Anime

Anime dengan Tema Kaiju Terbaik Sepanjang Masa, Ada 6 Diantaranya!

×

Anime dengan Tema Kaiju Terbaik Sepanjang Masa, Ada 6 Diantaranya!

Sebarkan artikel ini
Anime dengan Tema Kaiju

Isekainews.id – Deretan anime dengan tema Kaiju akan dibahas dalam pembahasan dibawah ini. Perlu diketahui, Kaiju merupakan sebuah istilah untuk menyebut monster raksasa. Ia menjadi salah satu genre dalam perfilman. Film kaiju sendiri dipopulerkan di Jepang  tepatnya pada zaman Showa (1926–1989) melalui waralaba Godzilla dan Gamera. Kepopuleran monster raksasa fiksi diketahui sangat mendunia sampai diadaptasi oleh Hollywood. Yakni sebagai semesta sinematik yang bertajuk MonsterVerse persembahan studio Legendary Pictures.

Tidak hanya film layar lebar, kaiju juga sangat cocok diangkat sebagai anime. Bahkan, anime dengan tema kaiju pada saat ini sedang populer dan terus bermunculan. Ada yang mengadaptasi waralaba kaiju ikonis serta ada juga yang membuat seri orisinal sendiri. Bagi Anda yang ingin menonton anime dengan tema kaiju, dibawah ini merupakan lima rekomendasi anime dengan tema kaiju terbaik yang dapat Anda simak.

1. Kaiju No. 8 (2024)

Kaiju No. 8 (2024) merupakan sebuah anime dengan tema kaiju baru yang sedang mencuri perhatian. Adaptasi manga karya dari Naoya Matsumoto ini sedang tayang dan terus-meneruk menarik fans baru. Anime Kaiju No. 8 ini berkisah tentang sepak terjang pasukan pembasmi kaiju, Anti-Kaiju Defense Force, yakni untuk melindungi Bumi dari para kaiju yang mulai mendominasi bumi. Penonton nantinya akan mengikuti cerita ini dari sudut pandang Kafka Hibino, seorang manusia yang bisa berubah menjadi kaiju setelah terjadinya sebuah insiden. Ia bergabung bersama dengan tim pemburu kaiju sebagai Kaiju No. 8.

Anime dari Production I.G ini menyajikan visual dan animasi yang berkualitas tinggi. Ceritanya juga sangat menegangkan dan dramatis. Baik itu secara visual ataupun cerita, Kaiju No. 8 ini memang layak menadi salah satu yang terbaik pada musim ini. Apakah Anda merasa tertarik untuk menonton ini? Anime Kaiju No. 8 ini tersedia di banyak streaming platform, seperti misalnya di Netflix dan Crunchyroll.

2. GAMERA -Rebirth- (2023)

Anime dengan Tema Kaiju

Faktanya bukan hanya waralaba Godzilla yang bisa di adaptasi menjadi anime. Waralaba kaiju Gamera, adalah kompetitor Godzilla, yang juga diadaptasi dalam format anime dengan melalui serial GAMERA -Rebirth- (2023). Serial animasi CGI ini berjumlah sekitar enam episode yang mana merupakan reboot dari waralaba Gamera.

Anime ini berlatar 1989, cerita berfokus pada pertempuran Gamera dengan melawan berbagai kaiju melalui sudut pandang dari empat anak-anak pemberani. Serial ini diketahui meneruskan kisah dari Gamera the Brave (2006). Anime dengan jumlah enam episode ini juga tersedia di platform Netflix jika Anda penasaran dan ingin menontonnya.

3. Pacific Rim: The Black (2021–2022)

Anime dengan tema kaiju ini merupakan adaptasi dari anime dan sekuel dari waralaba film Pacific Rim. Anime ini berkisah perjuangan kakak beradik, Taylor dan Hayley Travis, untuk dapat mencari kedua orangtua mereka yang menghilang tepatnya setelah pergi berperang sebagai pilot robot Jaeger. Taylor dan Hayler juga harus bisa bertahan hidup sebagai pilot Jaeger bernama Atlas Destroyer. Anime ini berlatar tepat pada bertahun-tahun setelah film Pacific Rim: Uprising (2018).

Visual dalam anime ini menggunakan teknologi CGI dan diproduksi dengan apik. Adegan pertarungan Jaeger saat melawan kaiju juga tidak kalah seru dari versi live action. Pacific Rim: The Black (2021–2022) ini mempunyai 2 musim dengan total 14 episode keseluruhan. Nantinya Anda bisa menyaksikan anime ini di platform Netflix.

4. Godzilla Singular Point (2021)

Anime dengan Tema Kaiju

Godzilla: Singular Point (2021) merupakan anime dengan tema kaiju paling populer. Tidak sama dengan adaptasi cerita Godzilla lain, anime ini mampu membuat cerita orisinal yang cukup berbeda. Ia berkisah tentang seorang insinyur, Yun Arikawa, dan seorang genius muda, Mei Kamino, untuk dapat memecahkan misteri nyanyian misterius yang mampu mendatangkan monster bernama Godzilla Ultima.

Anime dengan jumlah 13 episode ini menggambarkan Godzilla yang mana sebagai antagonis. Hal yang sama dilakukan pada film Shin Godzilla (2016) dan Godzilla: Minus One (2023). Anime ini telah berhasil memadukan animasi tradisional dengan CGI. Bagi Anda yang penasaran untuk menonton Godzilla: Singular Point, maka Anda bisa langsung tonton anime ini di Netflix, ya!

5. Trilogi film anime Godzilla (2017–2018)

Selain serial Godzilla: Singular Point (2021), waralaba kaiju andalan dari Toho tersebut juga pernah diadaptasi menjadi trilogi film. Adapun, trilogi film ini antara lain Godzilla: Planet of the Monsters (2017), Godzilla: City on the Edge of Battle (2018), dan ada aie Godzilla: The Planet Eater (2018). Kisahnya yang bercerita upaya umat manusia untuk merebut kembali Bumi yang telah dikuasai oleh kaiju.

6. Neon Genesis Evangelion (1997)

Anime dengan Tema Kaiju

Penggemar anime dengan tema kaiju pastinya sudah familiar dengan anime Neon Genesis Evangelion (1997). Ini merupakan sebuah anime kontroversial dari sutradara Hideaki Anno dan studio GAINAX. Neon Genesis Evangelion berkisah tentang perjuangan umat manusia yang harus melawan alien kaiju yang disebut sebagai Angel dengan menggunakan robot bernama Evangelion.

Bukankah terdengar seperti anime robot biasa, bukan? Lalu apa yang membuat kontroversial? Jadi, anime ini nyatanya berfokus pada horor psikologi dibandingkan dengan adegan kaiju melawan robot. Ia juga menyisipkan berbagai macam unsur sensitif, misalnya agama. Perlu dicatat, anime ini masih menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. Jika Anda masih kurang sreg dengan visual anime jadul, maka Anda bisa menyaksikan versi tetralogi film Rebuild of Evangelion (2007–2021) yang mana merupakan remake dari versi serialnya.

Kesimpulan

Film dengan visual CGI yang memukau ini akan membuat Anda menjadi terkesima dengan tema futuristiknya. Dalam film ini, Godzilla digambarkan sebagai antagonis yang menguasai Bumi sebagai predator alfa. Trilogi keren ini dapat Anda saksikan di platform Netflix.

Deretan anime dengan tema kaiju di atas mempunyai kualitas yang tidak kalah apik dengan versi live action, loh! Bahkan, karena berupa animasi, mereka mampu menghadirkan adegan pertarungan yang lebih seru. Ada berbagai macam adegan yang sulit untuk ditampilkan dalam live action, tapi Anda bisa saksikan dalam versi animasi. Jadi, dari deretan enam anime dengan tema kaiju yang sudah disebutkan di atas, mana, nih, yang membuat Anda tertarik?