menggunakan sihir, mengumpulkan senjata keren, dan masih banyak lagi. Di dalam dunia paralel KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World!, sistem sihir mengikuti mekanisme permainan peran (RPG).

Karakter wajib memilih peran diantaranya seperti petualang, penyihir agung, crusader, iblis merah, atau lich untuk dapat melawan monster dan menyelesaikan misi. Setiap misi yang berhasil diselesaikan nantinya akan memberikan poin, jumlahnya bergantung dengan tingkat kesulitan. Poin-poin ini digunakan untuk mendapatkan berbagai macam keterampilan dan kemampuan. Misalnya, Kazuma yang pada awalnya tidak mempunyai kemampuan sihir saat tiba di dunia ini. Namun, setelah mengumpulkan poin, ia kini mempunyai berbagai macam keterampilan seperti mencuri, mendeteksi musuh, menciptakan air, menyerap energi, dan masih banyak yang lainnya lagi.

2. Anime Isekai No Game, No Life (2014)

Anime isekai No Game, No Life berkisah tentang dua kakak beradik NEET yang sangat suka dengan video game. Sora dan Shiro, kedua saudara ini, adalah perwujudan dari kerja sama tim yang cukup sempurna. Kesuksesan mereka sebagai eorang gamers online adalah hasil dari kolaborasi yang solid, di mana mereka berusaha untuk saling melengkapi dan meminimalisir kelemahan masing-masing. Merasa bosan dengan dunia nyata, mereka kemudian mendapatkan undangan untuk bermain catur, yang kemudian membawa mereka ke dalam dunia Disboard.

Disboard merupakan sebuah dunia yang menyerupai dunia game yang selama ini mereka mainkan, hal ini membuat mereka sangat antusias. Setibanya di dunia ini, mereka kemudian mempelajari aturan-aturan yang berlaku dari Tet, sang dewa. Di Disboard, sihir benar-benar ada, dan segala aktivitas di dalam dunia ini diatur oleh Sepuluh Perjanjian. Konflik diselesaikan dengan melalui permainan, dan permainan-permainan tersebut tunduk pada Sepuluh Perjanjian Disboard.

3. Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation (2021)

Kisah anime isekai ini berawal dari seorang NEET di Jepang yang tidak disebutkan namanya. Setelah diusir dari kamarnya, ia dengan heroik mengorbankan diri dengan melompat ke depan truk demi untuk menyelamatkan beberapa siswa SMA. Namun nahas, nyawanya tidak tertolong. Ajaibnya, ia terlahir kembali sebagai Rudeus Greyrat di dalam sebuah dunia yang kental dengan sihir. Dengan berbekal ingatan dari kehidupan sebelumnya, Rudeus memiliki tekad yang kuat untuk hidup lebih berarti dan tidak mengulangi kesalahan masa lalunya.

Di dalam dunia baru ini, sihir berputar di sekitar empat elemen dasar diantaranya ada air, udara, api, dan tanah. Kebanyakan mantra mewajibkan penggunanya untuk mengucapkan mantra-mantra tertentu. Namun, Rudeus dengan tidak sengaja melanggar aturan ini dan mampu mengeluarkan sihir tanpa menggunakan mantra. Dalam dunia ini, ada tingkatan penguasaan sihir, dan setiap peningkatan level menunjukkan perkembangan kemampuan Rudeus yang cukup pesat.

4. Re:ZERO -Starting Life in Another World- (2016)

Secara tiba-tiba terdampar di dunia fantasi, Subaru Natsuki tak mengira akan terjebak dalam siklus kematian yang terus berulang. Tidak sama dengan protagonis anime isekai pada umumnya yang dianugerahi dengan kekuatan atau kemampuan khusus, Subaru hanya mempunyai kemampuan “Kembali dengan Kematian” yang mana memungkinkannya kembali ke titik waktu tertentu setiap kali ia meninggal, dengan ingatannya yang utuh.

Sistem sihir di dalam dunia ini berlandaskan elemen-elemen dasar: air, angin, api, tanah, dan bayangan. Para penyihir bisa memanipulasi elemen-elemen ini untuk berbagai macam tujuan, seperti penyembuhan, pertempuran, dan lainnya. Sihir ini ditenagai oleh mana, yang hampir sejenis energi magis yang menjadi sumber kekuatan untuk para penyihir.

5. Saga of Tanya the Evil (2017)

Setelah perjumpaan yang kurang menyenangkan dengan Tuhan, seorang pekerja kantoran di Jepang yang tidak disebutkan namanya terlahir kembali sebagai Tanya Degurechaff, seorang gadis dengan berusia sembilan tahun yang kemudian tumbuh menjadi tentara yang sangat kejam. Lahir di dunia yang menyerupai Kekaisaran Jerman di masa Perang Dunia I, Tanya bergabung bersama pasukan Kekaisaran. Namun, ada satu perbedaan besar: sihir menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia ini.

Di dalam dunia anime isekai tersebut, sihir dimanfaatkan untuk keperluan militer, seperti diantaranya terbang dengan kecepatan tinggi, meningkatkan kekuatan senjata, serta merapal mantra serangan atau pertahanan. Semua ini dimungkinkan dengan melalui perangkat magis seperti orb operasi Tipe-95 yang dipakai oleh Tanya.

Kesimpulan

Kelima anime isekai yang telah dibahas di atas menyajikan sistem sihir yang unik dan menarik, tidak sama dengan konsep sihir yang biasa di temui. Setiap anime menyajikan pendekatan yang berbeda dalam penggunaan sihir, mulai dari mantra tanpa ada ucapan, mekanisme RPG, sampai dengan sihir yang terikat pada senjata. Dengan variasi yang menarik, anime-anime tersebut berhasil menghadirkan berbagai pengalaman menonton yang segar dan tidak terlupakan bagi para penggemar isekai.