Game

Daftar Hero Mobile Legends yang Kena Nerf di Patch Terbaru 1.8.78

×

Daftar Hero Mobile Legends yang Kena Nerf di Patch Terbaru 1.8.78

Sebarkan artikel ini
Hero Mobile Legends yang Kena Nerf

Isekainews.id – Daftar hero Mobile Legends yang kena nerf pada Patch terbaru 1.8.78 akan dibahas dalam pembahasan dibawah ini. Mobile Legends: Bang Bang diketahui baru saja merilis patch terbaru untuk versi 1.8.78 pada tanggal 23 April 2024 lalu.

Ia membawa berbagai macam hal, seperti revamp hero Helcurt, event kolaborasi King of Fighters, dan ada juga penyesuaian beberapa hero. Untuk penyesuaian kali ini, Moonton diketahui mencoba lebih mengorientasikan hero sesuai role-nya. Selain dengan revamp skill, cara yang dilakukan yaitu dengan buff dan nerf.

Mendengar kata nerf, para pemain Mobile Legends pasti sudah waspada. Nerf merupakan upaya penurunan performa hero yang dirasa terlalu kuat, baik itu dari skill ataupun stat. Di patch terbaru ini, ada beberapa hero yang terkena nerf. Ada siapa saja? Yuk, simak penjelasannya bawah ini!

1. Cooldown Mathilda Diperpanjang dan Efek Shield Dikurangi

Hero Mobile Legends Mathilda dirasa masih kurang balance dalam patch yang lalu. Ia mempunyai skill kabur dan mengejar yang dapat diinisiasi dengan mudah. Kontrolnya juga sangat mudah. Oleh karena itu, pada patch 1.8.78 ini moonton memberikan nerf untuk mengurangi potensi ofensif dari Mathilda yang termasuk ke dalam hero support.

Hal ini dimulai dari pengurangan shield pada skill Guiding Wind dengan signifikan. Dari 500–1.000 menjadi 350–800. Sekarang, Mathilda tak akan sembarangan diving turet dan mengejar lawan tanpa perlu perhitungan matang. Untuk skill ultimate Circling Eagle, ada penambahan cooldown selama kurang lebih 15 detik. Untungnya, ada efek baru guna melakukan Circling Eagle yang mampu memberikan pengurangan cooldown dengan sebesar 40 persen jika ultimate Mathilda mengenai lawan.

2. Scaling Damage dan Mobilitas Karrie Dikurangi

Karrie merupakan salah satu marksman overpowered di dalam game Mobile Legends musim 32. Attack speed dan mobilitas merupakan kunci utama dari hero ini. Karrie dengan burst DPS-nya dapat melenyapkan tank dengan build komplet. Ia juga sangat lincah dan sangat susah untuk dikejar. Apalagi, skill Karrie mempunyai efek slow.

Untuk dapat mengatasi dominasi Karrie di dalam laning phase, ia mendapatkan penambahan cooldown dalam skill Phantom Step. Dari yang semula adalah 4,5–2,5 detik menjadi 4,5–3,5 detik. Hal ini akan mengurangimobilitas Karrie karena tidak akan bisa spam skill dash. Skill ultimate Speedy Lightwheel juga mendapatkan pengurangan peningkatan damage dari kisaran 50–70 persen menjadi 50–66 persen.

3. Bonus Attack Melissa yang Dieksploitasi Pada Akhirnya Direvisi

Buff  hero Mobile Legends Melissa di patch sebelumnya faktanya mampu membuatnya mudah untuk dieksploitasi. Ia mendapatkan bonus attack dari Muddles meskipun tidak mengenai target. Hal ini mampu membuat Melissa overpowered dalam fase late game.

Oleh karena itu, sekarang hanya ada basic attack yang mengenai target yang mendapatkan bonus dari Muddles. Hal ini memang harus dilakukan guna membuat hero gold lane tetap balance. Meskipun sekarang harus ditarget, Melissa tidak dikurangi dalam hal damage.

4. Hero Joy Tidak Lagi Kebal Terhadap CC

Sejak pada awal dirilis, Joy merupakan sebuah hero yang selalu masuk meta. Ia mengandalkan kelincahan untuk dapat menghindar dan menyerang para hero lini belakang. Skill ultimate Joy, Ha, Electrifying Beats!, mampu memberi kekebalan terhadap efek CC. Hal ini yang mampu membuat Joy tidak dapat dihentikan ketika berhasil mengeluarkan ultimate.

Untuk bisa mengatasi hal ini, Moonton kemudian memutuskan untuk menghilangkan efek kekebalan terhadap CC tersebut. Sebagai gantinya, damage ultimate Joy tak akan berkurang meskipun mengenai musuh berkali-kali. Akan tetapi, base damage tetap berkurang, ya! Dari semulanya 135–235+50 persen total magic power menjadi 120–200+40 persen total magic power.

5. Efek CC dan Skill Healing Minotaur Dikurangi

Sejak pada season 31, Hero Mobile Legends Minotaur menjadi salah satu tank meta. Ia selalu menjadi top pick dalam turnamen besar seperti MPL dan M World Championship. Durabilitas yang tinggi dan crowd control (CC) yang sadis merupakan kunci kenapa hero ini overpowered.

Untuk bisa mengatasi dominasi Minotaur, ia mendapatkan penyesuaian dalam beberapa skill. Skill Motivation Roar dengan dikurangi efek regenerasi HP-nya. Dari 260–360+100 persen total magic power berubah menjadi 220–320+60 persen total magic power. Sementara, pada mode enraged, pemulihannya HP pada hero ini dikurangi menjadi 200 persen basic attack lawan dipotong setengah. Nerf juga diketahui mengurangi efek slow ultimate Minoan Fury dari 70 persen menjadi 40 persen.

6. Efek Stun Hero Tigreal Dikurangi

Tigreal Mobile Legends merupakan top pick yang jarang lolos drafting pada patch sebelumnya. Skill ultimate Implosion telah terbukti sangat efektif dalam team fight. Akan tetapi, dengan kombinasi Battle Spell Flicker, ia sangat sulit untuk di-counter. Oleh karena itu, Tigreal memperoleh sedikit penyesuaian untuk membuatnya tidak menjadi langganan ban lagi.

Efek stun yang ada pada skill Implosion dikurangi durasinya yakni semula 2,5 detik menjadi 1,8 detik. Sebagai gantinya, Tigreal memperoleh buff pada perkembangan physical defense 5,3 menjadi 8,3 dan ada magic defense yang semulamua 2,5 menjadi 4. Berkat adanya buff tersebut, Tigreal masih masuk meta.

7. Efek lifesteal Hero Ruby Dikurangi

Di dalam game Mobile Legends pada musim 32 ini, Ruby menjadi salah satu EXP laner terbaik. Ia mempunyai sustainability yang tinggi. Bahkan, bisa bertahan untuk melawan ganking. Hal itu semua berkat adanya CC yang bagus dan efek Spell Vamp yang deras. Spell Vamp ataupun lifesteal merupakan efek yang dapat memulihkan HP dalam tiap serangan kepada minion atau lawan. Ruby memang dikenal mempunyai Spell Vamp terbaik.

Namun, karena dirasa masih terlalu kuat, Moonton kemudian memutuskan untuk mengurangi efek Spell Vamp Ruby. Dari yang awalnya 10 persen menjadi 5 persen. Hero Ruby memang susah untuk dibunuh karena selalu dapat meregenerasi HP. Selain pengurangan Spell Vamp, efek slow yang ada pada skill Ruby juga dikurangi durasinya selama 1 detik.

Kesimpulan

Patch 1.8.78 ini mengacu kepada hero tank dan marksman dalam Mobile Legends. Itulah di atas pembahasan lengkap terkait hero Mobile Legends yang kena nerf di patch terbaru 1.8.78. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi Anda.