Game

Cara Main Game PS2 di Android Paling Mudah

×

Cara Main Game PS2 di Android Paling Mudah

Sebarkan artikel ini
GameSir G4 Pro Bluetooth Game Controller 2 4GHz Wireless Gamepad for Nintendo Switch Apple Arcade and MFi Game Xbox Cloud Gaming

PS2 menjadi salah consol yang bagus dan terkenal sejak lama. Sony selaku pembuat consol game yang satu ini juga mendulang banyak cuan dari perangkat miliknya. Apalagi dengan dukungan berbagai developer game yang tentunya merupakan developer game kelas dunia. Namun ada kalanya semua orang mempunyai taraf ekonomi yang berbeda dan belum bisa membeli perangkat dari PS2. Tapi sebenarnya ada cara main game PS2 di Android dengan menggunakan emulator yang akan kita bahas kali ini.

Dukungan untuk memainkan game PS2 di Android menggunakan aplikasi jenis emulator memang sangat efektif. Ini juga tak hanya berlaku untuk PS2 saja, namun juga untuk perangkat konsol yang masih saudara dari PS yaitu PSP. Menggunakan emulator, tentu akan menghemat biaya dan bisa memainkan game dengan hanya menggunakan ponsel saja. Tanpa kamu harus membeli perangkat terkait consol yang diperlukan.

Kelebihan Menggunakan Emulator PS2 di Android

IMG 20231123 WA0011 313x700 1

Ada beberapa kelebihan yang memang sebaiknya kamu tahu, ketika menggunakan emulator PS2 untuk Android. Tentu saja agar bisa melakukan cara main game PS2 di Android dengan mudah dan tanpa perlu biaya tambahan. Berikut kelebihannya.

1. Emulator Mudah Digunakan

Tinggal install saja aplikasi sudah bisa digunakan di Android. Sebenarnya bukan hanya untuk Android saja, namun ada juga yang untuk Windows dan Linux, maupun sistem operasi yang lainnya. Dan emulator ini akan ada pengaturan yang di mana untuk melakukan kontrol nantinya bisa kamu sesuaikan saja sesuai dengan kenyamanmu dalam memainkan game PS2 di Android.

Di bagian pengaturan, dan masuk ke dalam game, kontrol mempunyai pengaturan dalam hal tampilan. Ini juga bisa kamu sesuaikan dengan spesifikasi dari ponsel. Baik untuk kemampuan grafik, kontrol, maupun dari segi hemat daya baterai dan memori RAM yang akan digunakan.

2. Ada Dukungan Banyak Game PS2

Dengan menggunakan Emulator ini, jelas kamu bisa memainkan sebagian besar dari game PS2 dan bisa kamu mainkan di ponsel mu. Sampai saat ini, format game PS2 yang ISO juga memang bisa kamu mainkan di emulator ini. Bisa kamu donwload di berbagai website resmi penyedia game PS2 atau beberapa grup dan komunitas yang menyediakan game ini.

3. Aplikasi Ringan dan Tidak Besar

Aplikasi dari emulator PS2 ini memang sangat ringan dan mudah digunakan. Bahkan bisa kamu mainkan juga di ponsel dengan spesifikasi menengah sekalipun. Jadi jangan khawatir dengan RAM, asalkan menyesuaikan juga untuk game yang akan kamu mainkan. Namun usahakan minimal dari RAM ponsel yang akan digunakan untuk memainkan game PS2 ini menggunakan RAM minimal 4 GB. Untuk yang lebih besar juga akan lebih bagus lagi.

Cara Main Game PS2 di Android Paling Mudah

cara main game ps2 di Android

Untuk cara main game PS2 di Android kali ini, kamu bisa ikuti beberapa langkah tutorial di bawah ini.

  1. Download lebih dulu aplikasi emulator PS2 di Play Store. Di Play Store memang ada banyak mengenai emulator PS2. Namun yang paling bagus dan kami sarankan dan sudah terbukti work di semua ponsel adalah AetherSX2. Dan ini bisa kamu unduh secara gratis.
  2. Kemudian download juga BIOS 2 agar AetherSX2 ini bisa jalan di Android kamu. Untuk download BIOS 2 agar cocok dengan AetherSX2 kamu bisa unduh saja di sini. Bios ini memang sudah cocok dengan emulator PS2. Karena memang BIOS ini resmi dari PS2  milik Sony.
  3. Kemudian download juga game PS2 di beberapa platform yang menyediakan game ini. Kemudian ekstrak agar lebih mudah terbaca. Dan jangan lupa satukan di folder tersendiri, agar mudah kamu mencari game ini ketika masuk ke dalam emulator.
  4. Buka emulator yang sudah kamu pasang, kemudian kamu cari game yang akan kamu mainkan di dalam folder yang sudah kamu sesuaikan.
  5. Sampai di sini kamu sudah bisa memainkan game PS2 di Android.

Agar cara main game PS2 di Android ini bisa lancar dan mudah di mainkan di Android, kamu bisa mengikuti beberapa ketentuan berikut ini.

  1. Untuk RAM ponsel sebaiknya minimal 4 GB. Ini memang kami rekomendasikan dan sudah terbukti lancar di beberapa ponsel era menengah sekarang ini. Namun kalau untuk RAM yang lebih tinggi, ini akan sangat bagus dan bisa menggunakan grafik yang maksimal.
  2. Setelan grafik sebaiknya juga kamu sesuaikan, agar tidak lag dan force close saat memainkan game PS2 di Android. Ada banyak kendala force close karena ada rendering grafik yang tidak kuat, dan akhirnya aplikasi keluar sendiri. Kadang juga karena file dari game yang tidak di download secara sempurna. Sebaiknya kamu teliti mengenai hal ini.
  3. Mengenai hal lain dalam kemampuan ponsel, sediakan juga mengenai game booster. Dan game booster memang sudah ada di sebagian besar Android. Namun ada banyak juga yang belum menggunakan aplikasi ini. Jadi lebih baik kamu unduh juga di toko aplikasi. Pilih yang sesuai dengan spesifikasi ponsel. Dengan menggunakan game booster, sebuah aplikasi akan di maksimalkan. Di setiap ponsel akan ada aplikasi dan proses yang akan berjalan di latar belakang. Dan ini bisa kamu minimalisir menggunakan game booster.
  4. Untuk mengunduh game PS2 di Android, sebaiknya kamu menggunakan unduhan browser atau alat bantu lain. Agar proses bisa lebih lancar dan lebih akurat. Mengingat ukuran dari game ini juga cukup besar dan lebih besar dari game Android. Sehingga juga akan memakan banyak resource penyimpanan. Jangan lupa sediakan ruang penyimpanan yang cukup agar bisa memuat semua game yang akan kamu mainkan.

Demikian langkah dan cara main game PS2 di Android, perhatikan mengenai spesifikasi ponsel, karena kalau tidak sesuai dengan pengaturan dan penyesuaian game yang akan kamu mainkan, bisa jadi akan force close. Kemudian pada saat memainkan game ini juga akan memakan daya baterai yang cukup lumayan. Ini adalah konsekuensi menggunakan emulator dan menjalankan game PS2 di Android.

Emulator ini juga mendukung stick yang bisa kamu sambungkan menggunakan wireless atau bisa juga menggunakan bluetooth. Dan banyak juga aksesoris game Android yang di jual di toko online. Jadi main game akan lebih asyik serasa memainkan PS2 secara sungguhan tanpa perlu membeli perangkat PS2 yang tentunya akan menguras kantong kamu.