Game

Cara Rekam Layar Ponsel dan Suara Sistem untuk Para Gamers

×

Cara Rekam Layar Ponsel dan Suara Sistem untuk Para Gamers

Sebarkan artikel ini
Untitled design 1

Buat Anda yang masih pemula dan akan menjadi konten kreator gamers, Anda bisa menggunakan satu ponsel saja untuk melakukan update konten. Baik dalam perekaman, kemudian dalam hal editing, namun sebaiknya gunakan juga ponsel yang sudah mumpuni untuk menggunakan penggabungan beberapa aplikasi ketika menjadi sebuah konten kreator. Apalagi konten kreator game, tentunya Anda akan memerlukan suara sistem untuk memperlihatkan konten yang lebih menarik dan dengan suara yang jernih. Anda bisa menggunakan rekomendasi cara rekam layar ponsel sambil merekam suara sistem yang akan kami berikan  kali ini.

Mengingat tidak semua jenis ponsel untuk beberapa tahun sekarang ini tidak semuanya bisa digunakan untuk merekam layar dengan suara sistemnya. Anda bisa mencobanya, namun pada beberapa jenis terbaru pada versi Android yang sudah di rilis, Google sudah membolehkan kembali syarat ini. Padahal dalam beberapa tahun terakhir, Google melarang untuk para pengembang dan developer ponsel yang menggunakan base Android Google untuk membuka salah satu fitur menarik ini. Berbeda pada rilis versi Android yang terbaru jelas malah salah satu menjadi fitur yang paling digadang-gadang oleh beberapa vendor ponsel Android.

Cara Rekam Layar Ponsel dan Suara Sistem untuk Para Gamers

Untitled design 1

Untuk bisa merekam layar dengan suara sistem ponsel, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Mulai dari menggunakan perekaman layar di mana ini adalah bawaan dari sistem Android, atau menggunakan sound card. Atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung untuk perekaman suara sistem. Namun tidak semua jenis Android mendukung untuk perekaman layar dengan suara sistem. Namun juga bisa diakali menggunakan beberapa langkah yang akan kami rekomendasikan.

1. Menggunakan Aplikasi Perekaman Layar Sistem atau Pihak Ketiga

Ada beberapa jenis aplikasi untuk perekaman layar ponsel. Mulai dari perekaman bawaan dan pihak ketiga. Dan tidak semua jenis aplikasi yang ada bisa merekam layar dengan suara sistemnya. Kalau yang bisa merekam dengan suara sistem dan ini masih bawaan ponsel hanya ada pada ponsel jenis Xiaomi saja. Semua jenis Xiaomi dengan MIUI nya bisa merekam layar dengan suara sistem dan ini bawaan dan disematkan oleh developer. Sebelum Google memperbolehkan langkah ini dan bahkan melarang pada jenis Android sebelum Android 10, Xiaomi sudah menyematkan fitur ini.

Jika memang belum ada fitur ini, Anda bisa menggunakan langkah aplikasi pihak ketiga. Ada banyak jenis aplikasi perekaman layar yang juga mendukung dengan suara sistemnya. Kemudian dari segi besarnya aplikasi, tentu saja tidak akan besar. Kadang juga ada beberapa fitur aplikasi tambahan di mana akan ada fitur editing agar tidak perlu menggunakan aplikasi serupa.

Jika Anda menggunakan ponsel selain Xiaomi, Anda bisa memperbaharui lebih dulu pada jenis Android yang digunakan. Ini terkait dengan OS. Google memang sudah melarang pada ponsel jenis OS sebelum Android 10. Namun sekarang ini berubah drastis setelah kemunculan Android 10 sampai 12, di mana fitur merekam layar dengan suara sistem sudah dibolehkan dan bahkan menjadi fitur utama. Baik menggunakan aplikasi tambahan maupun aplikasi bawaan perekaman layar ponsel.

2. Menggunakan Sound Card

cara rekam layar

Anda bisa juga merekam suara sistem ponsel menggunakan jenis sound card yang bagus. Namun ini perlu menggunakan dual ponsel, atau bahkan di hubungkan menggunakan laptop. Dengan langkah ini jelas Anda bisa memberikan kemudahan dalam merekam suara sistem, kamera dan bahkan layar Anda secara bersamaan seperti halnya dengan gamers sungguhan.

3. Rooting Android

Kalau Anda tidak ingin membeli HP terbaru, atau menggunakan sistem Android yang versi terbaru, Anda bisa menggunakan cara root ponsel sesuai dengan jenis ponsel yang Anda gunakan. Apalagi sekarang ini, ada banyak penyedia rom yang menggunakan sistem dengan perekaman layar menggunakan suara sistem pada fiturnya. Dan kebanyakan custom rom yang mempunyai fitur ini memang kebanyakan berasal dari Xiaomi.

Penyedia developer dan pembuat dari OS maupun vendor dari ponsel memang tidak mengizinkan untuk melakukan rooting pada ponsel Android. Namun jika tidak menggunakan langkah ini, jelas Anda tidak akan bisa menggunakan Android Anda. Apalagi pada segi versi sistem operasi yang sudah lama.

Dari beberapa segi langkah untuk merekam suara sistem ini memang ada kendala sebenarnya ketika dulu Google tidak mengizinkan akan hal ini. Apalagi rawan dengan copyright dan pembajakan konten atau pun pada karya yang sudah dipublikasikan. Namun jika Anda seorang Gamers, jelas membutuhkan langkah ini sebagai sarana untuk mendapatkan file suara konten yang menarik. Apalagi memang untuk jenis game akan lebih bagus lagi jika direkam dan dijadikan konten menggunakan suara yang memang berasal dari inputan game tersebut.

Cara Alternatif Rekam Suara Sistem dengan Layar

Sebenarnya juga ada cara rekam layar yang bisa dikatakan sangat solutif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan rekomendasi cara yang sudah kami berikan. Anda bisa merekam layar seperti biasa, namun Anda di sini harus menggunakan ear phone untuk mendapatkan suara sistemnya. Tekan dan tahan saja pada bagian tombol jawab dan mic pada ear phone, kemudian lakukan perekaman layar, biasanya akan langsung masuk sebagai suara sistem. Namun cara ini tidak work pada semua jenis ponsel, apalagi yang menggunakan jenis terbaru dari Vendornya. Cara ini sudah dilakukan banyak orang dan ada yang berhasil dan ada juga yang tidak bisa menggunakan langkah ini.