Anime

Banjir Air Mata! Berikut Ini 5 Film Anime dengan Ending Paling Sedih

×

Banjir Air Mata! Berikut Ini 5 Film Anime dengan Ending Paling Sedih

Sebarkan artikel ini
5 Film Anime dengan Ending Paling Sedih

Isekainews.id – Bagi Anda para pencinta film anime yang sedang mendambakan pengalaman menonton yang penuh dengan emosi dan siap untuk menangis. Daftar film anime dibawah ini wajib masuk ke dalam daftar tontonan Anda. Adapun, film-film dibawah ini bukan hanya menyajikan cerita yang menyentuh hati. Melainkan juga mampu mendorong refleksi diri dan memberikan perspektif baru terkait kehidupan.

Anda bisa bersiap untuk merasakan berbagai macam emosi, mulai dari kesedihan mendalam sampai dengan kekecewaan yang mendalam, saat Anda menyelami dunia anime yang penuh dengan tragedi beserta rasa kehilangan ini. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja simak dibawah ini 5 film anime dengan ending paling sedih.

1. Neon Genesis Evangelion: The End of Evangelion (1997)

Dirilis sekitar pada tahun 1997, The End of Evangelion adalah akhir cerita alternatif untuk serial mecha legendaris Neon Genesis Evangelion produksi Hideaki Anno. Film ini menyuguhkan tafsiran baru atas beberapa episode terakhir. Dalam episode akhir serial ini dipenuhi balutan suasana yang lebih kelam. Seiring semakin dekatnya peristiwa apokaliptik yang dikenal dengan Third Impact, Shinji Ikari, merupakan protagonis yang dibebani tanggung jawab berat. Malah justru semakin terpuruk di dalam labirin kegelisahan batinnya dengan melalui Instrumentality. Keadaan ini kemudian memicu peristiwa mengerikan yang berujung kehancuran dunia.

2. Colorful: The Motion Picture (2010)

Film Anime dengan Ending Paling Sedih (1)

Film anime Colorful menyajikan sebuah drama eksistensial yang mendalam terkait makna kehidupan dan kematian. Film ini mengikuti perjalanan arwah yakni bernama Kobayashi yang, setelah menemukan dirinya berada di alam baka. Dan mendapatkan kesempatan untuk kembali ke dalam dunia orang hidup selama dua minggu di dalam tubuh Makoto Kobayashi, yang merupakan remaja SMA yang bunuh diri.

Dengan melalui perspektif Makoto, Kobayashi dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan tentang kehidupan, kematian, serta makna keberadaan. Ia diketahui bertemu dengan orang-orang yang ditinggalkan oleh Makoto. Ia juga berusaha memahami alasan di balik bunuh diri Makoto, kemudian ia menemukan makna dalam hidupnya sendiri. Colorful adalah sebuah film yang penuh dengan emosi dan refleksi diri. Film ini akan mengajak penonton untuk dapat merenungkan tentang nilai kehidupan, betapa pentingnya koneksi antar manusia, dan kekuatan cinta serta persahabatan dalam menghadapi rasa sakit dan kehilangan.

3. Hal (2014)

Film Hal produksi dari Studio Deen menyajikan drama romansa yang intens dan jujur, berkisah tentang hubungan kontroversial antara manusia dan robot. Film ini dapat mengejutkan penonton dengan alur cerita berliku-liku, dan saatbersamaan, membuat mereka tersentuh dengan kisah yang emosional dan tulus. Tokoh utama dalam film, Kurumi, harus menghadapi duka yang mendalam akibat kehilangan kekasihnya dalam kecelakaan pesawat terbang.

Sang kakek, yang tidak tega melihat cucunya berlarut dalam kesedihan, mengambil keputusan tidak terduga. Ia menciptakan android, robot yang dibuat semirip mungkin dengan mendiang kekasih yaitu Kurumi, Hal. Pada awalnya ragu-ragu, Kurumi perlahan membangun hubungan yang membahagiakan dengan versi baru pada Hal ini.

4. Your Name (2016)

Film Anime dengan Ending Paling Sedih

Anime Your Name yang tayang pada tahun 2016 ini disutradarai oleh Makoto Shinkai. Adapun, Makoto Shinkai ini merupakan sineas yang terkenal dengan pendekatan emosionalnya dalam kisah cinta. Film Your Name merupakan sebuah tragedi yang dikemas dalam kisah cinta fiksi ilmiah yang sangat unik. Mitsuha, merupakan seorang gadis remaja desa yang sedang frustrasi. Dan ada Taki, seorang pemuda pekerja keras dari Tokyo, tiba-tiba terjebak di dalam situasi rumit. Tepatnya saat mereka terbangun di dalam tubuh masing-masing. Sebagian besar film ini menyajikan kisah cinta bernuansa ringan yang berkembang secara perlahan.

Pertukaran tubuh yang dialami oleh Taki dan Mitsuha dikisahkan dengan sentuhan komedi dan kasih sayang. Akan tetapi, pada paruh kedua, film ini menyajikan ketegangan yang tak terduga terkait dengan situasi keduanya. Yakni tepatnya dalam terungkapnya kebenaran mengejutkan di balik pengalaman supranatural mereka. Sama seperti kebanyakan film garapan dari Shinkai, Your Name tidak mempunyai akhir yang bahagia. Meski tidak sepenuhnya memilukan, akhir cerita yang bittersweet (campuran manis dan pahit) mampu membuat banyak penggemar menitikkan air mata.

5. Ride Your Wave (2019)

Disutradarai oleh Masaaki Yuasa, film anime Ride Your Wave bercerita tentang Hinako Mukaimizu, yang merupakan seorang mahasiswa perempuan yang memulai kehidupan barunya di tepi laut. Takdir kemudian mempertemukannya dengan Minato Hinageshi, dimana ia merupakan seorang petugas pemadam kebakaran pemberani dan teguh pendirian. Minato dengan cepat menjadi cinta sejati dari Hinako. Namun, kebahagiaan mereka berdua malah pupus pada saat Minato tewas secara heroik ketika menyelamatkan seorang pemain jet ski.

Dihantam dengan kesedihan yang mendalam, Hinako kemudian memutuskan untuk meninggalkan kehidupan barunya di tepi pantai. Akan tetapi, di luar dugaan, ia menemukan cara untuk tetap terhubung dengan mendiang kekasihnya dengan melalui aliran air. Ride Your Wave adalah sebuah film drama romantis yang berkisah lembut dan tulus.

Film anime ini mengeksplorasi genre kesedihan dengan pendekatan realistis yang tidak terduga, walaupun dibumbui dengan sentuhan elemen supranatural. Hubungan antara Hinako dan Minato sejak awal ditakdirkan tidak bisa bertahan lama. Namun, film ini berhasil menyajikan penggambaran emosional dan menyentuh. Khususnya tentang proses Hinako dalam menerima dan memaknai kehilangan tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah di atas pembahasan lengkap terkait 5 film anime dengan ending paling sedih. Bagi para pecinta anime genre menyentuh hati, deretan anime di atas wajib masuk ke dalam daftar tontonan. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disajikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.